was successfully added to your cart.

Tips Memilih Wallpaper Rumah yang Tepat

By April 1, 2017Uncategorized
memilih wallpaper rumah

Memilih wallpaper rumah untuk mempercantik sebuah ruangan bisa jadi sebuah pilihan yang tepat. Pasalnya, wallpaper atau kertas dinding yang merupakan hiasan dengan bermacam motif dan warna ini bisa menambah kesan indah pada suatu ruangan.

Namun sering terjadi kesalahan ketika memilih wallpaper rumah, sehingga dapat membuat ruangan tampak lebih gelap, sempit ataupun terlalu “ramai”. Oleh karena itu pastikan kamu memilih wallpaper yang tepat untuk rumahmu dan juga ruang-ruang lainnya.

Berikut tips memilih wallpaper dinding yang tepat untuk rumah.

1. Pilih Motif atau Corak yang Cocok

Coba pilih motif dengan warna yang cocok dengan suasana yang ingin kamu tampilkan. Untuk suasana yang menyenangkan dan cerah, pilih motif berukuran kecil yang tersusun dengan teratur misalnya polkadot.

Atau bisa juga dengan memilih wallpaper rumah kamu menggunakan tema tertentu yang sesuai dengan hobi dan karakter kamu. Misalnya wallpaper dengan tema olahraga, pantai, pemandangan alam yang hijau dan lainnya.

2. Pertimbangkan Pola Vertikal

Kamu bisa memilih pola vertikal seperti garis yang menekankan ketinggian, martabat, vitalitas dan formalitas. Pola vertikal ini juga bisa termasuk motif bunga yang berbentuk V atau U sehingga membuat langit-langit tampak lebih tinggi. Sedangkan pola horizontal memberikan dampak suasana tenang dan membuat kamar yang sebenarnya sempit tampak lebih lebar.

3. Perhatikan Skala Wallpaper

Motif dengan skala kecil menciptakan kesan luas dan bebas, sementara ruangan yang dihiasi wallpaper dengan motif berskala besar membuat kesan dan suasana kamar lebih intim.

Untuk membuat sebuah ruang kosong terlihat lebih “berfurnitur” maka sebaiknya memilih pola motif berskala besar dengan warna cerah dan berlatar belakang gelap.

4. Mix and Match

Sebuah ruang dengan wallpaper tak berpola bisa membosankan, sementara ruangan dengan terlalu banyak pola dapat menyebabkan kegelisahan.

Pilih warna dasar yang sama ketika kamu ingin mencampur beberapa motif. Misalnya motif garis dengan bunga, atau polkadot.

Ikuti beberapa tips di bawah ini untuk menentukan berapa banyak gulungan wallpaper yang kamu butuhkan.

  • Hitung luas dinding dalam ukuran meter persegi. Ukur dari langit-langit hingga ke lantai serta horizontal dari satu sudut ke sudut lainnya. Kalikan dua angka dan ulangi untuk dinding lainnya kemudian totalkan.
  • Jika kamu ingin menutupi langit-langit, hitung luas meter persegi dengan mengalikan lebar dan panjang lantai.
  • Bagi setiap ukuran tersebut dengan ukuran standar gulungan wallpaper.
  • Kurangi satu gulungan untuk setiap bagian jendela dan pintu. Angka terakhir inilah yang akan kamu perlukan.
  • Taraaaaa, wallpaper siap dipasang di rumahmu.

Sumber:
Bhg: Select the Perfect Wallpaper

Share this

Leave a Reply

shares