was successfully added to your cart.

5 Kegiatan untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

By August 15, 2017Feature
merayakan hari kemerdekaan

Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-72 yang jatuh pada hari Kamis, 17 Agustus 2017. Sebagai anak bangsa yang berjiwa nasionalisme, sudah keharusan bagimu untuk mencintai dan bangga akan tanah air tercinta ini.

Untuk itu, ada beberapa kegiatan untuk merayakan Hari Kemerdekaan yang bisa kamu lakukan sebagai wujud cinta tanah air. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Mengikuti Upacara Bendera

Setiap tahunnya pada pagi hari tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia bersiap untuk mengikuti upacara bendera baik di sekolah, kantor, perumahan hingga Istana Negara. Ratusan rakyat Indonesia yang ingin mengikuti upacara bersama dengan Presiden RI dan melihat berkibarnya bendera merah putih bahkan rela berpanas-panasan di luar lapangan Istana Negara.

Upacara yang dipimpin oleh Presiden RI ini kemudian disiarkan secara langsung melalui televisi. Hal menarik yang selalu dinantikan selain pengibaran bendera adalah penampilan dari pasukan Paskibraka Nasional yang terdiri dari puluhan putra dan putri bangsa terpilih yang berasal dari banyak daerah di Indonesia.

Baca juga:  8 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Angpao Imlek

2. Lomba 17an

Setelah upacara selesai, masyarakat Indonesia kemudian mengikuti tradisi lainnya yaitu lomba 17an. Ada beberapa lomba yang biasa diadakan seperti lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, tarik tambang dan masih banyak lagi.

Lomba yang paling banyak dinantikan dan menarik perhatian adalah panjat pinang. Peserta lomba harus memanjat pohon pinang tinggi tanpa bantuan alat apapun dan bekerja sama mengambil hadiah yang ada di bagian puncak.

3. Napak Tilas Kemerdekaan

Untuk mengingatkan bangsa Indonesia akan perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan, banyak organisasi termasuk pemerintah daerah yang melakukan napak tilas.

Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjelajahi tempat-tempat bersejarah yang berhubungan dengan kemerdekaan. Misalnya saja di Jakarta, peserta akan bersama-sama naik sepeda atau berjalan kaki mengelilingi beberapa museum seperti Museum Deklarasi Kemerdekaan, Monumen Proklamasi dan Museum Pertempuran.

4. Menonton Film Sejarah

Film sejarah kemerdekaan sering ditayangkan pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya untuk membangkitkan kebanggaan dan patriotisme nasional. Menonton film sejarah juga bisa memberikan bayangan dan ingatan akan kerasnya perjuangan yang harus dilakukan oleh para pahlawan demi kemerdekaan negara Indonesia.

Baca juga:  7 Tradisi Imlek di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Beberapa film sejarah kemerdekaan yang bagus untuk kamu saksikan di antaranya adalah Soekarno, Tjoet Nja’ Dhien, Jenderal Soedirman, Battle of Surabaya, Soegija, dan Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

5. Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

Ada banyak cara untuk menunjukkan cinta kita pada negara Indonesia, dan salah satunya adalah dengan mengadakan gotong royong atau kerja bakti membersihkan lingkungan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk atau ungkapan terima kasih dan cinta terhadap (lingkungan) Indonesia serta bertujuan meningkatkan silahturahmi dan hubungan antar warga.

Sumber:
TheWallStreetJournal: 5 Things To Do To Celebrate Indonesia’s Independence Day

Share this

Leave a Reply

shares