was successfully added to your cart.

Pilihan Warna Cat Kantor

By February 14, 2017Uncategorized
warna cat kantor

Warna cat kantor yang didominasi dengan warna putih memang terasa menyegarkan dan berkesan bersih. Namun, sebaiknya hindari warna itu untuk dinding ruang kantor. Bukan hanya bisa mempengaruhi suasana hati, warna ini juga terkadang bisa menghambat efektivitas karyawan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan University of Texas, seorang peneliti bernama Nancy Kwallek menguji dampak warna pada produktivitas pekerja. Ia memberikan tugas untuk tiga kelompok yang ditempatkan masing-masing di ruangan yang berbeda, dan setiap ruangan dicat dengan warna merah, putih dan aqua (biru kehijauan).

Kemudian Kwallek menemukan adanya perbedaan, beberapa individu mampu “mengalahkan” pengaruh warna yang mengelilingi mereka. Namun sebagian individu lainnya tak mampu. Mereka yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik adalah mereka yang bekerja di ruangan berwarna merah.

Sementara mereka yang bekerja di ruangan dengan warna putih, umumnya merasa terganggu. Kedua kelompok juga terganggu ketika dikumpulkan di ruangan berwarna cat putih.

Dari hasil yang didapat, warna putih sangat kurang membantu seseorang menjadi produktif, tapi warna tersebut malah banyak digunakan pada ruang perkantoran. Sementara itu, warna aqua banyak disukai oleh karyawan untuk menjadi warna cat kantor mereka.

Berikut pilihan warna cat kantor yang bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum mendekorasi ruang kantor.

Merah untuk Orientasi Detail

Warna merah melambangkan kesan energi, kekuatan, keberanian dan juga dapat meningkatkan tekanan darah. Sebuah studi yang dilakukan University of British Columbia (UBC) menemukan bahwa warna cat kantor yang didominasi merah membantu meningkatkan kinerja karyawan yang memiliki tugas berorientasi detail.

Biru untuk Kreatifitas

Warna biru mempunyai kesan menenangkan, warna ini melambangkan komunikasi, kepercayaan dan efisiensi. Biru membantu meningkatkan kreatifitas seseorang dalam mencetuskan ide-ide baru. Biru bisa menjadi pilihan warna cat kantor yang tepat untuk dekorasi ruang meeting.

Kuning, Tidak untuk Ruang Meeting

Harus bijak dalam memilih warna cat kantor, warna kuning memang melambangkan optimisme. Namun, menggunakan warna ini untuk ruang meeting sebaiknya kamu hindari.

Kuning dapat memberikan kegelisahan, sebuah studi mengatakan bahwa orang lebih mudah kehilangan kesabaran jika berada di ruangan berwarna kuning. Sebab inilah yang membuat warna kuning kurang cocok bila digunakan pada ruang rapat.

Hijau untuk Inspirasi dan Inovasi

Mirip dengan biru, hijau adalah warna yang menenangkan dan memberikan keharmonisan dan keseimbangan. Warna hijau juga dapat meningkatkan kinerja yang berhubungan dengan kreatifitas.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan Personality and Social Psychology Bulletin, Hijau akan menjadi pilihan yang tepat untuk kantor yang berfokus pada inovasi sebagai tujuan utama.

Hindari Warna Abu-abu

Psikologis mengatakan abu-abu adalah warna yang netral dan kurang memiliki energi. Warna ini lebih menekankan suasana santai. Menurut penelitian, penggunaan warna abu-abu yang berlebihan dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang dan bahkan depresi.

Sebaiknya warna abu-abu pada kantor digunakan dalam jumlah yang kecil, dan juga harus diimbangi dengan warna yang lebih cerah, seperti merah dan kuning.

Sumber:
FastCompany: Why You Should Never Paint Office Walls White

Share this

2 Comments

Leave a Reply

shares