was successfully added to your cart.

4 Kesalahan Dekorasi Kantor yang Perlu Dihindari

By March 18, 2017Dekorasi
kesalahan dekorasi kantor

Sebuah survei terbaru mengatakan bahwa sebagian besar perusahaan membatasi kreativitas dan inovasi para karyawannya. Banyak pekerja beranggapan bahwa perusahaan mendorong kreativitas dan inovasi karyawan adalah sebuah anggapan yang salah.

Peneliti menemukan hal ini disebabkan karena faktor desain dan kesalahan dekorasi kantor serta tingkat inovasi. Jika ingin memiliki tingkat kreativitas dan inovasi yang tak terbatas dan terhindar dari desain ruang kantor yang tidak nyaman, maka hindari empat hal ini sebelum mendekorasi ruang kantor.

Kesalahan Dekorasi Kantor

1. Desain Tidak Memiliki Hubungan dengan Misi Perusahaan

desain-1Survei menemukan, suasana yang mendukung dan mengingatkan visi misi kantor akan menciptakan perusahaan yang inovatif. Misalnya saja budaya menyapa di kantor. Walaupun terlihat sepele namun hal ini berdampak pada kualitas kerja yang dihasilkan.

Di samping itu, faktor desain bisa membantu dalam hal ini. Dekorasi kantor yang selaras dengan tujuan organisasi akan membantu setiap orang untuk memahami mengapa dirinya berada di tempat tersebut, sepenting apa peran mereka dan apa yang harus mereka capai.

Oleh karena itu rancang desain ruangan dan lengkapi dengan dekorasi yang sejalan dengan tujuan perusahaan sebagai sarana komunikasi dengan karyawan. Misalnya saja ada perusahaan yang menjual barang handmade, maka bisa mengisi kantor dengan furnitur buatan sendiri.

Baca juga:  Dekorasi Rumah Menyambut Hari Raya Idul Fitri

2. Kurangnya Area yang Beragam

Perusahaan yang inovatif lebih banyak memiliki beragam ruang kolaboratif daripada yang tidak. Ruangan seperti lounge atau tempat khusus bersantai diperlukan untuk mendukung terciptanya inovasi. Menurut data dari International Facility Management Association, 38% gedung perkantoran mendesain ulang kantor mereka untuk meningkatkan produktivitas karyawannya.

Secara arsitektur, cara ini berarti kamu harus membuat ruangan yang memungkinkan para karyawan untuk melakukan pertemuan dan bersosialisasi. Hal ini juga berarti kamu harus melengkapi ruangan tersebut dengan aliran listrik serta WiFi sehingga karyawan tetap dapat bekerja di sana.

3. Desain Kantor yang Mengganggu Fokus

Kerja sama tim adalah salah satu kunci untuk memelihara kemampuan menciptakan inovasi. Namun orang-orang juga perlu mengerjakan tugas mereka secara individual.

Terlalu banyak pertemuan atau kerja tim bisa jadi menghambat seorang karyawan dalam bekerja. Oleh karenanya dibutuhkan ruangan bagi karyawan untuk bekerja tanpa terganggu.

Untuk mengakalinya, lengkapi desain kantor dengan memasang peredam untuk menangkap suara gangguan, terlebih di ruang meeting.

Baca juga:  Pilihan Warna Cat Kantor

4. Tidak Ada Pilihan Ruangan Lain di Kantor

Salah satu cara agar karyawan dapat berpikir kreatif dan inovatif adalah bekerja dari tempat atau ruangan baru di dalam kantor. Orang-orang banyak melakukan hal berbeda setiap harinya dan mereka membutuhkan pilihan tempat untuk menjalankan tugas-tugas tersebut.

Para peneliti memaparkan, sekitar dua pertiga karyawan merasa tidak memiliki kebebasan untuk bekerja di luar ruangan kantornya. Idealnya, persentase keinginan karyawan untuk bekerja di balik meja mereka adalah 71% dari jam kerja mereka.

Walaupun umumnya tidak ada perusahaan yang mengizinkan karyawan bekerja di luar kantor, tapi tidak ada salahnya jika sesekali kamu memberikan kebebasan ini.

Peneliti memberikan saran agar pemilik perusahaan menyediakan area terbuka untuk digunakan para karyawan. Di sinilah peran perancangan layout berlaku.

Sumber :
FastCodeDesign: 4 Ways Your Office Is Crushing Your Creativity

Share this

Leave a Reply

shares