was successfully added to your cart.

10 Situs & Tools yang Berguna untuk Desainer Grafis

By July 31, 2017Desain
tools situs desainer grafis

Untuk mendukung pekerjaannya, setiap desainer grafis membutuhkan tools dan juga situs tertentu yang bermanfaat. Bagaimana tidak, terus berkembangnya teknologi dan kebutuhan pasar menuntut para desainer grafis untuk memenuhi kebutuhan setiap klien.

Sebut saja seperti desain website, pengetahuan HTML terkait dengan desain website, copywriting untuk market place dan berbagai macam konten lainnya. Agar tidak bingung atau “keteteran”, kini ada banyak tools dan situs yang siap membantu para desainer grafis untuk melakukan tugasnya.

1. Codester

tools situs desainer grafis codesterCodester adalah salah satu website dan pengembang aplikasi untuk membeli pre-written code (kode yang sudah jadi). Bagi para freelancer, Codester menyediakan berbagai penawaran seperti kode untuk aplikasi (baik untuk iOS, Android, Corona, Unity atau Titanium), themes dan plugin website untuk Drupal, WordPress, Magento dan bahkan HTML5 dan Tumblr.

Tidak hanya itu, Codester juga menjual script untuk mengembangkan aplikasi seperti JavaScript, PHP, Python, C dan Java. Kamu bisa membuat kode dasar untuk sebuah aplikasi kemudian melengkapinya dengan konten grafis berbeda dari Codester seperti konten logo, icon hingga keseluruhan User Interface (UI).

Sebagian besar produk yang dijual sudah dilengkapi dengan pengaturan lisensi dan plugin dengan periode support masing-masing. Sebagai user, kamu juga bisa menjual produk buatanmu seperti produk-produk yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kamu akan mendapatkan komisi sebesar 70% dan tidak ada komitmen terkait eksklusivitas produk. Codester akan membayar setiap bulannya melalui PayPal atau wire transfer (transfer uang antar bank untuk negara yang berbeda).

2. Visme

tools situs desainer grafis vismePernahkah kamu membuat konten original yang bisa dishare ke seluruh dunia? Jika ingin melakukannya maka Visme adalah tools yang tepat karena mampu mengubah konten milikmu menjadi bentuk presentasi, infografis, report, konten website, presentrasi produk ataupun wireframe.

Melalui dashboard Visme, kamu bebas untuk membuat konten sendiri menggunakan banyak tools editing tanpa perlu memiliki kemampuan coding. Misalnya saja kamu ingin membuat infografis, agar tidak terlihat membosankan kamu bisa memilih lebih dari seratus template berkualitas tinggi yang disediakan oleh Visme.

Baca juga:  10 Desain Poster Sumber Inspirasi

Untuk membuat konten semakin kompleks, Visme menyediakan pilihan lainnya yang bisa kamu gunakan seperti animasi dan preview. Kamu juga bisa mengedit dengan cara yang mudah dengan banyak pilihan seperti gambar background, warna background, kotak teks, shape, gambar vector dan icon.

3. PSD2HTML

tools situs desainer grafis psd2htmlPSD2HTML adalah website profesional yang menawarkan produk HTML/CSS terbaru, WordPress dan juga template website serta kemampuan untuk mengkonversikan konten-konten dari desain Photoshop ke dalam bentuk kode. Oleh karena itu, PSD2HTML sangat berguna jika kamu tidak memiliki kemampuan coding.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mencantumkan informasi nama email dan catatan detail mengenai desain kemudian memilih tools yang ingin digunakan.

Kemampuan PSD2HTML mencakup kompatibilitas browser, font yang dapat disesuaikan dan layout responsif hingga pilihan JavaScript yang kompatibel digunakan untuk CMS, WordPress, Drupal, Joomla, Shopify and Magento.

4. Simbla

tools situs desainer grafis simblaSesuatu yang indah akan menarik perhatian semua orang dan membuat kita juga ingin bisa membuat sesuatu yang indah. Agar bisa dengan mudah membuat desain yang cantik, maka Simbla adalah jawabannya.

Simbla memudahkan kamu untuk mendesain dan mengkustom tampilan website yang responsif untuk semua perangkat. Website builder dengan User Experience (UX) yang baik memungkinkan user untuk membangun website dengan cara yang mudah (drag dan drop) dengan template yang ada atau membuat sendiri template yang diinginkan dari nol.

5. Themify.me

tools situs desainer grafis themifymeMencari theme/template terbaik dan sesuai dengan kebutuhan dapat dikatakan sebagai hal yang cukup sulit. Namun hal ini tidak akan terjadi jika kamu menggunakan Themify.me karena website ini menyediakan semua pilihan theme yang ada.

Tujuan dari Themify.me adalah mengembangkan theme dan plugin WordPress terbaik yang bisa dibeli langsung di toko online mereka.

Baca juga:  Tutorial Desain Stiker Corgi

6. HotGloo

tools situs desainer grafis hotglooTidak membutuhkan waktu lama, HotGloo kini dengan cepat menjadi “pemain utama” dalam wireframing online. HotGloo merupakan tools yang membantu kamu membuat prototype proyek untuk website interaktif, tampilan perangkat mobile dan proyek desain tertentu untuk ditunjukkan pada klien dengan cara yang mudah.

7. Droplr

tools situs desainer grafis droplrDroplr adalah aplikasi yang sangat membantu pekerjaan setiap desainer grafis baik untuk mengerjakan proyek klien, proyek pribadi ataupun saling sharing konten dengan orang lain. Aplikasi ini mendukung file foto, video, dokumen Microsoft Office, atau konten dengan format Photoshop, Illustrator dan Sketch.

8. Invoice Ninja

tools situs desainer grafis invoice ninjaMemastikan keuangan perusahaan tercatat dan tersimpan dengan baik bukan merupakan hal yang mudah dilakukan. Namun, Invoice Ninja bisa membantu kamu untuk mengerjakan banyak permasalah yang terkait uang dengan fitur invoice mereka.

Invoice Ninja memungkinkan user untuk membuat invoice termasuk keterangan barang dan pengaturan pajak masing-masing sehingga bisa dihitung dengan akurat.

9. Colorlib

tools situs desainer grafis colorlibColorlib merupakan salah satu platform penyedia theme gratis dengan banyak pilihan kustom untuk kamu gunakan. Website ini menyediakan theme dengan pilihan teks, warna, grafis dan juga iconvector yang indah. Kamu bisa mengedit informasi copyright di bagian footer, mengubah elemen warna, font dan lainnya tanpa harus menguasai kemampuan coding.

10. Codepad

tools situs desainer grafis codepadCodepad adalah salah satu tools editor code HTML online yang bisa kamu gunakan. Tools ini memungkinkan user untuk membuat kode sendiri baik untuk digunakan sendiri ataupun secara publik. Bahkan hasil coding bisa dikolaborasikan dengan pengembang atau tools online lainya.

Sumber:
Design Shack: 14 Useful Tools & Websites for Designers

Share this

Leave a Reply

shares