was successfully added to your cart.

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

By July 2, 2017Destinasi
tempat wisata di jogja

Tempat wisata di Jogja merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan lokal, termasuk juga wisatawan mancanegara yang sedang berlibur di Indonesia. Yogyakarta memiliki destinasi wisata yang lengkap, mulai dari kuliner, budaya dan kesenian, sampai tempat nongkrong Instagramable.

Selain sebagai daerah istimewa, bisa dibilang kalau Jogja memang kota yang ramah dan nyaman untuk liburan. Jadi, luangkanlah waktu kamu untuk berlibur di Yogyakarta dan berikut rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi saat berlibur.

Jalan Malioboro

tempat wisata di jogja jalan malioborojalan malioboro sangat terkenal di jogja, via wikipedia

Salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi adalah Malioboro. Lokasi ini merupakan sebuah jalan panjang yang dipenuhi oleh toko tradisional, pedagang kaki lima, hingga mall modern.

Para pedagang lokal tersebar di sisi jalan Malioboro untuk menjual beraneka ragam suvenir khas Jogja seperti kaus, gantungan kunci, wayang, dan sebagainya.

Harga yang ditawarkan di sekitar Jalan Malioboro cukup murah sehingga tak jarang ada banyak wisatawan yang sengaja datang untuk belanja di sini. Wisatawan juga bisa menawar harga untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Kraton Yogyakarta

tempat wisata di jogja keraton yogyakartasiapa yang belum pernah ke sini? via sunardian.blogspot.co.id

Kraton Yogyakarta adalah tempat wisata yang merupakan tempat tinggal Sultan Yogyakarta bersama keluarganya. Di sana kamu bisa melihat bangunan istana yang antik bernuansa Jawa dan juga Belanda dengan jendela kaca hingga lantai marmernya.

Pengunjung yang datang ke Kraton Yogyakarta bisa mendatangi sejumlah museum kecil. Di sana dipamerkan artefak serta bukti-bukti peninggalan kerajaan dari zaman para sultan sebelumnya dan artefak Jawa dari era-era sebelumnya.

Istana Air Taman Sari

tempat wisata di jogja taman saribagian dalam istana air taman sari, via telusurindonesia.com

Terletak tak jauh dari Kraton Yogyakarta, terdapat destinasi wisata lain yang bisa kamu kunjungi yaitu Istana Air Taman Sari. Tempat wisata ini merupakan sebuah taman kerajaan yang dibangun pada abad ke-18.

Baca juga:  Studio Yoga, Acroyoga dan Pilates di Jakarta

Kompleks taman istana memiliki beberapa area, seperti area workshop, tempat peristirahatan, dan tempat meditasi. Istana Air Taman Sari juga memiliki lokasi untuk persembunyian dan pertahanan, mengingat tempat ini dulunya digunakan anggota keluarga kerajaan sebagai tempat rekreasi sekaligus benteng pertahanan.

Lokasi seluas 10 hektar ini terbagi menjadi empat zona yaitu Danau Segaran di bagian Barat, Pemandian Umbul Binangun di bagian Selatan, Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati di Selatan Umbul Binangun, dan pulau buatan serta jembatan gantung di bagian Timur dari Umbul Binangun.

Candi Prambanan

tempat wisata di jogja candi prambanancandi hindu terbesar di indonesia

Sebagai salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara, Candi Prambanan dipercaya sebagai bentuk cinta yang diwujudkan oleh Bandung Bondowoso terhadap Roro Jonggrang.

Sebagai tempat wisata di Jogja, candi ini dibangun pada abad ke-10 sebagai persembahan untuk Dewa Siwa, Dewa Brahma serta Dewa Wisnu. Candi Prambanan juga dimasukkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO sebagai salah satu candi terindah dan terbesar di Asia Tenggara.

Pengunjung dapat berkeliling untuk menikmati indahnya struktur candi dan atmosfir agama Hindu yang kental. Candi Siwa yang merupakan candi utama memiliki tinggi mencapai 47 meter di tengah kompleks gugusan candi yang berukuran lebih kecil.

Candi Borobudur

tempat wisata di jogja candi borobudurterbesar sekaligus paling terkenal di dunia

Bagi wisatawan yang sedang berada di daerah Jawa Tengah, merupakan keharusan untuk mengunjungi Candi Borobudur. Sebagai candi Budha terbesar di dunia, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah di sekitarnya.

Pemandu lokal akan membantu kamu memahami relief pada dinding candi dan hiasan-hiasan di sekitarnya. Menariknya, ada mitos yang berkembang bahwa doa atau harapan seseorang bisa terwujud jika mereka bisa menyentuh arca yang ada di dalam stupa di sebelah kanan pada teras lingkaran pertama Borobudur.

Baca juga:  7 Cara Tetap Makan Sehat di Hari Lebaran

Museum Ullen Sentalu

tempat wisata di jogja ullen sentalupintu masuk ke museum ullen sentalu, via kaskus.co.id

Museum ini merupakan sebuah museum swasta yang menampilkan seni dan kebudayaan Jawa. Sejak dibuka pada tahun 1994, museum ini tidak hanya menampilkan benda-benda peninggalan sejarah, namun juga karya seni modern.

Pengunjung akan didampingi oleh pemandu atau tour guide yang akan menjelaskan cerita dibalik setiap karya seni atau peninggalan sejarah yang ada di Museum Ullen Sentalu ini.

Gunung Merapi

wisata di jogja gunung merapigunung merapi dari kejauhan, via goborobudur.com

Salah satu gunung di Pulau Jawa yang menarik perhatian para wisatawan adalah Gunung Merapi. Sejak tahun 1548 silam, gunung ini telah erupsi sebanyak lebih dari 60 kali dan masih berada dalam status aktif hingga saat ini.

Tidak sedikit pula pendaki gunung yang tertantang untuk mendaki gunung ini. Biasanya para pendaki memulai perjalanan sekitar pukul 01.00 dini hari dan sampai ke puncak pada 05.30 untuk menikmati indahnya matahari terbit.

Pasar Beringharjo

wisata di jogja pasar beringharjosuasana pasar beringharjo di jogja, via negaranegiri.blogspot.co.id

Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua yang ada di Yogyakarta ini memiliki nilai historis dan filosofi tersendiri. Di sana pengunjung bisa menemukan banyak pedagang dengan bermacam-macam produk mulai dari kain, pakaian, bumbu tradisional hingga ragam suvenir.

Jika kamu ingin berbelanja batik, khususnya batik cap dengan harga yang murah, kamu bisa ke pasar ini dan melakukan tawar menawar.

Sumber:
TheCultureTrip: Must-Visit Destination In Yogyakata, Indonesia

Share this

Leave a Reply

shares