was successfully added to your cart.

Tips Memilih Gedung Perkantoran Yang Tepat

By February 7, 2017Dekorasi
Gedung Perkantoran

Banyak faktor bagi perusahaan dalam memutuskan pembelian atau penyewaan sebuah kantor di area gedung perkantoran. Namun, masih ada hal penting lainnya yang harus dipertimbangkan ketika memilih gedung perkantoran yang tepat untuk perusahaan.

Banyak perusahaan yang menyesal karena terlalu cepat memberikan keputusan ketika memilih gedung perkantoran. Karena baru ditemukan kekurangan-kekurangan gedung setelah penyewaan.

Untuk menghidari hal ini terjadi, berikut tips memilih gedung perkantoran yang tepat untuk bisnis kamu.

1. Efisiensi

Banyak properti yang menawarkan harga murah untuk gedung mereka, namun pada akhirnya tak sebanding dengan kebutuhan dan dana yang harus dikeluarkan oleh penyewa.

Misalnya saja ternyata biaya sewa gedung tersebut tidak termasuk biaya fasilitas ruang kantor di dalamnya, seperti meja, kursi, toilet dan sebagainya. Maka harga yang terlihat murah akan menjadi sangat mahal karena mau tak mau penyewa harus membayar semua biaya tambahan tersebut.

Oleh karena itu, lihat, pelajari dan bandingkan dengan properti lainnya. Analisis semua biaya dan fasilitas yang didapat untuk kemudian kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis agar efisien dalam setiap penggunaan nantinya.

2. Biaya Operasional

Tidak hanya biaya sewa, tapi kamu juga harus memikirkan biaya lain seperti pajak, kebersihan, pemeliharaan lift, kebersihan lorong, lobby, keamanan dan sebagainya.

Baca juga:  Desain Kamar Tidur Minimalis dan Keren untuk Remaja

Tanyakan secara detail kepada pihak pemilik properti mengenai rincian semua biaya tersebut dan pastikan pengeluaranmu nantinya sebanding dengan fasilitas yang didapat.

3. Sistem Bangunan

Infrastruktur bangunan memiliki dampak besar pada kelayakan penggunaan tertentu. Namun sayangnya hal ini tidak disadari oleh banyak penyewa. Mereka hanya fokus pada penentuan pemilihan ruangan yang sebenarnya tidak sepenuhnya mengakomodasi kebutuhan.

Misalnya saja ketidaksesuaian daya pendingin yang dipakai penyewa dengan kemampuan listrik gedung. Atau saja kapasitas parkir yang tidak memadai berikut dengan tambahan biaya parkir bulanan.

Contoh lain adalah perusahaan IT dan penyedia layanan telpon, yang membutuhkan fiber optik besar, bisa tidak cocok dengan gedung yang tak memiliki sistem dan struktur tersebut. Perhatikan juga tersedianya generator untuk menjamin tersedianya listrik dan air jika sedang ada pemadaman sementara.

4. Manajemen Pemeliharaan

Seorang penyewa harus memiliki kontak manajer properti untuk mengurus segala sesuatunya. Pastikan juga kamu mencari informasi dari penyewa lainnya dan menanyakan pendapat mereka. Cari tahu tanggung jawab pihak pemilik properti dalam hal kualitas pengelolaan, keamanan, kebersihan dan aspek teknis lainnya.

Baca juga:  Stiker Dinding 3D Membuat Tampilan Rumah Lebih Hidup

Hal ini wajib dilakukan sebelum memutuskan untuk menandatangani kontrak sewa. Berdasarkan survei, faktor utama yang menentukan kepuasan penyewa adalah kualitas hubungan dan kontak dengan manajer properti.

5. Bangunan Hijau

Ruang terbuka atau faktor hijau pada sebuah gedung kini banyak diterapkan untuk mendukung keberlanjutan bumi dan lingkungan. Perusahaan yang ramah lingkungan juga lebih disukai oleh karyawan.

Karenanya, properti dengan aspek hijau patut dipertimbangkan dalam daftar gedung yang ingin kamu pilih.

6. Evaluasi Biaya

Faktor ruangan atau gedung yang keren terkadang bisa mengalihkan perhatian seorang penyewa. Mereka bisa dengan mudah mengambil keputusan untuk menyewa tanpa mengevaluasi terlebih dahulu biaya sewa dan manfaat dari gedung yang dianggap keren tersebut.

Selain itu, evaluasi biaya juga diperlukan ketika kamu memutuskan untuk memperbarui sewa atau pindah kantor. Lakukan analisis keuangan secara terperinci dan menyeluruh. Dengan demikian kamu bisa mengambil keputusan yang tepat.

Sumber:
42Floors: How to Pick the Right Office Space

Share this

Leave a Reply

shares