was successfully added to your cart.

Ruang Kerja yang Tepat untuk Karyawan

By March 16, 2017Dekorasi
ruang kerja karyawan

Ruangan yang kita gunakan sehari-hari dapat membentuk diri kita dan bagaimana kita berperilaku. Hal ini kemudian berdampak pada psikologis dan juga kinerja kerja. Contohnya, ruang kerja karyawan.

Dalam hal ini ruang kerja karyawan menjadi perhatian, karena hampir sepanjang hari para karyawan melakukan aktivitas di meja kerjanya. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk mengatur dan mengoptimalkan ruangan dengan seefektif mungkin.

Dilihat dari segi psikologi, berikut beberapa langkah sederhana dan efektif untuk mengatur ruang kerja karyawan yang tepat sehingga dapat meningkatkan kebahagiaan dalam bekerja.

1. Berikan Karyawan Kebebasan untuk Mendekorasi

ruang kerja karyawan bebasMaksud dan tujuan dari cara ini adalah membuat keputusan sendiri tentang bagaimana mengatur ruang kerjamu. Penelitian menunjukkan cara ini memiliki dampak positif terhadap peningkatan produktivitas.

Studi yang dilakukan pada tahun 2010 melibatkan 47 pekerja kantor di London. Mereka diberi kesempatan untuk mengatur sebuah kantor kecil, misalnya ingin meletakkan atau menambahkan barang yang mereka inginkan.

Hasil menunjukkan produktivitas orang-orang itu lebih besar 32% daripada mereka yang tidak diberikan kesempatan tersebut. Selain itu, terjadi peningkatan komitmen mereka terhadap para atasan atau pemberi kerja.

Jika kamu memiliki karyawan, sebaiknya berikanlah kebebasan untuk berpendapat mengenai desain dan dekorasi ruang kantor. Bahkan sudah banyak perusahaan yang memberikan karyawan mereka sejumlah uang untuk mendekorasi ruangan sendiri.

2. Pilih Furnitur Bulat dan Atur dengan Baik

dekor-4Coba pertimbangkan untuk memilih tata letak dan furnitur yang berbentuk bulat daripada kotak atau persegi seperti biasanya. Membuat lingkungan baru seperti itu, dapat meningkatkan energi positif yang diketahui bermanfaat untuk kreativitas dan produktivitas.

Baca juga:  Mendesain Kamar Dengan Wall Sticker

Dalam sebuah penelitian tahun 2011, ratusan siswa melihat gambar interior ruangan. Kemudian ruang yang dipenuhi dengan furnitur bulat atau melengkung dianggap lebih menyenangkan dan menarik perhatian mereka.

Studi juga menemukan bahwa orang-orang menganggap bentuk lengkungan atau bulat lebih indah daripada persegi. Bentuk lengkung dan bulat juga memicu aktivitas di otak yang berhubungan dengan estetika.

3. Manfaatkan Warna, Cahaya dan Ruang

ruang kerja karyawanMemilih warna dan pencahayaan yang tepat untuk ruang kerja karyawan adalah salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kinerja. Warna dan tingkat cahaya memiliki efek psikologis yang berbeda satu sama lain.

Pilih warna dan pencahayaan yang sesuai dengan jenis pekerjaanmu. Warna biru dan hijau dikatakan berpengaruh untuk meningkatkan kinerja pada tugas yang membutuhkan ide-ide baru.

Sementara itu, warna merah dihubungkan dengan peningkatan performa pada pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Studi lain juga menunjukkan, ruangan yang dilengkapi dengan dimmer (pengatur) lampu mampu meningkatkan kreativitas.

Cahaya yang terang lebih kondusif untuk proses analisis dan evalautif. Tak hanya itu, ternyata ketinggian langit-langit juga terbukti memiliki efek psikologis. Sebuah studi pada tahun 2007 menemukan bahwa langit-langit yang lebih tinggi berpengaruh pada perasaan kebebasan dan pemikiran mengenai kesamaan antara sebuah objek dan konsep.

Baca juga:  Tema Dekorasi Pernikahan yang Bisa Jadi Inspirasi

4. Manfaatkan Tanaman dan Jendela

ruang kerja karyawan hijauCara mudah lainnya untuk mengoptimalkan ruang kerja karyawan adalah dengan melibatkan unsur hijau. Adanya tanaman di kantor memiliki berbagai manfaat termasuk membantu karyawan untuk “pulih” dari tuntutan pekerjaan dan menurunkan tingkat stres.

Bagian lainnya dalam ruang kantor yang perlu dioptimalkan adalah jendela dan pemandagan di luar. Alangkah baiknya jika pemandangan dari jendela kantormu adalah alam bebas.

Kamu yang bekerja di daerah perkotaan tentu jarang mendapatkan pemandangan alam. Namun pemandangan lainnya seperti pepohonan dan arsitektur gedung juga dianggap memberikan manfaat atau dampak yang sama.

5. Keuntungan Meja Berantakan

dekor-2Pada dasarnya setiap orang diharapkan untuk mengatur dengan rapi meja kerja agar bisa bekerja dengan baik dan efisien. Namun penelitian baru menemukan bahwa karyawan yang bekerja di tempat berantakan lebih imajinatif daripada mereka yang bekerja di tempat rapih.

Hal ini sesuai dengan pendapat seorang penulis buku bernama Eric Abrahamson. Ia mengatakan orang dengan meja yang sangat rapih sulit untuk menemukan ide baru, karena sistem pemikiran mereka sangat rumit. Sementara itu, seseorang juga bisa menemukan hal-hal baru di sebuah tempat yang berantakan.

Sumber:
99U: The Perfect Workspace (According to Science)

Share this

Leave a Reply

shares