was successfully added to your cart.

Tips Desain Membuat Cover Buku yang Menarik

By January 16, 2018Desain
tips desain membuat cover buku

Tidak hanya isi di dalamnya, faktor lain yang mampu menarik perhatian pembaca dari sebuah buku adalah desain cover buku itu sendiri. Jangan anggap remeh, tidak mudah untuk membuat cover buku yang menarik dan relevan dengan isi buku.

Jika kamu berprofesi sebagai desainer grafis dan sedang mendapat proyek membuat cover buku, perhatikan lebih dulu beberapa hal di bawah ini:

1. Format

Tanya kepada penulis, berbentuk seperti apa buku yang akan diterbitkan nanti. Apakah berupa buku fisik saja, eBook atau keduanya? Hal ini akan mempengaruhi desain dan penggunaan warna ketika buku dicetak atau diterbitkan secara online.

Jika buku tersebut akan dicetak, cari tahu mengenai ukuran dan formatnya. Yang dimaksud format di sini adalah paperback, hardback atau casebound. Hardback misalnya, bisa dibuat dengan mencetak gambar langsung pada bahan yang digunakan.

Penulis bisa saja berkeinginan untuk mencetak buku dengan ukuran yang sesuai keinginan mereka, namun lebih baik pikirkan ukuran terbaik yang cocok untuk buku tersebut. Semakin kecil potongan buku maka akan semakin sedikit pula jumlah kata yang bisa dicetak di setiap halaman.

2. Copy

Bagian ini meliputi front copy, back cover copy, biodata penulis, endorsement dan juga iklan jika ada.

3. Grafis

Semua desain cover buku pasti mengikutsertakan penggunaan elemen grafis di dalamnya baik berupa teks atau gambar, termasuk logo penerbit hingga barcode.

4. Anggaran

Penulis maupun desainer harus bersama memikirkan tentang budget yang diperlukan selama proses pembuatan desain cover. Beberapa keperluan yang berhubungan dengan budget di antaranya font license, stock images, barcode dan sebagainya.

5. Proses Pembuatan Desain Cover Buku

Pahami Elemen yang Terkandung dalam Cover Buku

Pada umumnya, desain cover buku terdiri dari tiga bagian, yaitu cover depan, cover belakang dan penghubung antara dua bagian tersebut.

Baca juga:  Cara Membuat Stiker Brand untuk Bisnis Online

Bagian paperback ditempel dengan kertas cover berukuran sama, sementara itu halaman hardback akan dijahit atau ditempel pada karton yang kemudian dilapisi dengan kain atau kertas. Ingat, kertas penutup atau pembungkus mencakup lipatan di kedua sisinya.

Selanjutnya, cover buku juga memiliki bagian endpapers, yakni kertas cover yang ditempelkan hingga ke bagian dalam cover utama buku.

Riset Pasar

Setiap jenis buku membutuhkan jenis cover yang berbeda pula. Misalnya, buku fiksi lebih cocok dengan gaya cover paperback sementara biografi lebih cocok dengan penggunaan hardcover. Jangan lupa untuk menyesuaikan harga pembuatan cover dengan harga buku yang akan dijual nantinya.

Gambaran Besar Cover yang Diinginkan

Bicarakan dengan penulis mengenai keinginan mereka sendiri untuk cover buku yang akan dibuat. Cari sebanyak mungkin referensi contoh cover buku yang disukai, termasuk desain, gaya dan jenis kertas atau bahan yang dipakai.

Setelah itu, buat list berisi apa saja hal yang Anda dan penulis suka atau tidak suka. Daftar ini akan menjadi pedoman atau gambaran Anda mengenai cover buku yang akan dihasilkan nanti.

Cari Tahu Faktor Apa yang Harus Ditekankan dalam Desain

Pikirkan beberapa hal mengenai desain cover buku yang akan kamu buat dengan rencana pemasaran yang akan dilakukan, seperti:

  • Apa elemen yang bisa membuatnya unik?
  • Apa yang bisa membuat pembaca mau membaca buku itu?
  • Seperti apa karakter buku itu?
  • Bagaimana gaya penulisannya?

Ada kemungkinan si penulis akan membuat sekuel buku tersebut sehingga pikirkan juga tentang seperti apa desain yang harus dibuat agar bisa relevan dengan brand yang ingin dibangun.

Pilih Grafis dan Font

Tidak ada batasan dalam membuat cover buku. Penulis dan desainer bisa berimajinasi apapun ketika mendesain cover.

Baca juga:  Kumpulan Stiker Keren untuk Para Traveler

Namun di sisi lain, hal tersebut juga bisa menjadi tantangan tersendiri karena ada banyak sekali pilihan yang tersedia. Kamu bisa mendesain dengan menggunakan foto, ilustrasi, abstrak, doodle hingga ke pemilihan jenis-jenis font modern.

Pertimbangkan pesan seperti apa yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca buku. Contohnya, tipografi yang lembut sering digunakan dalam buku fiksi perempuan, sementara itu foto-foto vintage sering dipilih untuk desain cover buku sejarah.

Selain itu, hati-hati menggunakan free image yang tersedia secara online karena dapat berujung pada penggunaan gambar yang sama dengan cover buku lainnya. Hal ini juga berlaku untuk font.

Perhatikan Feedback yang diberikan

Terkadang sebuah cover yang bagus tidak cocok untuk buku itu sendiri. Semakin banyak orang yang melihat dan menilai desain cover itu, maka semakin banyak pula kesempatan kamu mendapat masukan yang dibutuhkan.

Dari feedback yang ada, dapat terlihat apakah cover tersebut sudah berhasil menyampaikan pesan yang diinginkan.

Cari Tahu Kemampuan Printer

Setelah kamu selesai membuat desain cover buku, maka hal terakhir yang harus dilakukan adalah melihat kemampuan printer yang akan digunakan untuk mencetak cover tersebut.

Umumnya printer akan lebih mudah membaca dan mencetak file PDF berkualitas tinggi, ada juga yang meminta format .ai atau .eps. Semua warna yang akan dicetak harus dalam format warna CMYK cyan, magenta, yellow, and key atau black).

Pada mesin printer ada banyak pilihan yang tersedia untuk mencetak berbagai keperluan. Misalnya, mencetak kertas yang agak tebal, stamping foil, varnishing, emboshing dan sebagainya.

Sumber:
99designs: How to design a book cover: the ultimate guide

Share this

Leave a Reply

shares