was successfully added to your cart.

10 Art Space di Jakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

By January 26, 2017Destinasi
art space di jakarta

Kalau kamu tertarik dengan dunia seni dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, kamu bisa dengan mudah melakukannya. Banyak art space di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Di sana, kamu juga bisa foto-foto karena tempatnya Instagramable banget.

Jadi, dengan kata lain tempat-tempat tersebut adalah sebuah galeri seni atau art space. Lalu di mana saja lokasinya? Berikut beberapa art space yang ada di wilayah ibu kota DKI Jakarta yang wajib dikunjugi oleh pencinta seni.

cari stiker lucu

1. Art Gallery Hadiprana

art gallery hadipranavia mitrahadiprana.wordpress.com

Art space di Jakarta yang pertama bisa kamu datangi ialah Hadiprana Art Centre. Sebuah galeri seni pertama di bawah naungan Hadiprana ini didirikan pada tahun 1961. Art space ini menampilkan lukisan seniman muda sendiri, seperti Jeihan, Sryhady, dan Suparto.

Galeri Hadiprana pada tahun 1997 pindah ke sebuah daerah Kemang, Jakarta Selatan yang kemudian dinamakan Art Boutique Mall. Sejak saat itu, art space ini menjadi galeri bagi karya seni, kerajinan, artefak, lukisan berkualitas tinggi. Disana juga diadakan kelas seni untuk anak dan dewasa.

Alamat:
Hadiprana Art Centre
Jl. Kemang Raya No. 30
Kemang, Jakarta
Phone: (+6221) 7182765
www.hadiprana-artcentre.com

2. BIASA ArtSpace

BIASA Art Space Jakarta Galleryart space yang isinya gak biasa, via: jktgo.com

Art space ini terletak di lantai 2 gedung BIASA. Pengunjung yang datang biasanya akan langsung merasakan hal-hal unik dan pengalaman yang berbeda saat memasuki dunia BIASA ArtSpace. Tersedia juga butik yang berada dalam satu atap.

Perluasan galeri ini ke Jakarta telah mewujudkan ambisi Susanna Perini, pendiri BIASA, untuk mencapai dan membangun platform untuk inspirasi artistik dan intelektual baik secara global maupun di seluruh kota besar di Indonesia.

Alamat:
BIASA ArtSpace
Jl. Kemang Raya 20
Kemang, Jakarta
Phone: (+6221) 71796264
www.biasagroup.com/art/about-artspace/

3. Bartele Gallery

Bartele galleryinterior bartele gallery, via flickr.com

Buat kamu yang tertarik dengan sejarah Asia Tenggara dan Indonesia bisa langsung berkunjungan ke Bartele Gallery. Disini kamu bisa menjelajah harta tak berujung dan keindahan yang luar biasa dari tampilan peta antik.

Bartele Gallery ini memiliki koleksi menarik, mulai dari dari peta antik, cetakan lama, foto-foto kolonial, buku bersejarah dan antik. Beberapa diantaranya berusia lebih dari 500 tahun! Pemiliknya, Bartele Santema mengumpulkan semua itu bersama-sama dengan kurator galeri dan ahli peta (kartografer), David E. Parry.

Bartele Gallery didirikan pada tahun 2009, yang merupakan satu-satunya toko khusus di Indonesia di mana kamu dapat membeli cetakan peta antik. Bahkan kalau kamu tidak ingin membeli apa-apa, galeri yang terletak di Kemang Raya ini sangat layak untuk dikunjungi. Sebuah peta antik menarik intelektualitas untuk dilihat dan dipahami.

Alamat:
Bartele’s Gallery
Jl. Kemang Raya 29A
Kemang, Jakarta Selatan
info@bartelegallery.com
www.bartelegallery.com

Baca juga:  10 Tempat Buka Puasa di Jakarta yang Harus Dikunjungi

4. Dia.Lo.Gue

dia lo gueart space yang terkenal dengan tangga melayang, via flickr.com

Dia.Lo.Gue adalah publik Artspace yang bertujuan untuk mendorong dialog atau percakapan antara orang-orang, seni dan desain. Etos ini tercermin dalam nama mereka, diterjemahkan dalam bahasa Betawi setempat sebagai ‘He/She – You – Me’, dan dalam logo mereka, yang dapat diartikan sebagai individu dari banyak karakter, usia dan kepribadian yang berbeda.

Tujuannya adalah untuk secara inklusif merangkul masyarakat untuk menciptakan dialog yang nyata antara seniman dan desainer dan masyarakat umum. Memang, galeri tidak bisa berhasil tanpa dukungan dan interaksi dari unsur-unsur tersebut.

Berbagai merchandise hasil karya rumahan ditampilkan untuk dijual di Dia.Lo.Gue. Beberapa produknya terbatas dan unik, tidak mudah ditemukan di tempat lain. Seperti peralatan kantor dan alat tulis, aksesoris rumah, karya seni, mainan dan banyak lagi.

Dia.Lo.Gue juga membuka cafe/restoran di bagian belakang, dan toko kecil mereka di bagian depan untuk menjual berbagai barang unik terbatas dan funky dari seniman dan desainer lokal. Salah satu art space di Jakarta yang ramai dikunjungi anak muda.

Alamat:
Dia.Lo.Gue
Jl. Kemang Selatan No. 99A
Jakarta Selatan
Phone: (+6221) 7199 671
Facebook: dialogueartspace

5. 2Madison

2madison gallery2Madison art space, via 2madison.com

Sebuah art space dimana kamu bisa menikmati hasil karya seni seniman Indonesia sekaligus juga merasakan tempat yang nyaman untuk nongkrong dan bersantai. Didirikan oleh PT Madison Mahacipta, 2madison memiliki visi untuk mengundang seniman muda Indonesia untuk berkolaborasi, memperkenalkan, dan memasarkan karya-karya mereka melalui Online Designer Gallery.

2madison Eatery terdiri dari tiga lantai. Pada lantai dasar terdapat cafe dengan meja makan dan bar, lantai dua dan lantai tiga digunakan sebagai kantor pribadi. Keunikan lain dari 2madison adalah gabungan antara toko gaya hidup, cafe dan juga sebuah art space.

Di sini pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan makanan lezat dan minuman, tetapi juga furnitur unik dengan berbagai desain yang dapat dibeli dengan harga yang sangat wajar.

Alamat:
2Madison
Jl. Bangka Raya No.20
Jakarta Selatan
Phone: (021) 71794306
www.2madeatery.com

6. Gallery Kemang 58 Art Exhibiton

gallery kemang58via flickr.com/photos/72598637@N03

Gallery Kemang 58 adalah tempat alternatif bagi pencinta seni untuk menikmati berbagai karya seni Indonesia mulai dari pameran tunggal dan pameran grup.

Konsep art space ini bertujuan untuk memenuhi hasrat pencinta seni dan pelanggan agar bisa bertemu dengan sang seniman. Pasalnya banyak penggemar seni yang ingin membangun komunikasi untuk saling berbagi ide, karakter, gaya dan latar belakang.

Alamat:
Gallery Kemang 58 @MammaRosy Restaurant
Jl. Kemang Raya no 58
Jakarta Selatan

7. Edwin’s Gallery

edwin galleryvia edwinsgallery.com

Seperti yang diakui oleh banyak orang, Edwin’s Gallery (EG) adalah salah satu art space yang paling aktif dan paling lama di Indonesia. Didirikan pada bulan Juli tahun 1984, EG terus-menerus mempertahankan keberadaan dan aktivitasnya dalam dunia seni dan tidak pernah berhenti untuk berkembang sejak saat itu.

Baca juga:  Tradisi Lebaran di Indonesia yang Khas dan Dinanti

Mulai dari ruang galeri kecil dan studio fotografi di sebuah garasi, EG sekarang berdiri di atas lahan seluas 2.000 m2 yang terdiri sekitar 500 m2. Hingga sekarang, EG telah menyelenggarakan lebih dari 150 pameran yang disajikan lebih dari 200 seniman mapan, dari Indonesia dan seluruh dunia.

Alamat:
Edwin’s Gallery
Jl. Kemang Raya No. 21
Kemang, Jakarta
Phone: (+6221) 7194178
edwins_gallery@yahoo.com
www.edwinsgallery.com

8. KOI Kemang

KOI Kemangvia flickr.com/photos/diartravel

KOI Kemang terdiri dari tiga lantai, restoran dan bar, furnitur dan art space, tempat makan privat dan ruang pameran, termasuk rooftop untuk acara pribadi. Dengan chef asal Belgia andalan mereka, Benoit Claeys, KOI Kemang membawa cita rasa terbaik dari masakan ala Barat dan Asia dengan berbagai hidangan yang menggugah selera, dari menu hidangan pembuka sampai makanan penutup.

Alamat:
KOI Kemang
Jl. Kemang Raya No. 72
Jakarta Selatan
Phone: (+6221) 7195668
Jam buka: 08.00 – 00.00
www.koiindonesia.com

9. Art:1

art:1keren ya galeri seninya, via manual.co.id

Art space di Jakarta ini awalnya bernama Mon Decor kemudian pada tahun 2011, galeri seni ini berganti nama menjadi Art:1. Di dalam gedungnya terdapat koleksi karya-karya seniman terkenal, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Alamat:
Art:1
Jl. Rajawali Selatan Raya No. 3
Jakarta Pusat
Phone: (+6221) 64700168
www.mondecor.com

10. Ruangrupa

ruangrupatempatnya anak-anak muda kreatif di jakarta nih, via: fritugo.com

Ruangrupa pertama kali didirikan pada tahun 2000 dengan tujuan mendukung dan memfasilitasi para seniman lokal untuk bisa menuangkan karya mereka melalui seminar, festival, pameran dan berbagai macam proyek.

Kemudian pada tahun 2008, dibangun sebuah galeri seni yang dinamakan RURU Gallery. Selain itu, Ruangrupa juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai macam acara seni seperti Jakarta 32°c, Bienalle OK, video festival dan banyak acara-acara seni lainnya.

Alamat:
Ruangrupa
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.6
Jakarta Selatan
Phone: (+6221) 218304220
www.ruangrupa.org

Nah segitu dulu rekomendasi art space di Jakarta yang bisa Decodeko kasih tau sementara ini. Oh iya, ada anak seni gak di sini? kalau mau nambahin langsung share di komen ya.

Sumber:
WhatsNewJakarta: 8 Art Galleries Around Kemang

Share this

3 Comments

Leave a Reply

shares