was successfully added to your cart.

Perubahan Logo Perusahaan, Perlukah Itu?

By June 20, 2017Desain
perubahan logo perusahaan

Walaupun terdengar sepele, namun sebuah perubahan logo perusahaan bisa berdampak sangat besar terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan. Ada perusahaan yang tidak pernah mengganti logo mereka, namun ada juga perusahaan yang memutuskan untuk melakukan redesain logonya karena faktor-faktor tertentu.

Logo harus disesuaikan dengan perubahan zaman dan perkembangan perusahaan Anda. Bisa dibayangkan misalnya saja logo sebuah perusahaan yang dibuat pada tahun 1970an silam, apakah masih cocok hingga saat ini?

Redesain atau perubahan logo perusahaan memang tidak mudah dan bukan prioritas utama. Namun pada waktu tertentu, perubahan diperlukan untuk membentuk citra baru yang lebih baik dan menyesuaikan dengan zaman.

Sebelum memutuskan untuk redesain logo perusahaan, jawab lima hal ini terlebih dulu.

Apakah Bisnis Anda Mengalami Perkembangan Atau Perubahan?

Mungkin saja akhir-akhir ini Anda merilis beberapa produk baru atau menambahkan sejumlah karyawan ke dalam perusahaan. Jika bisnis atau perusahaan Anda mengalami perkembangan atau perubahan dalam bermacam-macam hal, ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan redesain logo.

Apakah Anda Memiliki Pesaing Baru?

Misalnya saja Anda sedang berada di puncak kesuksesan, namun tiba-tiba muncul pesaing baru dalam industri bisnis yang sama dan keberadaan mereka mengancam bisnis Anda. Jika itu terjadi, Anda bisa memilih untuk merasa terintimidasi atau malah berjuang “melawannya”.

Perubahan logo bisa membantu dengan menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda mengikuti zaman dan update sehingga bisnis Anda patut diperhitungkan.

Apakah Anda Ingin Menambah Pelanggan Baru?

Anda telah memiliki pelanggan yang loyal dan hebat, namun kini Anda harus bersiap diri untuk berhadapan dengan calon pelanggan baru. Redesain logo memungkinkan Anda untuk branding dengan citra baru yang lebih segar dan modern, menghubungkan Anda dengan calon pelanggan baru dan mempertahankan basis pelanggan yang sudah ada.

Baca juga:  Tips Desain Membuat Cover Buku yang Menarik

Apakah Visi dan Misi Perusahaan Telah Berubah?

Seiring berjalannya waktu, bisnis Anda terus berkembang secara natural. Jika Anda menyadari bahwa kepribadian bisnis Anda berubah dari awal mula berdiri, maka logo yang baru harus merefleksikan hal itu.

Apakah Logo Anda Sudah “Berumur”?

Jika logo Anda dibuat sejak tahun 1980an misalnya, maka kini waktu yang tepat untuk melakukan perubahan logo perusahaan. Selain faktor estetika yang tak lagi mengikuti perkembangan zaman, namun desain logo tersebut mungkin sudah tak sesuai dengan perangkat teknologi yang akan menampilkan logo tersebut seperti tablet, PC atau gadget lainnya.

Jika sebagian besar jawaban Anda dari pertanyaan di atas adalah “YA” maka memang dibutuhkan redesain logo untuk bisnis atau perusahaan Anda. Sebuah logo bisa sepenuhnya diubah atau hanya diperbarui sedikit saja. Namun pada dasarnya, sebuah logo baru mengandung pesan yang baru, skema baru dan mungkin saja identitas atau kepribadian baru.

Sebelum melakukan perubahan, coba jawab pertanyaan di bawah ini:

Bagian Logo Mana Yang Tak Berfungsi Dengan Baik?

Diskusikan dengan tim desainer atau ahli logo dan desain untuk menganalisa logo yang selama ini Anda miliki. Lihat apa saja bagian yang tak berfungsi dengan baik atau tak cocok dengan bisnis dan citra yang ingin dibangun.

Baca juga:  6 Elemen Desain Grafis yang Perlu Kamu Pelajari

Elemen Apa Yang Perlu Dipertahankan?

Mungkin Anda siap untuk melakukan perombakan total terhadap logo, namun sebelum melakukan dekonstruksi secara penuh, pertimbangkan elemen desain saat ini yang memang efektif. Misalnya saja warna, gaya atau kapitalisasi dan font tertentu.

Apakah Logo Saat Ini Memiliki Hubungan Kuat Dengan Basis Pelanggan?

Tantangan utama dalam mendesain ulang logo Anda adalah, hilang atau berubahnya makna dari tampilan visual yang selama ini melekat pada logo Anda.

Coba pahami bagaimana hubungan antara pelanggan dengan logo lama dan perkirakan konsekuensi yang mungkin muncul jika Anda melakukan redesain total. Apakah pelanggan akan bingung? Jika demikian apakah risiko karena perubahan logo perusahaan berani Anda ambil?

Langkah Selanjutnya Setelah Memiliki Logo Baru

Jika Anda sudah mendapatkan logo dengan desain baru, lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Untuk melengkapi perubahan logo, Anda harus bertransisi. Tentukan apakah Anda ingin menggunakan logo tersebut dalam jangka waktu tertentu, tanggal meluncurkannya, pengumuman resmi dan sebagainya. Kemudian Anda juga harus melakukan semua perubahan logo di semua platform dan kelengkapan perusahaan seperti kop surat, email, website, media sosial, LinkedIn dan sebagainya.

Sumber:
99Designs: Time for a logo redesign? Why and how to do it right

Share this

Leave a Reply

shares