was successfully added to your cart.

Cara Melepas dan Membersihkan Stiker

By May 25, 2016Uncategorized
Membersihkan stiker

Menempel stiker mungkin adalah hal yang mudah namun tidak semua stiker akan mudah untuk dilepas dan dibersihkan. Terkadang stiker yang dilepas akan meninggalkan bercak putih dan ada juga stiker yang sangat lengket dan sulit dilepas. Berikut beberapa cara untuk melepas & membersihkan stiker dengan memanfaatkan berbagai peralatan sederhana.

Berdasarkan permukaan stiker menempel:

Berdasarkan alat untuk melepas stiker:

Cara Membersihkan Stiker

 1. Menghilangkan stiker mobil

Stiker pada mobil(bumper sticker) tidak ada bedanya dengan stiker lain. Yang membedakannya adalah ketika stiker ini sudah terlalu lama merekat pada permukaan mobil maka akan semakin sulit untuk dilepaskan.

Hal ini karena stiker yang tertempel pada permukaan mobil sudah terkena panas matahari dan menjadi semakin “menyatu” dengan permukaan dan cat mobil.

Untuk melepaskannya kamu membutuhkan beberapa peralatan dan langkah khusus, seperti hair dryer, kartu atm bekas, penghilang lem, WD-40, kain dan air.

Baca selengkapnya: Cara melepas stiker mobil yang lengket
Baca selengkapnya: Cara melepas stiker dari kaca mobil

 2. Menghilangkan stiker motor

Pengguna motor sering memanfaatkan stiker/striping motor untuk memodifkasi kendaraan miliknya dibandingkan dengan menggunakan cat karena berbagai alasan. Misalnya, menggunakan striping jauh lebih murah dan lebih cepat, serta bisa lebih mudah diganti.

Menempel stiker motor adalah hal yang sederhana, namun bagaimana ketika kamu harus melepasnya dengan benar tanpa meninggalkan bekas? Sebaiknya jangan sembarangan melepas stiker/striping motor, karena beresiko membuat goresan atau lecet pada cat motor.

Pelajari cara membersihkan stiker motor berikut ini :

  • Semprotkan stiker dan bagian sekitarnya dengan WD40 dan diamkan untuk beberapa saat.
  • Panaskan dengan hair dryer. Panas dari angin hair dryer menyebabkan cat stiker menjadi lunak sehingga akan lebih mudah untuk dilepas.
  • Selagi stiker memanas, permukaannya akan terasa lebih lentur. Ketika hal itu terjadi, coba panaskan lagi ke arah pinggir stiker. Jika stiker mulai melunak, turunkan panasnya dan lepaskan secara perlahan.
  • Saat stiker sudah mulai lepas, hapus sisa perekat atau lem dengan WD40. Kemudian gunakan kain bersih untuk menghapus residu yang tertinggal.

 3. Membersihkan stiker pada laptop

melepas-stiker-laptopLaptop/notebook biasanya selalu dihiasi dengan stiker saat baru dibeli. Atau kamu membeli laptop bekas yang sudah ditempeli stiker tapi ingin melepasnya. Bagi yang tidak terlalu suka penampilan laptop mereka karena terlalu ramai tempelan stiker, mengurangi aksesoris tambahan ini mungkin perlu dilakukan.

Melepas stiker laptop bisa menjadi hal yang mudah, tapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya. Jika salah, justru bisa meninggalkan bekas permanen pada permukaan laptop.

Baca selengkapnya: Cara melepas stiker laptop

 4. Membersihkan stiker di permukaan kayu

Memiliki furniture kayu memerlukan perawatan ekstra, apalagi jika ada banyak stiker yang menempel, seperti pada meja, lemari, pintu dan semua furnitur kayu lainnya. Dengan cara yang tepat, membersihkan stiker pada permukaan kayu dapat dilakukan dengan mudah tanpa merusak lapisan kayu itu sendiri. Berikut hal yang perlu kamu perhatikan:

Periksa dengan teliti

Petama-tama periksa kondisi stiker yang menempel mulai dari bahan dan tingkat kerekatannya. Lalu perhatikan juga lapisan permukaan kayu furniture, untuk memutuskan teknik apa yang akan digunakan.

Bersihkan dengan alat

Jika stiker yang menempel cukup banyak, sangat disarankan untuk menggunakan alat pengikir. Kamu juga bisa  menggunakan bahan plastik seperti kartu kredit yang kadaluarsa. Tapi pastikan proses ini dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak lapisan kayu.

Bersihkan sisa stiker

Untuk membersihkan sisa stiker yang masih menempel gunakan kain katun dengan tambahan cairan WD40 atau minyak sayur/goreng. Minyak boleh dioleskan langsung pada permukaan kayu yang sudah di pernis, jika belum akan meninggalkan noda. Gosok kayu dengan kain sedikit demi sedikit dan selalu perhatikan permukaan kayu saat melakukan ini.

Jika sisa stiker sudah terlepas semua, bersihkan permukaan kayu dengan kain bersih.

 Cara Melepas Stiker

 1. Melepas stiker dengan cuka

Kalau susah menggunakan cairan kimia untuk melepas stiker, coba gunakan sesuatu yang lebih sederhana dan bisa ditemukan di dapur, yaitu cuka. Gunakan kuas atau tisu untuk membubuhkan cairan cuka. Lakukan dengan sangat lembut dan secukupnya.

  • Biarkan cairan cuka membasahi stiker selama kurang lebih lima menit
  • Lap hingga mengering dan tarik stiker pelan-pelan hingga terlepas

Jika bahan dan perekat stiker tidak kuat maka hal ini mudah dilakukan. Selain itu, cara ini akan menghemat uang karena tidak perlu perlu membeli cairan seperti WD40.

 2. Membersihkan stiker dengan WD-40

Jika cairan cuka juga masih belum mempan untuk melepaskan stiker yang menempel, mungkin kamu bisa mencoba cairan WD-40 yang lebih ampuh. Cairan WD-40 juga bisa digantikan dengan cairan korek gas. Tuang sedikit cairan WD-40 pada kain lap. Oleskan pada sudut stiker.

Lalu perlahan kelupas bagian sudut stiker dengan kuku atau kartu atm. Jangan menggunakan silet karena bisa merusak permukaan. Setelah stiker terlepas bersihkan permukan yang sebelumnya ditempeli stiker.

Baca selengkapnya: Cara melepas stiker dengan cairan WD-40

 3. Melepas stiker dengan minyak kayu putih

Jika cairan WD-40 dirasa kurang terjangkau, mungkin kamu bisa menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan dan kantong. Manfaatkan minyak kayu putih yang ada dirumah kamu untuk melepas stiker.

Caranya cukup gampang, cukup gunakan kain lap dan tuangkan minyak kayu putih secara perlahan pada permukaan stiker lalu gosok dan ratakan. Biarkan sampai cairan minyak kayu putih meresap kebalik perekat stiker lalu perlahan akan lepas sendiri. 

Jika masih belum terlepas, jangan gunakan silet, cutter atau benda tajam lain jika stiker ditempel pada body mobil atau motor. Gunakan hairdryer seperti yang dijelaskan sebelumnya untuk membantu stiker lepas.

 4. Melepas stiker dengan hair dryer

Biasanya alat elektronik atau gadget baru yang kamu beli ditempeli dengan stiker yang sulit dilepas. Atau bisa saja kamu punya adik kecil yang menempelkan stiker pada tempat yang tidak semestinya. Hal ini mengganggu karena stiker sangat sulit untuk dilepas dengan bersih tanpa meninggalkan bekas.

Jika semua cara sudah dicoba, termasuk menggunakan cairan khusus tapi belum juga berhasil. Mungkin hair dryer (pengering rambut) bisa jadi alternatif yang harus dicoba. Tapi ingat cara ini hanya bisa dilakukan untuk melepas stiker dari permukaan yang tahan panas saja. Jangan gunakan metode ini pada permukaan berbahan seperti plastik karena bisa meleleh.

Yang dibutuhkan adalah satu unit hair dryer, berikut caranya:

  • Arahkan hair dryer yang sudah dinyalakan ke sudut stiker
  • Setelah kurang lebih sekitar 45 detik, biasanya stiker akan terlepas secara perlahan
  • Jika belum terlepas, coba panaskan selama 45 detik lagi

Mudah atau tidaknya stiker terlepas tergantung tingkat kerekatan, bahan stiker dan juga permukaan benda yang ditempeli stiker. Cara ini bisa mengurangi sisa-sisa lem dari stiker pada permukaan barang. Jika masih ada yang tertinggal coba gunakan sedikit air sabun atau cairan gas Zippo untuk membersihkannya.

Jika kamu suka menggunakan stiker tapi malas untuk membersihkannya, kamu bisa membeli stiker dengan bahan vinyl seperti produk Decodeko. Semua stiker Decodeko terbuat dari bahan vinyl berkualitas tinggi yang tak akan meninggalkan bekas lem atau residu ketika dilepas.

Share this

2 Comments

Leave a Reply

shares