was successfully added to your cart.

10 Kesalahan Dekorasi Rumah dan Solusinya

By July 10, 2017Dekorasi

Mendekorasi rumah diperlukan keahlian dan pengetahuan yang memadai, kamu perlu mengetahui konsep dasar penataan suatu ruangan. Sayangnya, tak ada aturan baku tentang cara mendekorasi rumah. Inilah salah satu penyebab kesalahan dekorasi rumah yang sering terjadi.

Nah, agar tak terjebak pada kesalahan dekorasi tersebut, berikut ini adalah kesalahan-kesalahan dekorasi rumah yang sering terjadi beserta solusi untuk mengatasinya.

1. Terlalu Banyak Bingkai Foto

kesalahan dekorasi rumah bingkai fotoMemajang foto keluarga atau orang-orang terkasih memang baik untuk dilakukan. Tapi jangan sampai kamu terlalu banyak meletakkan bingkai foto di atas meja karena akan terlihat “penuh”. Selain itu juga akan lebih sulit ketika kamu mau membersihkan meja.

Sebaiknya pajang foto dengan menggantungnya secara rapi di dinding. Cetak foto dengan warna yang senada dan gunakan bingkai yang sama agar terlihat seperti galeri kecil. Kamu juga bisa mengatur foto keluarga dengan memasukkan dalam album sesuai dengan event tertentu dan meletakkannya di rak dengan rapi.

2. Membiarkan Kabel Berantakan

kesalahan dekorasi rumah kabelKabel yang berantakan atau semrawut akan menyebabkan debu,bisa berbahaya bagi penghuni atau tamu. Jika dibiarkan seperti itu maka hal ini akan menjadi pemandangan yang tidak enak untuk dilihat dan juga menyulitkanmu ketika akan membersihkan rumah.

Untuk mengatasinya, gunakan kotak untuk memisah-misahkan kabel tersebut. Berikan keterangan pada setiap kabel yang disimpan dalam kotak dan letakkan di bagian belakang atau kolong meja. Ingat untuk selalu mencabut kabel yang sudah tidak digunakan kemudian masukkan ke dalam kotak penyimpanan tersebut.

3. Menggunakan Tema yang Berlebihan

kesalahan dekorasi rumah temaDekorasi rumah dapat dikatakan sebagai sebuah seni tersendiri, kamu harus memikirkan dengan matang tema dan nuansa seperti apa yang ingin dihadirkan di rumah. Hindari penggunaan banyak tema sekaligus atau berlebihan karena malah akan membuat rumah terlihat berantakan dan norak.

Baca juga:  Tips Desain Kantor Agar Karyawan Produktif

Sebaiknya pilih satu tema untuk diterapkan di seluruh rumah lalu sesuaikan dengan furniture serta warna gorden dan cat dinding ruangan.

4. Penempatan Furniture yang Salah

kesalahan dekorasi rumah furnitureBanyak orang yang tidak memperhatikan tata letak furniture pada rumah mereka dan itu adalah hal yang wajar. Dalam menyusun furniture misalnya, jangan tempatkan beberapa furniture berukuran besar sekaligus dalam satu ruangan kecil.

Misalnya, meja, lemari dan sofa besar diletakkan saling berdekatan. Gunakan saja furniture dengan komposisi yang seimbang dan pertimbangkan dengan cermat tata letaknya.

Kamu bisa memilih meja kaca dengan kaki yang kecil kemudian tempatkan di dekat sofa yang memiliki warna senada dengan karpet dan letakkan lemari atau rak di ruangan lainnya.

5. Menggunakan Benda yang Tidak Kamu Sukai

kesalahan dekorasi rumah furnitur 1Salah satu kesalahan dekorasi yang sering dilakukan yakni membiarkan barang-barang yang tidak kamu suka dan tidak menyingkirkannya. Misal, karpet tua yang masih ada di ruang tamu, atau kursi kayu yang sudah lapuk.

Bukannya menambah estetika dan kenyamanan dalam rumah, justru malah menguranginya, tentu saja harus disingkirkan. Kalau kamu merasa sayang jika dibuang, lebih baik berikan saja ke yang lebih membutuhkan.

6. Terlalu Formal

kesalahan dekorasi rumah terlalu formalNuansa formal cukup kamu temukan di kantor saja, bukan di rumah. Ingat, rumah adalah tempat yang harus membuatmu nyaman dan betah, jadi hindari suasana yang kaku atau formal.

Jangan menggunakan furniture seperti yang biasa digunakan untuk dekorasi kantor seperti bangku kerja atau meja tamu yang terlalu formal. Pilih sofa, bangku, meja dan lemari yang membuat rumah lebih terasa “hidup” dan homey.

7. Gudang Atau Tempat Penyimpanan Barang yang Terbuka

kesalahan dekorasi rumah gudangSelain membuat risih, gudang atau tempat penyimpanan yang terlihat jelas di dalam rumah dan berantakan akan merusak tampilan sebuah ruangan. Jangan biarkan hal ini terjadi, kamu bisa menyiapkan sebuah lemari, keranjang atau rak buku untuk menyimpan barang-barang lama dengan rapi.

Baca juga:  Jenis-Jenis Tata Ruang Kantor

8. Terlalu Mengikuti Tren

kesalahan dekorasi rumah trenTidak ada salahnya mengikuti tren yang ada, namun jangan terlalu memaksakannya pada dekorasi rumah. Tren dekorasi yang ada saat ini belum tentu cocok dengan gaya rumahmu dan suasana yang ingin dirasakan keluargamu.

Mengumpulkan banyak barang karena mengikuti tren tidak memiliki ujung untuk berhenti. Karenanya lebih baik kamu mengikuti gayamu sendiri dan menerapkannya pada dekorasi rumah. Walaupun tidak kekinian, tetapi kamu tetap unik karena memiliki gaya dekorasi tersendiri.

9. Karpet Kecil di Tengah Ruangan Besar

kesalahan dekorasi rumah karpetKarpet berukuran kecil yang diletakkan di tengah-tengah ruangan akan terlihat seperti mengapung dan tidak proporsional. Sebelum memilih karpet, ukur dulu ruangan yang ingin dipasangi karpet dan pilih ukuran yang sesuai.

Jangan lupa pastikan motif atau warna karpet senada dengan furniture lainnya. Letakkan semua kaki depan furniture (meja dan kursi) di atas karpet agar terlihat menyatu dan proporsional.

10. Mengabaikan Jendela

kesalahan dekorasi rumah jendelaMembiarkan jendela kosong tanpa gorden misalnya, akan membuat ruangan tersebut dan dirimu sendiri tidak nyaman. Agar lebih indah dan menarik, pasang gorden dengan motif sederhana beberapa cm di atas jendela. Cara ini juga akan membuat ruangan tampak lebih tinggi serta besar.

Sumber:
HGTV: 25 Biggest Decorating Mistakes and Solutions

Share this

Leave a Reply

shares