was successfully added to your cart.

Tutorial Desain Stiker Dengan Photoshop

By April 17, 2017DIY
tutorial desain stiker

Memiliki stiker hasil desain buatan sendiri merupakan hal yang menyenangkan. Kamu bebas berkreasi menentukan desain stiker apa yang akan dibuat dan dicetak, yang nantinya bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

Misalnya, kamu ingin membuat desain stiker mobil atau stiker karakter kartun. Itu semua bisa kamu wujudkan dengan mudah lho teman-teman. Cara gampangnya, silahkan menyimak ulasan tentang tutorial desain stiker dengan photoshop berikut ini.

Buat Sketsa

Pertama, buat sketsa gambar monster di kertas dengan menggunakan pensil. Kamu bisa membuat beberapa jenis monster untuk membandingkan hasil yang lebih baik.

step-1Gunakan warna hitam agar menghasilkan desain yang bersih dan tajam, sehingga memberikan kesan monster yang menyeramkan. Perhatikan juga desainnya agar tidak buram, karena akan berdampak pada hasil stiker.

Jika sebelumnya sketsamu masih digambar dengan pensil, maka sekarang waktunya untuk menegaskan (menebalkan) garis dan gambar. Tebalkan bagian tepi sketsa karakter monster dan berikan tekstur atau shading di beberapa bagian yang cocok.

Transfer Gambar Ke Photoshop

Jika sudah puas dengan gambar sketsa tadi, maka mulai menggambarnya secara digital menggunakan komputer. Kamu harus  menscan gambarnya terlebih dahulu, setelah itu buka file tersebut ke dalam Photoshop.

Setelah berhasil memindai gambar, kemudian buka file tersebut dengan Photoshop. Lalu pilih Image > Adjustments > Brightness and Contrast untuk mendapatkan garis tepi yang bagus. Kemudian simpan file tersebut dan beri nama “stiker-sheet-layout.psd“.

Baca juga:  Cara Membuat Desain Stiker Sendiri

Kemudian, kembali ke Photoshop dan buat dokumen baru dengan format landscape dengan ukuran kertas A5. Atur resolusi sebesar 300dpi dan pilih mode warna CMYK, lalu buka kembali file gambar kamu. Setelah itu simpan dengan nama dokumen “stiker-sheet-layout.jpg“. Merupakan desain sticker jadi yang akan dicetak.

Berikan Warna

step-2Kemudian saatnya memberikan warna pada stiker yang ada pada dokumen atau file “stiker sheet layout“. Pertama kamu harus mengatur layer. Pada layer palet, pilih semua layer yang berisi stiker kemudian pilih Layer > Merge layers. Rename layer dengan nama Black lalu atur menjadi Multiply dengan menu drop-down pada panel layer.

Kemudian buat layer baru dan berikan nama Cyan. Atur warna hingga 100% Cyan dan 0% Magenta, Kuning dan Hitam (misalnya) atau warna lain yang kamu pilh. Gunakan Brush Tool untuk mewarnai area stiker. Jika sudah, simpan dokumen dengan jenis PSD.

Bleed

Buat bleed atau semacam garis pembatas untuk dipotong menyesuaikan bentuk gambar. Biarkan tidak berwarna di bagian dalam dan berikan warna hanya pada garis luar saja dengan menggunakan Pen Tool. Kamu juga bisa menambahkan watermark dalam proses ini.

Baca juga:  Cara Membuat Casing HP Unik & Keren

Atur Jarak Gambar

Lakukan hal yang sama jika kamu ingin membuat beberapa gambar monster dalam dokumen A5 yang sudah ada. Atur setiap gambar dengan jarak yang cukup karena akan mengalami proses pemotongan. Jangan sampai jarak setiap stiker terlalu dekat atau bahkan saling menimpa.

Buat Dokumen di Adobe Illustrator

Buat dokumen landscape A5, pilih File > Place untuk menempatkan gambar yang sudah dibuat. Kemudian kunci layer dengan memilih Object > Lock > Selection.

Cutting Path

stiker monsterTerakhir, unlock stiker sheet dengan memilih Object > Unlock All, kemudian delete. Hasil proses ini bernama Cutting Path yang berfungsi sebagai “pedoman” mesin cetak dalam membaca pola potongan gambar. Simpan dengan nama “diecut.pdf“.

Selamat mencoba!

Sumber :
DigitalArtOnline: Photoshop tutorial: Create amazing sticker art

Share this

Leave a Reply

shares