was successfully added to your cart.

5 Cara Melepas Stiker yang Menempel pada Kayu

By April 10, 2017Feature
melepas stiker pada kayu

Salah satu media yang sering dijadikan tempat untuk ditempeli stiker adalah furnitur atau perabot kayu. Misalnya saja stiker yang ditempelkan di meja, lemari, pintu kamar, rak buku, gitar dan sebagainya. Semakin lama stiker itu tertempel, maka akan semakin sulit juga untuk melepas dan membersihkannya.

Jika kamu ingin dengan mudah melepas dan membersihkan stiker di furnitur kayu, maka yang kamu butuhkan adalah proses pemanasan dan pelarut alami yang bisa digunakan untuk hampir semua jenis kayu. Coba praktekkan beberapa cara sederhana melepas stiker pada kayu di bawah ini:

Cabut dengan Kuku

melepas stiker kayuGunakan kuku untuk melepas bagian ujung stiker dan lanjutkan sampai bagian lainnya ikut terlepas. Hati-hati dan perhatikan agar jarimu tidak terkena serbuk kayu yang dapat membuat luka.

Gosok Sisa Residu

Melepas stiker pada kayu memang sedikit sulit, kamu harus gosokkan jari berulang kali ke sisa lem atau residu stiker. Tergantung dari jenis lem yang digunakan, residu bisa tergulung kemudian terlepas dengan mudah.

Baca juga:  Makna 15 Hari Perayaan Tahun Baru Imlek

Baca juga: Cara melepas dan membersihkan stiker yang benar itu seperti ini

Panaskan dengan Hair Dryer (Pengering Rambut)

Hair Dryer pada stikerPanaskan sisa stiker yang lengket dan residu yang masih tertempel dengan hair dryer. Pegang dan arahkan hair dryer beberapa centimeter dari atas stiker. Untuk stiker berukuran besar, panaskan bagian tengah dulu untuk melembutkan lem kemudian arahkan ke bagian samping secara bergantian selama 10-15 detik.

Longgarkan Stiker dengan Ujung Tumpul Pisau

Gunakan sisi tumpul pisau untuk melonggarkan bagian sudut stiker. Pastikan kamu tak menggunakan bagian yang tajam karena berisiko merusak perabot kayu. Jika sudut stiker sudah terangkat, maka terus dorong pisau ke arah dalam sampai stiker terlepas.

Tambahkan panas dari hair dryer untuk semakin melonggarkan stiker pada kayu. Terus nyalakan dan arahkan hair dryer ke stiker sampai semua bagian stiker terangkat dengan bersih.

Tuangkan Air Cuka

cukaTuang sedikit cuka ke tisu tebal atau kain serbet untuk membersihkan residu stiker. Letakkan tisu atau kain yang sudah basah dengan cuka tepat di atas stiker selama 15 – 20 menit. Kemudian gunakan tisu atau kain tersebut untuk menggosok residu stiker sampai bersih.

Baca juga:  5 Kegiatan untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Nah sekarang kamu jadi tau kan bagaimana cara melepas stiker yang menempel pada perabot kayu. Biar makin nambah wawasan nih, kamu juga harus tau cara melepas stiker laptop yang benar itu seperti apa.

Sumber:
Hunker: How to Remove Stickers From Wood

Share this

Leave a Reply

shares