was successfully added to your cart.

4 Alasan Kenapa Harus Beralih ke Menu Board Digital

By May 4, 2017Uncategorized
menu board digital

Banyak orang mungkin masih kurang mengenal apa itu menu board digital. Secara sederhana, menu board digital adalah papan menu digital atau layar digital yang biasa kamu temui pada restoran cepat saji, seperti McDonald’s. Layar-layar digital ini berisi informasi menu makanan, harga, hingga promo spesial.

Menu board digital sudah mulai digunakan di beberapa tempat bisnis, pusat keramaian dan tempat hiburan. Gerai-gerai restoran cepat saji mengganti menu board konvensional mereka menjadi digital yakni untuk memberikan pengalaman yang berbeda kepada konsumen ketika memesan makanan.

Berikut empat alasan kenapa harus beralih ke menu board digital:

1. Meningkatkan Penjualan

Perlu diingat bahwa menu board digital bukan hanya sebuah layar statis biasa. Teknologi ini mampu untuk menarik perhatian konsumen dan meningkatkan daya jual suatu produk. Konten yang kreatif menjadi salah satu daya tarik tersendiri dan memberikan suasa baru kepada konsumen.

Contohnya seperti ini:

Katakanlah restoran milikmu akan mengadakan promo di jam-jam tertentu. Kamu bisa atur pada menu board digital untuk menampilkan info tersebut di layar, yang dimaksud untuk “memancing” pelanggan agar aware dan mengikuti promo itu.

Misalnya, kamu akan memberikan diskon sebesar 50% di jam 12.00, maka pasang promo dan timer (hitung mundur) mulai dari pagi. Dengan begitu setiap pelanggan yang datang akan melihat dan bisa jadi mereka akan kembali lagi bersama teman-temanya untuk ikut mengantri.

Baca juga: 9 Manfaat menggunakan digital signage bagi bisnis ritel

2. Mudah Terintegrasi

Salah satu keunggulan dari menu board digital adalah kemampuannya untuk terintegrasi dengan sistem POS (Point Of Sales). Sebagai contoh, ketika persediaan atau stok suatu menu habis, maka sistem POS dapat mengirimkan informasi ke menu board untuk secara otomatis menghapus menu tersebut dari layar.

Dengan demikian pelanggan dapat melihat informasi tersebut, mana menu yang masih tersedia untuk mereka pesan dan mana menu yang sudah habis. Selain itu, terintegrasinya POS dengan menu board digital berguna ketika adanya perubahan harga atau menu terbaru.

3. Mengurangi Waktu Tunggu

Penggunaan menu board digital nggak hanya untuk penempatan di dinding yang bisa dilihat banyak orang saat mengantri. Layar digital ini juga dapat digunakan sebagai pengganti buku menu konvensional. Menu board berupa tablet yang ada di setiap meja restoran berguna untuk memesan makanan dari meja tanpa harus mengantri.

Pelanggan yang menunggu pesanan tiba bisa mengusir kebosanan dengan memainkan tablet tersebut (biasanya tablet menu dilengkapi dengan aplikasi games). Kamu juga bisa memasukkan iklan promo di dalam tablet tersebut.

Semakin banyak gambar iklan menarik yang dimasukkan dalam tablet, maka semakin besar kemungkinan pelanggan menambah pesanan mereka berdasarkan apa yang dilihat.

4. Update Menu Lebih Cepat dan Mudah

Biasanya menu sebuah restoran berganti setiap waktunya, terutama mereka yang menawarkan menu sarapan, makan siang dan makan malam yang berbeda. Menu board digital memungkinkan kamu memperbarui menu ataupun informasi lainnya dengan cepat dan mudah.

Tak hanya bisa melakukan perubahan pada menu, tapi kamu juga dapat menambahkan menu baru, menghapus yang lama dan mengganti pembaruan harga.

Kesimpulan

Menu board digital mengubah cara orang berinteraksi dengan bisnis. Papan digital ini memberikan pengalaman yang menyenangkan kepada konsumen, membuatnya lebih baik dengan proses yang sederhana.

Perlu diingat, ada banyak manfaat yang akan kamu dapat dengan beralih ke menu board digital. Seperti biaya untuk mendesain, mencetak dan mengganti menu lama secara manual sudah tidak perlu lagi.

Sumber:
SkyKit: 4 Reasons to Go With Digital Menu Boards

Share this

Leave a Reply

shares