was successfully added to your cart.

Warna Cat Rumah dan Pengaruhnya Terhadap Mood

By June 16, 2017Dekorasi
warna cat rumah

Warna cat rumah dianggap dapat menunjukkan karakter dan kepribadian seseorang. Namun kita sendiri jarang memperhatikan tentang warna cat apa yang akan dipakai.

Di samping itu, warna bisa mempengaruhi suasana mood orang yang berada di dalam rumah dengan banyak cara, tergantung pada usia, jenis kelamin, latar belakang/etnis dan iklim.

Ada beberapa jenis warna yang memiliki kesamaan dari nuansa atau nada yang digunakan. Ini sebabnya mengapa begitu penting untuk memilih warna dalam dekorasi rumah.

Biasanya orang lebih memilih warna cat rumah yang mencerminkan preferensi dan kepribadian mereka. Dengan memadukan kombinasi warna yang sederhana menjadi warna yang kita suka.

Untuk itu mari cari tahu lebih banyak tentang warna dan bagaimana warna sampai bisa mempengaruhi suasana hati.

Warna Cat Rumah

Perlu untuk kamu tahu bahwa setiap warna memiliki nilai psikologisnya sendiri. Setiap warna bisa bermain dengan emosi kita, misalnya, membuat suasana hati jadi tenang dan nyaman. Untuk menciptakan kesan yang harmoni pada rumah, sebaiknya memilih warna dengan bijak.

Karena sebagian warna memiliki efek yang berbeda pada kamu dan orang lain. Pertanyaannya adalah, suasana seperti apa yang ingin kamu ciptakan?

Referensi dari majalah, buku dekorasi rumah, blog, dan website bisa memberikan ide untuk menentukan warna cat yang cocok untuk rumah kamu. Sebaiknya, batasi jumlah warna dalam ruangan tak lebih dari tiga atau empat. Terlalu banyak warna membuat ruangan terlihat ramai dan berantakan.

Warna Ruangan dan Efeknya

Warna bekerja dengan tiga cara dasar yaitu, aktif, pasif dan netral. Kamu bisa melakukan perpaduan warna pada setiap ruangan sesuai selera dan fungsi ruangan tersebut. Misal, warna cerah membuat ruangan terlihat lebih besar dan lebih terang.

Baca juga:  Ruang Kerja yang Tepat untuk Karyawan

Sedangkan warna gelap memberikan kesan hangat dan intim pada ruangan.

Mari kita lihat lebih dekat dan mempelajari apa yang bisa dilakukan warna pada sebuah ruangan:

Merah

warna cat rumah merahwarna cat rumah dengan dominan warna merah, via: digsigns.com

Ruangan dengan warna merah yang dominan dapat membangkitkan energi pada ruangan tersebut. Warna yang paling intens, memompa adrenalin. Pilihan warna yang tepat untuk membangkitkan gairah, terutama pada ruang tamu dan ruang makan.

Warna merah menciptakan kesan yang kuat dan juga terbukti meningkatkan tekanan darah dan kecepatan respirasi, serta detak jantung. Warna ini kurang cocok untuk kamar tidur sebenarnya.

Kuning

warna cat rumah kuningvia: home-designing.com

Menangkap dan mengkomunikasikan keceriaan. Warna yang baik untuk di dapur, ruang makan, dan kamar mandi. Kuning memberikan energi pada ruang-ruang kecil, membuatnya terlihat lebih luas dan terbuka.

Meskipun kuning adalah warna ceria, namun bukan pilihan yang baik untuk menjadi warna utama pada rumah. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang lebih cenderung kehilangan kesabaran mereka saat berada dalam ruangan berwarna kuning.

Sebab itulah kenapa bayi lebih sering menangis bila berada di ruangan berwarna kuning. Dalam skala besar, warna kuning cenderung menciptakan perasaan frustasi dan kemarahan. Dalam terapi warna, kuning diyakini bisa menstimulasi saraf tubuh.

Biru

warna cat rumah biruvia: e-partenaire.com

Dikatakan mampu menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Warna ini dikenal memiliki efek menenangkan dan membuat santai, sehingga direkomendasikan untuk kamar tidur dan kamar mandi.

Baca juga:  Tips Menciptakan Ruang dan Lingkungan Kerja yang Sehat

Untuk menciptakan suasana yang santai pada ruang keluarga, ruang tamu atau dapur, pertimbangkan untuk memilih biru hangat atau biru terang, seperti biru langit atau biru kehijauan. Biru gelap memiliki efek sebaliknya, bisa membangkitkan perasaan sedih. Sebaiknya batasi penggunaan biru gelap pada ruangan.

Hijau

warna cat rumah hijauvia: homedit.com

Hijau sebagai warna yang tenang untuk mata kita. Merupakan perpaduan kesegaran warna biru dan keceriaan warna kuning. Warna hijau cocok untuk hampir setiap ruangan di rumah. Di dapur, hijau memberikan efek yang sejuk, di ruang keluarga atau ruang tamu, warna hijau cukup hangat namun tetap memberikan kenyamanan dan kebersamaan.

Warna hijau juga memiliki efek menenangkan bila digunakan sebagai warna utama untuk dekorasi ruangan. Warna ini diyakini bisa menghilangkan stres dengan membantu orang lebih rileks sehingga cocok menjadi pilihan warna untuk kamar tidur.

Sekarang kamu sudah tahu kan soal pilihan warna cat tembok apa yang cocok untuk ruangan kamu? Sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pribadi, keluarga dan gaya hidup kamu. Jadi, pilihlah warna yang sesuai dengan kamu. Nah, kalau kamu punya tips lain untuk dibagi, silakan komentar di bawah ini ya.

Sumber:
Freshome: Room Color and How it Affects Your Mood

Share this

Leave a Reply

shares