was successfully added to your cart.

7 Cara Tetap Makan Sehat di Hari Lebaran

By June 21, 2017Destinasi
makan sehat di hari lebaran

Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang paling ditunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia setelah 30 hari berpuasa. Selesai beribadah shalat ied, biasanya setiap keluarga akan saling bersilaturahmi dan bermaaf-maafan, serta makan bersama.

Ada banyak sekali hidangan yang biasa disiapkan pada saat Lebaran. Mulai dari kue kering, ketupat, opor ayam, rendang, kentang balado, es buah dan masih banyak lagi. Sangat nikmat memang untuk bisa menikmati semua hidangan tersebut, apa lagi jika disantap bersama keluarga. Namun apa jadinya jika kamu sedang diet?

Hampir semua makanan tersebut mengandung kalori tinggi yang bisa merusak diet. Jika kamu ingin bisa tetap menikmati suguhan Lebaran sambil menjaga berat badan, ikuti tujuh cara tetap makan sehat di hari lebaran berikut ini.

1. Sarapan

Jangan lewatkan waktu sarapan sebelum mulai berkeliling ke rumah saudara dan makan bersama. Setelah shalat Ied, pastikan kamu sarapan ringan seperti makan roti gandum, oatmeal, telur rebus atau minum segelas susu.

Dengan begini kamu tidak akan merasa kelaparan karena menunggu jam makan bersama dan berakhir dengan makan tanpa kontrol. Dengan sarapan, kamu bisa menahan diri untuk makan siang dalam porsi kecil sehingga tak merusak dietmu.

Baca juga:  7 Tempat Bulan Madu Romantis di Indonesia

2. Jalan Kaki

Daripada menggunakan motor, lebih baik kamu jalan kaki berkeliling kompleks untuk bersilaturahmi menemui para tetangga. Dengan berjalan kaki, kamu akan membakar banyak kalori dari makanan yang telah kamu makan. Dengan cara ini, kamu bisa tetap menikmati sedikit kue kering di rumah tetangga.

3. Perbanyak Minum

Pastikan kamu banyak mengkonsumsi air putih, karena dehidrasi dapat menyebabkan rasa lapar yang sebenarnya hanyalah rasa haus. Ingat, jika kamu merasa lapar itu bukan berarti tubuhmu kekurangan porsi makan namun besar kemungkinan karena dehidrasi.

Banyak minum air putih juga membuatmu merasa lebih kenyang sehingga tak mendorongmu untuk terlalu banyak makan. Selain itu, daripada minum sirup yang mengandung banyak gula, lebih baik minum air putih yang sama sekali tidak mengandung kalori.

4. Pilih Sayuran

Dibandingkan memenuhi piring dengan ketupat dan opor yang mengandung santan, lebih baik pilih menu sayur. Penuhi dulu piringmu dengan sayur sebelum menambahkan ketupat atau menu lain (ingat porsi kecil saja ya).

5. Fokus Kepada Keluarga dan Teman

Jangan asyik sendiri main hp sambil ngemil kue kering. Momen Lebaran adalah saat yang tepat untuk saling bercengkrama bersama keluarga besar atau teman-teman. Fokuskan dirimu ke mereka, bukan ke makanan atau hal lain yang tak membuang energi. Ingat, banyak mengobrol dan tertawa juga bisa membakar kalori loh.

Baca juga:  Tempat Wisata Anak di Jakarta Paling Asyik & Seru

6. Hindari Lemak

Selain opor yang mengandung santan berkalori tinggi, kamu juga harus menghindari lemak yang banyak ditemukan pada menu daging semur atau rendang. Pilih potongan daging tanpa lemak untuk kamu santap dengan ketupat dan sayur, pastikan kamu tidak terlalu banyak mengambil kuah atau bumbu rendang/semur ya karena mengandung banyak minyak dan garam.

Selain itu, pilih bagian dada ayam pada menu opor daripada paha atau sayap. Bagian potongan tersebut mengandung lebih banyak lemak di dagingnya, terlebih pada bagian kulit.

7. Gunakan Piring Kecil

Penelitian menemukan bahwa seseorang makan 22% kalori lebih rendah ketika menggunakan piring kecil. Karena itu, lebih baik gunakan piring kecil ketika mengambil makanan agar tidak terdorong pula untuk makan lebih banyak hanya karena “lapar mata”.

Sumber:
Greatist: 20 Ways to Stay Fit and Healthy

Share this

Leave a Reply

shares