was successfully added to your cart.

10 Cara Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan

By July 3, 2017Feature
semangat kerja setelah liburan

Setelah menikmati liburan yang menyenangkan, terkadang kita suka malas untuk kembali menjalani rutinitas pekerjaan di kantor. Tidak ada lagi pasir pantai, senda gurau bersama keluarga, taman bermain, bangun siang dan hal menyenangkan lainnya.

Melainkan kita harus kembali bertemu dengan buku, komputer dan tugas menumpuk yang harus dikerjakan. Untuk membantu kamu bisa semangat kerja setelah liburan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja? Yuk disimak.

1. Rapikan Perlengkapan Kerja

Selama liburan pasti ada dokumen, email, file dan perlengkapan kerja lainnya yang tak terurus. Daripada membuang waktu bersantai kamu, lebih baik memulai merapikan semua perlengkapan tersebut karena hanya akan semakin menumpuk jika dibiarkan.

Buka semua surat, email, file pekerjaan dan rapikan ke tempat masing-masing. Semakin lama menunda, maka akan semakin lama pula perlengkapan tersebut berantakan dan terabaikan.

2. Periksa Surat dan Email

Sebelum kamu sibuk mengerjakan tugas yang tertunda selama liburan, pastikan untuk memeriksa dan membalas semua pesan, surat atau email yang diterima. Lakukan ini sambil membuang atau menghapus pesan yang sudah tidak diperlukan.

3. Cek Kalender Tugas

Lama meninggalkan rutinitas kantor, mungkin kamu melupakan sejenak tugas atau pekerjaan terakhir yang harus segera diselesaikan. Lihat kalender tugasmu dan jadwal beberapa hari ke depan termasuk jadwal meeting dan keperluan lainnya yang sudah terjadwal.

Baca juga:  Ubah Hobi Kamu Jadi Bisnis

Lebih baik kamu mempersiapkan diri secepat mungkin sehingga tak akan terburu-buru ketika menjalankan rutinitas kantor yang siap menanti.

4. Jangan Buka dan Baca Email Sesuai Urutan Tanggal

Daripada membaca email sesuai dengan tanggal masuk, lebih baik kamu membuka email sesuai dengan kepentingan atau pengirim tertentu. Dengan begini kamu bisa memprioritaskan hal-hal yang memang penting untuk segera diperhatikan.

Lakukan cara ini untuk menghapus email yang tidak perlu seperti iklan, informasi yang sudah lama dan sebagainya.

5. Buat List Prioritas

Setelah merapikan semua pesan, email, surat, kalender dan perlengkapan lainnya, maka secara tidak langsung kamu akan teringat akan semua hal terakhir yang kamu kerjakan sebelum berlibur.

Agar semangat kerja setelah liburan lebih efektif, buat list prioritas hal-hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu.

6. Lakukan Satu Persatu Tugas yang Ada

Karena ingin menyelesaikan banyak tugas yang menumpuk, mungkin kamu tergoda untuk melakukan bebera hal sekaligus. Namun cara ini tidak efektif untuk dilakukan karena malah akan membingungkan diri kamu sendiri. Lebih baik fokuskan pikiranmu untuk mengerjakan satu persatu tugas yang ada.

7. Hindari Hal yang Mengganggu

Agar tidak terlalu “kaget” dengan rutinitas setelah bersantai saat liburan, coba untuk menghindari hal-hal yang mengganggu. Dengan begitu kamu bisa segera bekerja secara efektif tanpa terganggu dengan hal tidak penting.

Baca juga:  Makna 15 Hari Perayaan Tahun Baru Imlek

Pasang mode silent pada handphone, matikan sementara akun media sosial dan tutup program-program di komputer yang tak dibutuhkan.

8. Buat Rencana Menarik untuk Seminggu ke Depan

Kamu memang sudah kembali menjalani rutinitas, tapi bukan berarti kamu tidak bisa bersenang-senang. Rencanakan hal menyenangkan seperti makan siang bersama teman di luar kantor, atau pergi ke tempat nongkrong yang asyik setelah pulang kerja.

9. Pulang Kantor Tepat Waktu

Karena baru saja mulai beraktivitas kembali di kantor, bukan berarti kamu harus lembur pada hari-hari pertama. Cukup kerjakan tugasmu dengan baik dan pulang tepat waktu. Lakukan hal sederhana ini secara rutin untuk mengembalikan semangat kerja setelah liburan.

10. Beri Waktu untuk Beradaptasi Kembali

Kembali bekerja dan menjalani rutinitas setelah liburan adalah sebuah transisi yang tak bisa dikatakan mudah. Jangan sedih jika kamu membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri kembali seperti sebelumnya karena ini adalah hal yang wajar. Poin utama disini adalah untuk tetap tenang dan fokus

Sumber:
Lifehack: Everyone Should Know These 10 Tips Before Returning To Work After Vacation

Share this

Leave a Reply

shares