was successfully added to your cart.

Cara Memilih Warna Logo Yang Tepat

By February 20, 2017Feature
Memilih Warna Logo

Pikiran manusia sangat responsif terhadap rangsangan visual, dan warna merupakan salah satu faktor pendukung hal tersebut. Secara sadar maupun tidak, warna memiliki kemampuan untuk menyampaikan pesan tersendiri. Oleh karena itu, setiap desainer harus memanfaatkan psikologi warna untuk membawa “cerita” dalam memilih warna logo untuk desain mereka.

Penggunaan warna dapat membawa banyak makna terhadap setiap orang yang melihatnya. Sebuah perusahaan harus menyadari dan menggunakan pemahaman warna tersebut ketika merancang desain logo mereka.

Setiap warna, termasuk hitam dan putih, memiliki implikasi untuk desain logo. Sebagai desainer, kamu harus memilih warna dengan hati-hati untuk meningkatkan unsur-unsur tertentu dari logo sehingga membawa pesan yang sesuai.

Secara umum, warna-warna cerah dan berani mampu menarik perhatian orang lain namun terkadang bisa memicu aura negatif. Sedangkan warna-warna hangat menyampaikan pesan yang bernuansa modern namun memiliki kecenderungan untuk diabaikan orang lain karena tak menarik perhatian.

Secara lebih khusus dan detail, setiap warna memiliki maknanya tersendiri pada setiap kelompok masyarakat. Bahkan ada beberapa logo yang memiliki makna tersembunyi didalamnya.

Merah

Warna merah menyiratkan gairah, energi, bahaya dan kehangatan. Penelitian menunjukkan bahwa warna merah merangsang nafsu makan. Karena itulah banyak restoran dan logo produk makanan yang menggunakan warna ini.

Baca juga:  Inilah Fakta Menarik Seputar Tahun Baru Imlek

Oranye

Warna oranye banyak dianggap sebagai warna yang mampu mendorong inovasi dan pemikiran modern. Oranye juga membawa nuansa muda, keseruan dan keterjangkauan.

Kuning

Hati-hati menggunakan warna kuning karena mengandung beberapa konotasi negatif. Misalnya seperti sikap pengecut dan penggunaannya pada berbagai papan tanda peringatan atau signage. Namun kuning adalah warna yang cerah dan diyakini mampu merangsang nafsu makan seperti merah.

Baca juga:

Hijau

Penggunaan warna hijau pada logo umumnya dilakukan ketika sebuah perusahaan ingin menekankan aspek atau unsur alam mengenai jati diri mereka. Contohnya saja logo produk makanan organik dan vegetarian. Warna ini juga dikaitkan dengan unsur pertumbuhan, kesegaran dan finansial atau keuangan.

Biru

Warna biru merupakan salah satu warna yang paling banyak digunakan pada logo perusahaan. Alasannya adalah karena warna biru memiliki makna profesionalisme, keseriusan, ketulusan dan tenang. Biru juga berhubungan dengan aspek otoritas dan kesuksesan.

Ungu

Warna ungu melambangkan kekayaan dan kemewahan. Ungu telah lama dikaitkan dengan agama karena menyiratkan kebijaksanaan dan martabat.

Hitam

Warna ini memiliki “kepribadian” ganda. Di satu sisi, hitam melambangkan kekuatan dan kecanggihan, sementara di sisi lainnya warna ini dikaitkan dengan kejahatan dan kematian.

Baca juga:  Tips Memasang Stiker Mobil Tanpa Gelembung Udara

Putih

Umumnya putih dikaitkan dengan kemurnian, kebersihan kesederhanaan dan kenaifan. Dalam istilah praktis, logo berwarna putih digunakan dengan latar belakang penuh warna sehingga akan menarik perhatian.

Banyak perusahaan yang membuat logo versi berwarna dan logo versi putih. Hal ini dilakukan untuk penggunaan di latar belakang yang berbeda-beda.

Cokelat

Warna ini memiliki konotasi maskulin dan sering digunakan untuk roduk yang terkait dengan kehidupan pedesaan dan di luar rumah.

Pink

Warna merah muda ini bermakna menyenangkan dan “genit”, karena itulah selalu digunakan untuk produk perempuan.

Keterangan makna tersebut tidak harus secara ketat diikuti, kamu bebas menggunakan warna apapun untuk logomu. Namun kamu bisa mempertimbangkan penjelasan warna tersebut ketika mau membuat keputusan. Perhatikan dampak keseluruhan yang akan diterima konsumen.

Pemilihan warna pada logo sangat penting, tidak jarang banyak logo yang memiliki biaya pembuatan cukup mahal, bahkan diluar perkiraan.

Sumber : http://www.creativebloq.com/branding/choose-colour-logo-design-8133973

Share this

One Comment

Leave a Reply

shares