was successfully added to your cart.

9 Manfaat Implementasi Digital Signage Bagi Bisnis Ritel

By May 2, 2017Signage
manfaat digital signage

Ketatnya persaingan bisnis memang tak bisa dipungkiri, semakin maraknya bisnis perhotelan, restoran, tempat hiburan, bank, bandara hingga gedung perkantoran. Mendorong pelaku bisnis berlomba-lomba menghadirkan pelayanan dan promosi terbaik mereka kepada konsumen.

Untuk memberikan kemudahan dalam bentuk informasi dan pelayanan, saat ini banyak retailer yang memanfaatkan digital signage sebagai sarana penyampaian informasi yang efektif dan efisien.

Menggunakan digital signage dalam bisnis ritel sebaiknya direncanakan secara matang, karena akan banyak tantangan-tantangan dalam pengaplikasian digital signage untuk menambah pengalaman konsumen ketika melihat informasi tersebut.

Berikut 9 manfaat digital signage untuk diterapkan pada bisnis ritel.

1. Memberikan Informasi dan Edukasi

Digital signage bisa menjadi alat penyampaian informasi sekaligus edukasi yang baik. Tidak seperti media iklan statis, digital signage mampu menampilkan konten visual satu arah (pemberi informasi ke masyarakat) ataupun informasi dua arah (pemberi informasi ke dan dari masyarakat).

Dengan memanfaatkan teknologi interaktif, informasi akan lebih efektif dibandingkan dengan media promosi konvensional seperti poster atau flyer.

2. Konten yang Lebih Kaya

Sebelum adanya revolusi digital, diperlukan biaya besar jika sebuah bisnis ingin menambahkan konten gambar, video, audio dan animasi ke media promosi mereka.

Namun, dengan media digital seperti layar elektronik ini mampu dengan mudah dan ekonomis menampilkan gambar, video, audio bahkan konten online sekalipun.

3. Mudah Disesuaikan

Menjadi salah satu manfaat digital signage yang cukup dirasakan, di mana kamu bisa menyesuaikan jenis konten yang ingin kamu tampilkan ke publik. Hal ini memungkinkan kamu berkomunikasi secara langsung dengan target audience yang tepat sasaran di waktu yang tepat.

Baca juga:  3 Keuntungan Utama Menggunakan Digital Signage

4. Konten Dapat Digabungkan Secara Bersamaan

Seringkali tim marketing ingin mengirimkan konten promosi secara nasional ke masing-masing lokasi, maka setiap lokasi yang menerima pembaruan konten dapat langsung mengubah konten mereka. Konten yang dikirim bisa spesifik dan berbeda untuk setiap tempat.

5. Lebih Menarik dan Mudah Diingat

Jika kamu sering pergi ke mall atau tempat hiburan, dapat dipastikan kamu pernah melihat digital signage. Secara tak sadar kamu pun menoleh ke layar digital signage tersebut.

Ternyata dari penelitian yang dilakukan Indiana University dan Point of Purchasing Advertising International (POPAI), menyimpulkan bahwa manusia 5-10 kali lebih tertarik dengan media dinamis dibandingkan statis, dan 2-5 kali lebih mungkin mengingat pesan tersebut.

6. Mengalihkan Waktu Tunggu Pelanggan

Layar dari digital signage yang ditempatkan secara strategis dengan tampilan konten yang informatif akan membantu target market yang tepat. Misalnya, manfaat digital signage (menuboard digital) pada restoran cepat saji yang menampilkan menu makanan dan minuman beserta harganya.

Jadi saat pelanggan mengantri untuk memesan, kadang waktu yang dirasa terlalu lama apalagi bila antrian panjang. Tapi dengan adanya layar digital, rasa bosan pelanggan terahlihkan, dan menunggu menjadi tidak terasa.

7. Memiliki Fleksibilitas

Salah satu manfaat digital signage yaitu memiliki fleksibilitas dalam menginformasikan, menghibur dan menjual konten. Konten yang disampaikan melalui media statis lebih terbatas, sementara kebutuhan komunikasi dan pesan informasi itu sendiri berbeda bagi setiap orang.

Baca juga:  Beralih ke Menu Board Digital, McDonald's Berbagi Pengalaman

Digital signage dapat menggunakan semua media yang digunakan pada televisi dan internet untuk menarik perhatian dan melibatkan konsumen dengan cara yang lebih luas.

8. Meningkatkan Branding

Selain fungsinya yang cukup fektif dalam menyampaikan informasi, manfaat digital signage juga membawa peningkatan brand atau citra baik bagi bisnis ritel kamu. Informasi digital dengan tampilan berkualitas tinggi memberikan efek besar dan juga sebagai pesan kepada konsumen bahwa bisnis ritel kamu modern dan up to date.

Lalu dengan meningkatnya branding pada bisnis kamu, secara langsung berkontribusi pada peningkatan penjualan, kualitas dan retensi pelanggan.

9. Sumber Pendapatan Iklan Potensial

Dengan segala keunggulannya, digital signage menarik banyak perhatian dan bukan hanya dari konsumen tetapi juga sesama pengusaha bisnis ritel. Dengan konten yang dinamis dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan, memungkinkan kamu untuk menyewakan slot iklan berbayar untuk ditampilkan pada digital signage milikmu.

Jadi menggunakan digital signage bagi bisnis ritel bisa dibilang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan usaha kamu. Selain itu pemanfaatannya masih bisa lebih luas lagi untuk beberapa bidang bisnis.

Sumber:
RiseVision: 9 Benefits of Digital Signage for Retail

Share this

Leave a Reply

shares