was successfully added to your cart.

9 Alasan Menggunakan Stiker Untuk Meningkatkan Pemasaran

By January 14, 2017Feature
stiker meningkatkan pemasaran

Selama lebih dari 65 tahun stiker telah membantu banyak hal, mulai dari kampanye politik hingga membangun brand perusahaan-perusahaan. Stiker juga diandalkan sebagai sarana penjualan serta komunikasi dengan pelanggan dari brand terkait. Sebenarnya, apa kekuatan stiker dalam branding dan pengembangan bisnis ?

Berikut ini adalah 9 alasan menggunakan stiker untuk meningkatkan pemasaran :

1. Tidak Hanya Sebagai Penghias

Stiker saat ini bukan hanya menjadi hiasan belaka saja. Fungsi stiker ini terus bertambah seiring dengan kebutuhan si pemakai. Kamu bisa menggunakan dan memanfaatkan stiker dengan menempelkannya pada banyak media seperti bemper mobil, pintu rumah, botol minum, jendela, smartphone dan sebagainya.

Baca juga: Cara membuat stiker logo bisnis untuk online shop

2. Media Sosial Klasik

Sejak dulu sebenarnya stiker sudah dimanfaatkan sebagai media sosial, jauh sebelum adanya jaringan internet. Masyarakat menggunakan stiker untuk berbagai macam hal, khususnya komunikasi.

Di zaman dulu, stiker membantu perusahaan menekan biaya iklan atau promosi karena harganya yang murah.

3. The Power of Word of Mouth

Menurutmu pemasaran offline mungkin saat ini sudah ketinggalan jaman dan tidak seefektif media sosial untuk branding ? Coba pikirkan lagi.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 90% orang lebih percaya perkataan dari mulut (word of mouth) atau rekomendasi dari orang yang dikenalnya. Kemudian 90% word of mouth tentang suatu brand berlangsung secara offline.

Ini artinya, promosi offline seperti menggunakan stiker, dipercaya untuk meningkatkan promosi dan pemasaran. Sayangnya masih banyak perusahaan yang tidak melihat hal ini.

Baca juga:  Berpikir Kreatif Menempelkan Stiker

4. Aman Untuk Iklan

Penggunaan stiker untuk iklan atau pemasaran lebih ‘aman’. Maksudnya disini adalah, penempelan suatu stiker pada benda tertentu tidak atau mungkin belum tentu akan dianggap sebagai ajang promosi.

Melainkan stiker dianggap sebagai endorse personal atau bagian dari alat pendukung sebuah pesan, produk atau organisasi.

5. “Hadiah” Yang Meningkatkan Engagement

Mirip dengan poin sebelumnya, penggunaan stiker akan secara langsung namun perlahan mempengaruhi orang lain. Stiker yang suka dibagikan misalnya pada acara-acara tertentu sebagai hadiah partisipasi kamu, tidak akan dianggap sebagai sarana promosi, melainkan hadiah biasa.

Stiker “hadiah” seperti itu umumnya tidak akan langsung dibuang, melainkan disimpan oleh si penerima. Dengan demikian terbentuklah kesempatan meningkatkan engagement antara si penerima dengan brand pada stiker tersebut.

6. Mudah Dilakukan

Stiker bukan hanya sebagai barang yang hanya untuk diberikan saja. Tentu saja, stiker juga merupakan cara promosi yang tetap membutuhkan biaya produksi.

Stiker PromosiNamun dibandingkan dengan kegiatan promosi lainnya, proses promosi atau iklan menggunakan stiker lebih mudah dan murah serta efektif.

Baca juga: Ternyata ini arti di balik kode stiker buah

7. Sebagai Marketing Mikro/Perkembangan Identitas Brand

Label StikerProses pembuatan stiker promosi berhubungan dengan proses perkembangan desain lainnya. Hal ini kemudian membantu untuk memperjelas upaya pemasaran yang juga berkaitan dengan logo, website, kartu nama, headline dan lainnya.

Baca juga:  8 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Angpao Imlek

8. Meningkatkan Upaya Pemasaran Lainnya

Selain branding dan upaya untuk meningkatkan eksposur, stiker dapat dimanfaatkan dengan cara lain untuk meningkatkan dan memperkuat program pemasaran. Misalnya saja stiker digunakan untuk memperkuat sebuah komunitas, sarana kampanye yang meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu hal dan sebagainya.

9. Dijual Sebagai Produk

Selain sebagai sarana promosi, stiker juga bisa kamu jual dengan bebas karena memiliki nilai jual. Nama sebuah brand, slogan tokoh tertentu dan gambar-gambar yang menarik dapat dijadikan stiker untuk dijual.

Coba berpikir kreatif dan buat sendiri desain stiker sesuai keinginanmu dan juga permintaan pasar. Dengan adanya target pemasaran yang jelas dan produk stiker yang berkualitas, maka kamu akan memperoleh keuntungan.

Kesimpulannya, dasar dari pemasaran adalah hubungan dan komunikasi dengan orang lain, dan stiker bisa mengambil bagian dari hal itu. Stiker mampu untuk menyampaikan pesan dan nilai kepada orang lain.

Pemasaran dengan stiker adalah salah satu cara pemasaran dengan biaya yang rendah, namun menghasilkan banyak dampak positif. Namun kamu harus ingat, sama seperti bentuk pemasaran lainnya, pemasaran dengan stiker membutuhkan perencanaan, desain dan pelaksanaan yang tepat untuk mencapai hasil yang efektif.

Sumber :

https://www.ducttapemarketing.com/sticker-marketing/

Share this

Leave a Reply

shares