was successfully added to your cart.

Panduan Modifikasi Stiker Mobil dengan Benar

By April 25, 2017Feature
modifikasi stiker mobil

Modifikasi stiker mobil merupakan hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Meskipun kamu bukan seorang yang antusias dengan mobil, namun membuat kendaraan kesayanganmu tampil beda tentunya menjadi sebuah keinginan tersendiri.

Misalnya, mempercantik interior mobil, mengganti ban dan velg, sampai memberikan motif pada body mobil menggunakan stiker. Kini modifikasi mobil dengan stiker menjadi pilihan favorit bagi para modifikator, karena relatif lebih murah, mudah, dan juga tak merusak cat mobil.

Di samping itu, ada banyak cara modifikasi mobil dengan stiker yang bisa kamu dijadikan sebagai panduan. Seperti ulasan Decodeko berikut ini.

Stiker Mobil Eksterior

stiker mobil eksteriorstiker pada body mobil dengan gambar kartun

Menggunakan cutting stiker khusus mobil dengan kualitas digital printing berkualitas, benar-benar bisa mengubah tampilan mobil kamu walaupun hanya memasang beberapa stiker kecil saja.

Stiker Lucu

Kamu bisa menambahkan unsur unik pada eksterior mobil dengan menempelkan stiker yang lucu. Ada banyak stiker lucu yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera humormu. Stiker lucu bisa berupa gambar ataupun kata-kata lucu.

Lambang Negara

Salah satu cara lainnya untuk modifikasi mobil dengan stiker adalah dengan menempelkan stiker berupa lambang negara atau instansi pemerintahan. Seperti pada mobil kedutaan, kendaraan dinas TNI/Polri.

Namun, saat ini kalangan pengguna roda empat menggunakan versi yang berbeda untuk menampilkan stiker lambang negara. Misalnya, stiker kode negara tertentu pada bagian plat mobil ataupun unsur khas suatu negara.

Garis Khas Mobil Balap

Racing Stripes atau stiker berupa garis (line) khas mobil balap ini pada dasarnya dirancang untuk membedakan mobil balap yang satu dan yang lainnya ketika berada di arena balap. Sekarang stiker jenis ini ramai diminati penggiat otomotif untuk modifikasi eksterior mobil mereka.

Baca juga:  Cara Melepas Stiker Dari Kaca Mobil

Biasanya stiker ini ditempel pada bagian tengah kap atau atap mobil dan juga bagian sisi kanan atau kiri body mobil. Pastikan pada saat akan memasang, stiker lurus dan rapi karena bentuknya yang mudah kusut dan rusak.

Stiker Wrap untuk Iklan

Beriklan menggunakan mobil sebagai medianya kini menjadi salah satu cara yang efektif. Industri periklanan saat ini sudah memanfaatkan stiker sebagai alat beriklan atau promosi. Ini menjadi salah satu cara meningkatkan brand awareness produk atau jasa mereka kepada konsumen.

Stiker mobil jenis ini bervariasi, ada yang berupa logo, nama sponsor dan informasi yang berkaitan dengan iklan tersebut. Biasanya stiker ditempel di jendela belakang dan juga pintu mobil.

Dibandingkan dengan stiker lucu yang berukuran kecil. Sesuai dengan namanya, stiker wrap akan “membungkus” body mobil secara menyeluruh. Konsep ini kemudian populer di kalangan bisnis periklanan.

Beberapa perusahaan bahkan akan membayar para pemilik mobil yang bersedia ditempeli dengan stiker wrap yang berisikan iklan mereka.

Stiker Mobil Interior

stiker interiorpada bagian dalam mobil

Stiker tidak hanya dipasang untuk bagian luar atau eksterior, melainkan juga dalam mobil atau interior. Tergantung jenis mobil, ada banyak bagian interior mobil yang bisa ditempeli dengan stiker. Misalnya, bagian dashboard mobil atau pemutar CD, serta sekitar pintu bagian dalam.

Baca juga:  9 Kota di Dunia yang Memiliki Seni Graffiti Terbaik

Stiker Kustom

Kebanyakan interior mobil memiliki ukuran, bentuk, dan kontur yang sangat berbeda. Untuk mengatasi ini, beberapa vendor menawarkan lembaran stiker kustom yang cukup besar, memungkinkan setiap pemilik mobil untuk memotong sendiri dan menyesuaikan dengan mobil masing-masing.

Sebaiknya pastikan kamu mengetahui ukuran interior mobil dengan detail serta alat-alat untuk memotong sebelum membelinya.

Stiker Jendela

Jendela menjadi tempat yang mudah untuk ditempeli stiker karena permukaannya yang datar. Namun ingat, jangan memilih stiker dengan nuansa buram karena sulit untuk ditempel pada bagian-bagian tertentu yang bisa menghalangi pandangan mata saat berkendara.

Selain itu, stiker pada kaca mobil terkadang sulit dilepas dan dibersihkan jika sewaktu-waktu kamu ingin mengganti desain stiker atau ingin menjual mobiln tersebut.

Bahan Stiker Mobil

Ketika memilih stiker mobil, penting untuk mempertimbangkan bahan dasar pembuatan stiker tersebut. Sebagian besar stiker mobil terbuat dari vinyl, tapi ada juga beberapa bahan lain yang digunakan. Perhatikan tabel berikut.

Kira-kira begitulah ulasan dari Decodeko mengenai panduan modifikasi mobil menggunakan stiker-stiker keren. Semoga informasi di atas bisa membantu dan juga bermanfaat buat kamu. Salam satu aspal!

Sumber :
eBay: Car Styling Decals Buying Guide

Share this

One Comment

Leave a Reply

shares