was successfully added to your cart.

Pantai Paling Indah di Bali Seperti Surga Tersembunyi

By June 10, 2017Destinasi
pantai tersembunyi bali

Sejak dulu Pulau Bali sudah terkenal dengan keindahan alamnya di seluruh dunia. Pantai pasir putih, air laut jernih, ombak yang besar, pedesaan yang cantik, kebudayaan yang sangat kaya dan warganya yang sangat ramah adalah beberapa faktor utama yang menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi utama tingkat internasional.

Ada banyak sekali tempat wisata di Bali yang bisa dan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Sebut saja Pantai Kuta, Seminyak, Canggu, Jimbaran, Nusa Dua, Sanur, Ubud dan Tanah Lot. Semua tempat itu kini sudah ramai dipenuhi oleh wisatawan dan berbagai sarana seperti hotel, restoran dan bar.

10 Pantai tersembunyi di Bali…

Namun ternyata, Bali masih menyimpan banyak keindahan lainnya yang belum banyak terekspos dan diketahui. Selain beberapa pantai di atas, masih ada banyak pantai tersembunyi di Bali yang memiliki pemandangan sangat indah.

Pantai “liar” di bawah ini memiliki pemandangan luar biasa yang bisa kamu nikmati sambil merasakan sensasi petualangan yang baru.

1. Pantai Pemuteran

pantai bali pemuteranvia: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Jika kamu ingin bersantai atau snorkeling selama berjam-jam maka Pemuteran adalah pilihan yang paling tepat. Perkotaan yang berada di dekat Pemuteran masih sepi dan merupakan pusat menyelam di Bali bagian Barat Laut.

Sebagian wisatawan yang datang kesini biasanya menghabiskan waktu mereka untuk menjelajahi laut dengan snorkeling atau berenang. Tersedia beberapa hotel di dekat pantai dengan harga sewa yang cukup murah. Wisatawan juga bisa menyewa peralatan seperti kacamata renang, sepatu kodok dan bangku pantai untuk duduk di bawah rindangnya pohon-pohon kelapa.

Cara menuju Pemuteran:
Pemuteran berada di Pantai Barat Laut Bali dekat jalan pantai utama. Bisa ditempuh selama 4,5 jam dari bandara.

Waktu terbaik mengunjungi Pemuteran:
Batu karang tumbuh dekat dengan pantai sehingga memudahkan wisatawan untuk berenang, datanglah pada saat air pasang.

2. Pantai Secret Point

pantai bali secret pointvia: allhailprocrastinators.blogspot.co.id

Nusa Ceningan adalah pulau kecil yang berada di antara Nusa Lembongan dan Nusa Penida, tak jauh dari Pantai Tenggara Bali. Sebagian pulau ini dikelilingi oleh tebing, namun memiliki pantai pasir putih dengan ombak yang bagus untuk bermain selancar bernama Secret Point.

Jika kamu tidak suka berselancar, maka pantai ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai terutama pada saat air sedang surut.

Cara menuju Secret Point:
Ikuti papan petunjuk menuju Secret Point ketika berada di Nusa Ceningan. Parkir di hotel dan berjalan menurun ke arah pantai.

Waktu terbaik mengunjungi Secret Point:
Karena pantai ini sangat kecil, maka saat yang terbaik untuk datang adalah pada saat surut (banyak pasir untuk bersantai).

3. Pantai Tulamben

pantai bali tulambenvia: anythingbali.com

Area di sekitar ujung Timur Laut Bali memiliki air yang jernih dan tenang sehingga sangat cocok untuk menyelam, snorkeling dan freediving. Pantai Amed yang berada di sekitar daerah yang sama sudah biasa dikunjungi, namun Pantai Tulamben menawarkan suasana liburan yang lebih sepi dan petualangan menyelam yang luar biasa.

Tulamben merupakan pantai berbatu sehingga tidak cocok bagi kamu yang memilih pantai pasir putih dan ingin berbaring dengan santai. Namun Tulamben adalah tempat yang sangat cocok jika kamu ingin melakukan kegiatan-kegiatan aktif di Bali.

Baca juga:  Sejarah dan Filosofi Ketupat dalam Tradisi Lebaran

Cara menuju Tulamben:
Ada jalan dari Candidasa yang melewati ujung Utara Timur Bali dan akan membawa kamu langsung ke Amed dekat Tulamben. Jika kamu tidak terburu-buru, kamu bisa mengambil jalan pesisir dengan pemandangan yang sangat indah (namun sampai lebih lama).

Waktu terbaik mengunjungi Tulamben:
Visibilitas di dalam air paling baik selama musim kemarau Bali: Mei sampai September.

4. Pantai Blue Lagoon

pantai bali blue lagoonvia: pegipegi.com

Di dekat bukit Padang Bai terdapat pantai rahasia yang dikelilingi pohon palem. Pantai itu terputus dari daerah pulau lainnya karena tanjung batu vulkanik. Pantai dengan pasir yang putih sangat cocok untuk menghabiskan waktu berjam-jam di bawah sinar matahari atau di bawah teduhnya pepohonan palem.

Blue Lagoon memiliki batu karang indah yang berada di sepanjang pantai sehingga cocok sebagai lokasi untuk snorkeling menjelajahi dunia bawah laut.

Cara menuju Blue Lagoon:
Jalan ke arah Timur sepanjang jalan Pantai Padang Bai, belok kiri menuju ke bukit ketika jalan terpecah. Kemudian belok kanan ke arah area parkir ketika jalan terpecah lagi. Dua jalur yang ada di sana akan membawa kamu langsung ke Blue Lagoon.

Waktu terbaik mengunjungi Blue Lagoon:
Ombak di teluk Pantai ini selalu tenang sehingga lebih baik berenang saat pasang agar mudah menghindari karang.

5. Pantai Nyang Nyang

pantai bali nyang nyangvia: thelostguides.com

Walaupun harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit, tapi wisatawan yang datang ke Pantai Nyang Nyang dijamin tidak akan menyesal dengan keindahan alam yang diberikannya. Di dasar tebing, kamu akan melihat pasir putih yang luas, vegetasi tebing, kolam bebatuan yang indah dan pengalaman berada di pulau terpencil. Kamu harus membawa makanan atau minuman sendiri karena tidak ada satupun pedagang mengingat pantai ini benar-benar perawan dan tersembunyi.

Cara menuju Nyang Nyang:
Dari jalan utama menuju Uluwatu, belok ke Jl. Batu Nunggalan dan belok ke kiri. Dari ujung jalan ini ikuti jalan setapak ke puncak tebing dan berjalan menuruni tangga.

Waktu terbaik mengunjungi Nyang Nyang:
Saat air laut pasang adalah waktu yang cocok jika kamu ingin berenang

6. Pantai Lovina

pantai bali lovinavia: wisatanesia.co

Lovina adalah pantai dan laut yang terkenal dengan wisata lumba-lumbanya. Setengah jam sebelum matahari terbit, ada lebih dari 100 kapal yang membawa para wisatawan ke tengah laut untuk melihat lumba-lumba yang berenang cantik.

Pantai Lovina memiliki pasir vulkanik hitam dan air laut yang sangat tenang. Ketika matahari mulai terbenam, terlihat siluet gunung berapi di Pulau Jawa.

Cara menuju Lovina:
Lovina berada di Pantai Utara Bali, dekat dengan Singaraja. Ambil jalan pesisir untuk sampai kesana, atau lewat salah satu jalan indah yang melewati pusat pulau.

Waktu terbaik mengunjungi Lovina:
Pastikan kamu berada di sini sebelum matahari terbenam untuk melihat siluet gunung berapi.

7. Pantai Kelating

pantai bali kelatingvia: tribunnews.com

Setengah jam berkendara menuju ke arah Barat Laut dari Tanah Lot terdapat pantai pasir hitam yang sepi bernama Pantai Kelating. Saat air sedang pasang rendah, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar pakal tanjung ke arah Barat pantai dan menemukan teluk rahasia. Kamu juga bisa mendaki tanjung untuk melihat pemandangan indah dari samping kuil kecil bernama Pura Tegal Linggah.

Baca juga:  Tempat Nongkrong #Instagramable di Bandung

Cara menuju Pantai Kelating:
Dari Jalan Bypass Tanah Lot, ikuti rambu ke sebuah resor bernama Soori.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Kelating:
Pagi dan sore hari, serta saat air surut karena kamu bisa menjelajah lebih jauh.

8. Pantai Soka

pantai bali sokavia: longtripmania.org

Pantai ini merupakan pantai yang sangat liar. Dari jalan utama ke Gilimanuk, kamu bisa melihat sekilas Pantai Soka saat menyebrangi sungai. Di mulut sungai terdapat sebuah pulau batu kapur kecil di mana ombak menerjang di sekitarnya.

Ketika kamu berada di Pantai Soka, kamu bisa langsung melihat teluk terpencil yang dikelilingi tebing curam dan kolam batu vulkanik. Ketika diadakan upacara adat di dekat pulau mungil ini, pantai akan dipenuhi oleh warga sekitar yang mengenakan pakaian tradisional, persembahan bunga dan payung candi.

Cara menuju Pantai Soka:
Dari arah Denpasar menuju Gilimanuk ikuti jalan menurun ke arah pesisir, belok kiri dan kamu akan melihat area parkir bertuliskan “Pantai Soka”.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Soka:
Saat musim kemarau karena pada saat musim hujan laut akan berlumpur.

9. Pantai Rambut Siwi

pantai bali rambut siwivia: theguardian.com

Pantai yang berada di bawah Pura Rambut Siwi (salah satu dari tujuh Pura Laut di Bali) memiliki keindahan sama seperti Pura yang berada di dekatnya tersebut. Pasir vulkanik hitam terhampar luas dari gua di tebing bawah Pura hingga ke laut dan sepanjang pantai.

Pemandangan matahari terbenam dari yang berdampingan dengan sawah hijau luas tampak sangat indah dan fenomenal. Namun tidak disarankan kepada wisatawan untuk berenang di sini, melainkan hanya untuk berjalan-jalan dengan santai.

Cara menuju Rambut Siwi:
Ambil jalan utama dari Denpasar menuju Gilimanuk. Ramput Siwi berjarak 10 menit dengan berkendara dari Medewi (pantai berbatu yang dicintai oleh peselancar).

Waktu terbaik mengunjungi Rambut Siwi:
Pagi dan sore hari saat sejuk.

10. Teluk Brumbun

pantai bali teluk brumbunvia: anekatempatwisata.com

Pantai tersembunyi yang satu ini terkenal sangat liar, tak heran jika Teluk Brumbun sering dikunjungi oleh kadal monitor, kera hitam yang bergantungan di pohon dan rusa Menjangan yang suka mengarungi perairan dangkal.

Terdapat pantai berbatu karang di dalam batas Taman Nasional Bali yang harus kamu kunjungi di sini dan pastikan kamu mencoba snorkeling di Pulau Menjangan (lepas pantai Teluk Brumbun). Terumbu karang di sana disebut sebagai area snorkeling terbaik di Bali, bahkan dianggap menyaingi Great Barrier Reef di Australia.

Cara menuju Teluk Brumbun:
Ikuti perjalanan lima jam yang indah melalui pusat kota Bali, melewati atas gunung berapi, dan turun ke pantai Utara. Di bagian paling barat kamu akan melihat parkir Labuhan Lalang, di mana ada banyak kapal berangkat ke Pulau Menjangan. Sewa kapal dari kantor taman nasional.

Waktu terbaik mengunjungi Teluk Brumbun:
Bersiap di Labuhan Lalang jam 08.00 pagi (ketika kantor taman nasional sudah buka) untuk langsung menyewa kapal.

Sumber:
TheGuardian: The world’s best hidden beaches: Bali

Share this

One Comment

Leave a Reply

shares