was successfully added to your cart.

Tips Dekorasi Ruang Kantor Berukuran Kecil

By February 6, 2017Dekorasi
Dekorasi Ruang Kantor

Dekorasi ruang kantor harus menjadi perhatian penting perusahaan, jangan biarkan partisi meja kerja yang sempit membuat produktivitasmu menurun. Semakin banyak waktu yang kamu habiskan di meja kerja, semakin penting sebuah efisiensi pada ruang kerja tersebut.

Saat ini semakin banyak perusahaan yang merancang ruang kantor dengan partisi atau sekat pada meja kerja karyawan, yang dikenal dengan tata ruang kantor tertutup (layout closed office/space) hal ini bisa mengurangi ukuran luas dan dapat membuat menjadi tidak nyaman.

Berikut tips dekorasi ruang kantor yang berukuran kecil menjadi lebih nyaman dan sehat.

1. Memanfaatkan Area Umum

Kamu mungkin memiliki beberapa area umum di kantor yang tidak banyak digunakan dan bahkan seperti ruang kosong. Di sini kamu bisa lebih kreatif untuk mengubahnya menjadi ruangan minimalis yang kolaboratif, misal dengan menaruh meja atau papan tulis. Ada satu perusahaan yang memasang papan tulis di dalam lift. Kreatif sekali ya.

2. Kurangi Penggunaan Kertas

Menyimpan dokumen dan arsip secara digital dapat mengurangi kebutuhan kamu akan kertas. Hal ini kemudian berdampak pada menurunnya kebutuhan untuk lemari arsip dan tempat penyimpanan lainnya.

3. Berdiri Pada Saat Rapat

Ruang rapat yang kecil terkadang mengharuskan para karyawan duduk bersempit-sempitan. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya jika kamu mencoba rapat sambil berdiri. Selain terasa lebih luas, hal ini juga bisa membuatmu lebih sehat karena banyak bergerak.

Baca juga:  Kantor Facebook, Dekorasinya Paling Keren Sedunia?

Baca juga: Tips Dekorasi Ruang Meeting Yang Produktif

4. Minimalisir Kekacauan

Untuk yang satu ini kamu harus melihat diri sendiri. Pastikan meja kerja dan ruang kerja kamu jauh dari kekacauan dan kesan berantakan.

5. Ganti Barang Lama dan Meja Besar

Hampir semua karyawan kantoran kini menggunakan laptop dan meninggalkan komputer yang membutuhkan lebih banyak tempat. Cara ini secara langsung membuat kamu tak lagi membutuhkan meja besar untuk meletakkan CPU, monitor dan keyboard. Menggunakan laptop memungkinkan kamu bisa mengganti meja yang lama dengan meja yang lebih kecil dan efisien.

6. Ganti Pencahayaan

Dekorasi ruang kantor kamu akan lebih bercahaya dengan mengganti model lampu tradisional dengan model lampu yang lebih modern atau lampu LED saat ini. Desain interior kantor seperti ini memang memakan biaya sedikit lebih mahal, namun pencahayaan pada ruangan menjadi lebih baik dan tidak berbayang.

7. Mencari Ide Baru

Ada banyak ide-ide bagus di luar sana tentang dekorasi ruang kantor. Kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan dan mendapatkan beberapa ide yang bisa diterapkan untuk tata ruang kantor kamu.

Baca juga:  Meja Kerja Berantakan? Lakukan 6 Solusi Kreatif Ini

Baca juga: Desain Kantor Startup Yang Keren

8. Manfaatkan Ruang Vertikal

Gunakan ruang dinding atau area vertikal lainnya. Banyak ide untuk menggunakan ruang vertikal ini, seperti papan rak, kantong berkas, gantungan tembok dan masih banyak lagi. Cara ini bisa membantu mengurangi barang pada meja kerja.

9. Monitor dan Kabel

Bila perusahaan tempat kamu bekerja masih menggunakan monitor besar yang kuno, sebaiknya ganti dengan monitor layar datar yang tidak memakan banyak tempat pada meja kerja. Hal ini bisa membuat meja lebih luas sehingga kabel-kabel terorganisir menjadi lebih rapih.

Semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat dan jangan biarkan ruang kerja kecil membuat kamu merasa bosan. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat dekorasi cubicle kantormu menjadi lebih menarik dan tak membosankan.

Sumber:
AustinTenantAdvisors: 9 Tips For Maximizing Small Office Space

Share this

One Comment

Leave a Reply

shares