was successfully added to your cart.

Cara Mudah Membuat Desain Stiker Die Cut

By April 15, 2017DIY
membuat desain stiker die cut

Hampir semua orang menyukai stiker, terutama stiker dengan desain yang lucu dan keren. Namun bukan berarti kamu harus menempelkan stiker berbentuk kotak atau bulat biasa. Ada beberapa jenis stiker, dan yang populer dikalangan masyarakat yaitu stiker die cut (die cut sticker) dan kiss cut sticker.

Stiker die cut adalah sebuah stiker yang dipotong mengikuti gambar stiker tersebut. Dengan begini stiker akan semakin menarik untuk dilihat dan digunakan. Jika kamu tertarik untuk mencoba sendiri membuat desain stiker die cut, ikuti tips berikut ini.

1. Siapkan Dokumen

membuat desain stiker bahanPilih jenis dokumen yang ingin dicetak dalam mode CMYK dan 300dpi. Ukuran akan tergantung dari apa yang akan kamu gambar dan seberapa besar ukuran yang dibutuhkan. Kemudian mulailah merancang gambar stiker sesuai keinginan masing-masing.

Setelah desainmu selesai, kamu harus membuat bleed (ruang lebih pada desain agar gambar tidak terpotong ketika proses cetak) untuk nantinya digunakan sebagai batas potong.

2. Buat Bleed

membuat desain stiker bleedKarena stiker die cut membutuhkan tepi untuk dipotong saat proses pencetakan, maka kamu harus membuat bleed setidaknya sebesar 3mm di seluruh tepi stiker (mengikuti bentuk gambar). Cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan meng-copy paste gambar dan menempatkannya tepat di atas desain yang sudah ada.

Baca juga:  Kreasi DIY Toples Bekas

Setelah membuat salinan gambar, gabungkan semua elemen dengan mengklik Pathfinder dan pilih Unite. Klik gambar lalu pilih Object > Path > Offset path untuk membuat area bleed.

Atur dengan ukuran 3mm atau 25in dan pilih Join untuk mengikuti bentuk gambarnya. Setelah garis batas sudah terbuat, Select layer tersebut dan tempatkan pada gambar asli.

3. Buat Cutting Path

membuat desain stiker cutting pathCutting path dibuat sesuai dengan desain yang kamu buat untuk nantinya dipotong pada saat proses pencetakan. Gunakan layer bleed untuk dijadikan cutting path, kemudian save menjadi dokumen yang berbeda untuk nantinya diberikan kepada pihak percetakan.

Cutting path berfungsi agar mesin cetak dapat membaca pola potongan gambar yang diinginkan.

Gimana, membuat desain stiker ternyata nggak susah kan? Setelah ini, dua file jadi tersebut bisa kamu gunakan untuk keperluan cetak. Sebaiknya cetak stiker di tempat yang memang melayani digital printing untuk mendapat hasil cetak yang bagus.

Sumber:
99Designs: How to design a die cut sticker

Share this

Leave a Reply

shares