was successfully added to your cart.

3 Keuntungan Utama Menggunakan Digital Signage

By June 13, 2017Signage
keuntungan utama digital signage

Meskipun komunikasi melalui media cetak telah lama dan banyak digunakan, namun kini digital signage siap mengambil alih posisi tersebut. Digital signage terus mengalami perkembangan seiring dengan semakin majunya teknologi di dunia.

Media ini menggunakan teknologi dan konten yang menarik untuk mengiklankan produk atau informasi kepada khalayak luas. Digital signage memberi lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas bagi pemiliknya sekaligus meningkatkan keterlibatan publik dengan informasi tersebut.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa media komunikasi dalam bentuk cetak masih digunakan dan cocok untuk beberapa perusahaan. Namun banyak hal yang mampu dilakukan oleh digital signage daripada media komunikasi cetak atau iklan tradisional dalam menyampaikan informasi yang sama.

Berikut keuntungan utama menggunakan digital signage dibandingkan media tradisional.

1. Lebih Hemat Biaya

Digital signage mungkin akan memakan biaya lebih besar pada awal mula pembelian dan pengoperasiannya dibandingkan dengan media komunikasi cetak seperti poster atau flyer. Namun setelah itu perusahaan atau organisasi akan mengalami penghematan biaya dalam jangka waktu yang panjang.

Keseluruhan persiapan untuk menghasilkan media komunikasi bentuk cetak membutuhkan biaya dan waktu serta tenaga yang tidak sedikit. Dimulai dari biaya desain, administrasi, percetakan, distribusi dan persiapan lainnya yang harus dilakukan setiap kali perusahaan atau organisasi akan membuat dan menyebarkan konten baru.

Baca juga:  Beralih ke Menu Board Digital, McDonald's Berbagi Pengalaman

Perusahaan juga harus memikirkan tentang kemungkinan kenaikan harga kertas atau bahan cetak dan jasa percetakan yang terus meningkat secara berkala. Sementara itu digital signage hanya memerlukan satu kali biaya pemasangan dan satu kali biaya maintanance dan support untuk jangka waktu yang panjang.

Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa penggunaan digital signage lebih menghemat biaya dan waktu serta tenaga.

2. Update Secara Real Time

Kemampuan digital signage untuk mengupdate konten tanpa batasan waktu dengan mudah memungkinkan perusahaan untuk kembali melakukan penghematan.

Hanya dengan beberapa langkah sederhana, konten baru bisa langsung ditampilkan pada layar digital signage baik di satu maupun sejumlah lokasi sekaligus. Ini berarti perusahaan dapat memperbarui konten mereka dengan mudah dan sesuai dengan jadwal yang diinginkan.

3. Konten Lebih Menarik

Dengan penggunaan konten yang lebih menarik dan interaktif (audio visual), perusahaan menjamin interaksi yang lebih baik antara merek mereka dengan masyarakat atau target konsumen. Kelebihan ini kemudian akan menuju pada peningkatan penjualan karena informasi tersebar secara lebih luas dan efektif.

Baca juga:  Cara Membuat Signage yang Menarik & Efektif

Kemampuan digital signage untuk menampilkan konten dinamis memungkinkan perusahaan pengguna untuk membuat bermacam-macam konten yang bisa disesuaikan dengan target khalayak secara bersamaan. Konten yang efektif akan meningkatkan interaksi, dengan memberi tahu, mendidik, menghibur atau memberi inspirasi kepada khalayak yang dituju.

Tidak seperti media cetak yang statis, digital signage memiliki kemampuan untuk selalu berubah, dengan konten dinamis (berubah dan bergerak) yang menarik perhatian atau eye-catching.

Tiga manfaat utama tersebut menjadikan digital signage sebagai media pemasaran atau penyebaran informasi yang digunakan banyak perusahaan. Digital signage dinilai benar-benar melibatkan, menginformasikan, mendidik, menghibur atau menginspirasi konsumen.

Sumber:
DigitalSignageToday: Digital signage vs print in brick-and-mortar retail

Share this

Leave a Reply

shares