was successfully added to your cart.

Kantor Google yang Super Megah & Fasilitas Keren

By April 22, 2017Uncategorized
Kantor Google

Dapat dikatakan, salah satu kantor dengan konsep desain terbaik dan terkeren di dunia adalah milik perusahaan raksasa Google. Konsep open space office (tata ruang kantor terbuka) dan banyaknya fasilitas yang menunjang membuat seluruh karyawan Google mampu bekerja dengan efektif untuk melayani pengguna Google di seluruh dunia.

Tidak seperti kantor pada umumnya, kantor-kantor Google dilengkapi dengan fasilitas unik seperti salon, ruang fitness, tempat tidur siang, lapangan olahraga, cafe, dan sebagainya.

Kantor Google di berbagai negara memiliki konsep desain dan dekorasi unik yang membuat karyawannya betah. Penasaran seperti apa suasana kantor Google yang sebenarnya? Berikut ulasannya.

1. Google Mountain View Headquarters, California

Kantor pusat Google terletak di Mountain View, California, Amerika Serikat dan merupakan kantor terbesar yang diberi sebutan Googleplex. Kantor ini terletak dalam lahan seluas 290 ribu meter persegi yang terdiri dari sejumlah bangunan utama termasuk SGI (Silicon Graphics) Campus dan Google Campus.

Di sini, karyawan bebas mau bekerja hampir dimana pun mereka inginkan karena banyaknya ruangan yang disediakan baik indoor maupun outdoor. Karyawan yang penat bisa bersantai sejenak di ruang games ataupun berolahraga di lapangan yang telah disediakan dan ruang fitness.

Kemudian, karyawan yang membutuhkan asupan gizi juga bisa mendapatkannya dari kantin atau cafe maupun pantry yang lengkap layaknya supermarket. Mereka yang lelah karena harus berjalan jauh dalam kompleks Googleplex juga bisa menggunakan sepeda atau scooter yang disediakan.

2. Cambridge, Massachusetts

Kantor Google di Cambridge, Massachusetts, terdiri dari tiga gedung yang dikelilingi dengan garasi parkir umum dan dua bangunan lainnya yang berfungsi sebagai jalur akses antar semua ruang.

Bangunan didirikan dengan menyesuaikan kondisi geografis dan budaya setempat di Massachusetts. Setiap tempat dan ruangan di kantor Google ini memiliki tampilan dan konsep yang unik mulai dari ruang kebun terbuka hingga lounge mercusuar.

Semua karyawan bisa membawa laptop mereka dan bekerja di manapun dalam area ini sesuai keinginan masing-masing. Dengan demikian ide dan kreativitas para karyawan tidak akan “terkurung” karena dapat bekerja secara kolaboratif dan menyenangkan.

Furnitur yang digunakan pun berbeda karena memiliki bentuk yang unik seperti cangkir raksasa yang ada pada taman bermain. Kemudian ruang rapat yang dibuat seperti ruang tunggu di bandara, tempat beristirahat yang dilengkapi dengan tempat tidur bertingkat dan sebagainya.

3. Kuala Lumpur, Malaysia

Konsep desain kantor Google di Kuala Lumpur didasari atas kebutuhan dalam mode elektik yang estetis. Karyawan bisa merasakan suasana alam mulai dari pantai dan hutan, serta perkotaan yang modern.

Google ingin agar kantor cabangnya di Kuala Lumpur ini mengadopsi kekayaan budaya setempat. Ruang meeting dibangun seperti gua, lengkap dengan stalaktit. Sementara itu cafe yang ada di sebelahnya dirancang dengan nuansa pantai dan hutan lengkap dengan dedaunan yang ada bahkan di langit-langit.

Bar atau tempat untuk minum dan beristirahat dirancang seperti taman bermain yang dibuat menggunakan kain dan furnitur ala Malaysia. Salah satu ruang pertemuan yang dinamankan dengan “Tech Talk” didekorasi menyerupai amfiteater kecil yang berisikan furnitur meja dan kursi untuk duduk santai.

Ruangan lainnya dibuat dengan kualitas yang setara baik dalam hal transparansi dan juga keefektivitasan komunikasi. Tata ruang diatur agar setiap karyawan bisa saling bekerja dan berkomunikasi langsung dengan anggota tim masing-masing.

4. Pence, London

Kantor Google di Pence berlokasi di lahan seluas 160.000 meter persegi dengan total lima lantai yang dirancang dengan gaya Inggris klasik lengkap dengan dekorasi Union Jacks di bagian dinding. Terdapat kebun rahasia di bagian atap, ruangan berkapasitas 200 orang yang dinamakan “Town Hall”, dan lahan untuk bercocok tanam.

Selain ruang terbuka, para karyawan bisa bekerja secara privat di ruangan-ruangan privat yang tertutup namun tetap dengan konsep yang menarik seperti kamar mandi mewah. Untuk menjaga lingkungan, kantor Google di Pence ini menggunakan sejumlah besar bahan reklamasi dan daur ulang.

Mengingat Inggris merupakan negara dengan kerajaan dan Ratu sebagai pemimpinnya, furnitur yang digunakan pun mengadopsi konsep bergaya kerajaan. Misalnya saja seperti wallpaper floral, motif klasik, lampu klasik dengan penerangan oranye, sofa besar ala kerajaan dan sebagainya.

5. Tokyo, Jepang

Kantor baru Google di Tokyo, Jepang ini memiliki empat lantai dan didekorasi dengan beberapa gaya.

Salah satu bagian yang menonjol adalah dinding kustom yang terbuat dari kain berwarna biru terang. Para desainer interior menggunakan bahan dan konsep berbeda untuk setiap ruangan di seluruh kantor untuk memberikan variasi dan menghindari rasa bosan.

Tamu yang datang bisa dengan mudah menemukan dekorasi wallpaper atau furnitur Android di sini. Kantor Google cabang negeri Sakura ini juga menerapkan konsep hijau pada sejumlah ruangan dengan meletakkan banyak tanaman asli dan rumput imitasi di ruangan, serta bangku kayu yang menambah suasana alam.

Sebagai adopsi kebudayaan Jepang, para karyawan bisa duduk dan berdiskusi dengan cara duduk “lesehan” di lantai dengan santai karena dilengkapi dengan bantal duduk. Kemudian cubicle meja juga dibuat tak seluruhnya tertutup sehingga antar karyawan masih bisa berkomunikasi dengan mudah.

Kantin di kantor ini dirancang dengan penerapan konsep pedagang kaki lima ala Jepang. Karyawan akan duduk bersebelahan di kursi tinggi dengan penutup di bagian belakang kepala.

6. Stockholm, Swedia

Ketika pertama kali dirancang, para desainer interior mengetahui bahwa karyawan ingin mempertahankan nuansa perusahaan yang intim dengan sentuhan kebudayaan Swedia.

googleKantor baru ini dipenuhi dengan semua elemen produk milik Google yang dikombinasikan dengan kultur Swedia. Banyak tempat dan ruangan yang bebas digunakan untuk bermain dan berolahraga, dapur dan tempat makan besar serta lounge untuk bekerja maupun bersantai.

Konsep open space memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan lebih baik karena minimnya sekat atau dinding pemisah. Lantai, dinding dan furnitur yang unik dan bermacam-macam digunakan untuk membuat suasana kantor lebih menyenangkan.

Misalnya saja dinding dengan semacam hiasan sapi berukuran besar yang mengingatkan tentang ciri khas negara Swedia sebagai salah satu penghasil produk dairy terbesar di dunia.

7. Washington D.C, Amerika Serikat

Kantor Google memang tidak pernah “normal” karena keunikannya masing-masing di berbagai cabang. Namun bisa dikatakan bahwa kantor Google di Washington D.C merupakan yang paling menarik dalam hal luas kantor jika dibandingkan dengan kantor pada umumnya.

Saking luasnya, jika dirata-rata maka masing-masing satu orang karyawan memiliki luas ruang kerja sebesar 102 meter persegi. Bahkan terdapat artikel yang mengatakan kantor ini bisa digunakan untuk mengadakan pesta besar.

Pantry di sini dilengkapi dengan area memasak yang besar beserta wajan, panci, mesin pemanggang dan sebagainya. Hal ini memungkinkan karyawan untuk memasak menu apa saja yang mereka inginkan.

Ruang tunggu yang luas disertai dengan televisi berukuran besar serta meja dan kursi yang unik. Karyawan yang suntuk dapat berpindah ke ruangan games atau musik untuk kembali mendapatkan inspirasi mereka.

8. Zurich, Swiss

Kantor Google yang terletak di Zurich, Swiss ini memiliki firepole, perosotan, gondola , bathtub dan juga akuarium besar. Semua barang dan furnitur tersebut digunakan karena Google percaya bahwa suasana kantor yang santai dan menyenangkan efektif untuk mendorong kreativitas setiap karyawannya.

Karyawan disediakan beragam menu makanan yang sehat seperti salad dan sup dengan nuansa pantry seperti restoran mewah. Karyawan bisa menggunakan ruangan privat dengan bentuk-bentuk unik dan furnitur yang menyenangkan dengan tema yang berbeda-beda.

Misalnya, ruangan dengan tema alam yang natural, balon udara, rumah igloo dan sebagainya.

Jika pegal karena duduk di kursi, pegawai bisa membawa laptop dan bekerja di ayunan kain yang dilengkapi dengan bantal. Di samping itu, untuk menjaga kebugaran tubuh, Google mempersilakan karyawan untuk berolahraga di ruangan fitness yang disediakan atau ruang karaoke dan biiliard untuk melepas penat.

9. Beijing, China

Walaupun masih menerapkan konsep tata ruang dengan cubicle, namun Google dengan caranya tersendiri tetap mampu memberikan perubahan dan suasana berbeda dari lingkungan kantor pada umumnya.

Setiap sisi cubicle para karyawan dibuat berwarna-warni yang menyesuaikan dengan warna pilar dinding dan dihiasi oleh tanaman kecil sebagai penghijauan. Cubicle juga dibuat tidak terlalu tinggi sehingga para karyawan masih bisa berkomunikasi dengan mudah.

Ruang untuk beristirahat dilengkapi dengan sofa besar, mesin kopi dan juga meja pingpong untuk mengusir rasa bosan. Karyawan juga bisa berolahraga di ruang fitness dengan peralatan lengkap yang telah disediakan.

10. Haifa, Israel

Kantor Google ini dirancang berdasarkan inspirasi dari empat aspek daerah Haifa yaitu pemandangan laut, pelabuhan dan lingkungan sekitar. Bangunan didirikan dengan empat sektor berbeda sesuai dengan tema masing-masing.

Kantor ini memiliki banyak kesamaan dengan kantor Google lainnya dalam penggunaan bahan lantai dan dinding grafis. Tekstur dekorasi interior yang menarik membuat seluruh kantor tidak terlihat seperti tempat untuk bekerja, melainkan suatu lingkungan yang nyaman dan menyenangkan. Para arsitek membangun dengan bahan daur ulang untuk menjaga lingkungan.

Tata ruang atau layout diatur dengan menempatkan meja kerja dekat jendela, sementara itu ruang meeting berada di bagian tengah. Terdapat fasilitas ruang pijat, fitness dan cafe yang bisa dengan bebas digunakan karyawan.

Itulah beberapa kantor Google yang sementara ini berhasil Decodeko rangkum. Gimana, tertarik berkerja di Google? Tambahan lagi nih, kamu juga bisa lihat kerennya kantor-kantor startup ini, ada dari Indonesia juga lho.

Sumber:
OfficeSnapshots: Browse Google Offices

Share this

Leave a Reply

shares