was successfully added to your cart.

Kantor Facebook, Dekorasinya Paling Keren Sedunia?

By April 21, 2017Uncategorized
kantor facebook

Kantor Facebook, Dekorasinya Paling Keren Sedunia? Sebagai sebuah perusahaan yang mengutamakan kepentingan dan kebutuhan pengguna. Karyawan Facebook dituntut untuk memelihara keberagaman budaya, meningkatkan kerja sama antar karyawan dan menciptakan penemuan-penemuan baru.

Semua tujuan itu akan tercapai dengan dukungan fasilitas dan tempat kerja yang memadai. Sebab itulah tempat bekerja para karyawan Facebook harus menunjang kenyamanan dan kreativitas. Karena kantor yang nyaman nyatanya juga berpengaruh pada meningkatnya produktivitas karyawan.

Penasaran mau tahu seperti apa isi kantor Facebook yang dekorasinya paling keren sedunia dan tersebar di berbagai negara ini?

1. Menlo Park, California

Pengunjung yang datang ke pusat kantor Facebook di Menlo Park mungkin tidak akan menyangka bahwa gedung tersebut merupakan bangunan kantor tempat ratusan orang bekerja.

Bagaimana tidak, perusahaan milik Mark Zuckerberg ini menyulap kantor menjadi lingkungan yang penuh dengan aspek sosial, mobile, mengandung unsur budaya dan juga indah dengan caranya sendiri.
kantor-facebook-california-4
kantor-facebook-californiaFacebook menerapkan konsep desain urban open space office (tata ruang terbuka) untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Para arsitek sukses membuat lingkungan kantor yang mendorong setiap karyawan untuk bisa saling bekerja sama dengan seimbang dan menghasilkan ide kreasi baru.

Ukuran kantor yang luas dan banyaknya fasilitas yang disediakan memungkinkan para karyawan untuk bebas bekerja dimana pun yang sesuai dengan selera masing-masing. Misalnya saja dekat jendela, lounge, ruang terbuka, kantin, taman dan sebagainya.

Jika dilihat secara keseluruhan, dapat dikatakan warna yang digunakan kantor ini adalah warna-warna terang dan menyenangkan. Banyak karya graffiti yang terukir di dinding maupun furnitur untuk memeriahkan suasana kantor.
kantor-facebook-california-3Untuk semakin menunjang kebutuhan karyawannya, Facebook menyediakan dua cafe utama, restoran pizza, burrito bar, toko permen, restoran Meksiko dan sejumlah dapur kecil. Dengan demikian terdapat banyak sekali pilihan sajian yang bisa dinikmati para karyawan.
kantor-facebook-california-2

2. Sydney, Australia

Kantor Facebook di Sydney, Australia mengadopsi konsep interior industri komersial yang menyanggah stereotip mengenai dunia usaha.
kantor-facebook-sydneyKaryawan diajak untuk bekerja dengan meja tinggi yang mengharuskan mereka berdiri, ruangan dapur terbuka dengan bahan utama metal, dinding raksasa untuk menuliskan pesan dan tangga baja adalah beberapa inovasi interior milik kantor Facebook ini.

Selama berada di lingkungan kantor, karyawan akan bekerja dengan pemandangan lukisan graffiti, furnitur ala Australia dan juga lingkungan kantor yang akustik.
kantor-facebook-sydney-2Setiap ruangnya memiliki warna dan tema yang berbeda satu sama lain. Karyawan bisa memilih mana ruangan yang ingin digunakan baik untuk meeting atau bekerja secara privat dengan santai.

3. Mumbai, India

kantor-facebook-mumbaiKantor Facebook di India menyediakan dinding kosong berukuran besar yang digunakan para karyawan ataupun pengunjung untuk menyampaikan pesan mereka. Selain itu, dinding lainnya pun didekorasi dengan seni grafiti yang menggambarkan kebudayaan lokal India.
kantor-facebook-mumbai-2Konsep open space office yang diterapkan memungkinkan para karyawan untuk lebih mudah bersosialisasi, berkomunikasi dan bekerja dalam lingkungan yang mendukung. Sekat atau dinding pemisah pun dibuat unik dengan dekorasi lukisan dan cat yang beragam untuk memeriahkan suasana kantor.
kantor-facebook-mumbai-3Di langit-langit banyak tergantung ukiran dan juga lukisan bertuliskan kata-kata motivasi untuk para karyawan. Dapur yang ada pun berukuran besar sehingga semua karyawan dapat kumpul untuk makan siang bersama.

Pengunjung pun bisa berfoto-foto ria dengan banyak sekali latar belakang dinding yang menarik sesuai dengan tema di ruangan masing-masing.

4. Tel Aviv, Israel

kantor-facebook-tel-aviv-2Desain interior kantor Facebook di Tel Aviv menerapkan konsep fungsional, natural dan sederhana. Facebook ingin para karyawan bekerja sama dengan baik dengan dirancangnya konsep open space office dimana tidak adanya dinding pemisah antara karyawan ketika bekerja. Semua orang bekerja secara transparan satu sama lain dalam lingkungan kerja yang positif dan menyenangkan.
kantor-facebook-tel-aviv
kantor facebook keren tel avivBahan dan elemen arsitektur yang dipilih kemudian dihasilkan sebagai artefak unik untuk penggunaan di dapur, ubin, jendela dan sebagainya dengan tema besar urban.

Terdapat perpustakaan di tengah ruang terbuka, pemanas air tenaga surya dan juga tangki gas yang digunakan sebagai lahan untuk berkebun yang semakin memperkaya pemandangan di dalam kantor.

Selain itu, bagian outdoor kantor Facebook ini memiliki dinding hijau yang berfungsi sebagai partisi pemisah dan juga sumber perputaran udara. Kemudian, komponen lainnya yang mencolok adalah tangga yang terbuat dari baja dan jaring logam.

5. Singapura

kantor-facebook-singaporePara karyawan dan pengunjung yang datang ke kantor Facebook di Singapura ini dapat menyaksikan layar interaktif yang menampilkan informasi pengguna Facebook yang aktif secara real time pada beberapa negara.

Konsep open space office juga diterapkan di hampir seluruh bagian kantor, termasuk pantry yang menyediakan banyak makanan dan minuman sehat.
kantor-facebook-singapore-3Mereka yang ingin menyampaikan pesan dan kesannya, dapat menuliskannya di dinding khusus yang telah disediakan dalam ruang tunggu. Banyak pengunjung dari seluruh dunia yang bahkan berkreasi menggambar doodle ataupun karya grafiti di dinding tersebut sebagai ungkapan terima kasih mereka.

Agar terlihat meriah, dinding, lantai dan juga tangga dalam kantor ini ditempeli kertas confetti sehingga tampak seperti ruangan pesta. Kemudian, Facebook juga menyediakan “gravity booth” dimana karyawan atau pengunjung dapat berfoto seakan-akan mereka sedang berada dalam ruangan dengan posisi 90 derajat.
kantor-facebook-singapore-4
kantor-facebook-singapore-2Jika ada karyawan yang lupa membawa peralatan seperti laptop, charger, keyboard dan lainnya, dapat mengambilnya dari mesin otomatis. Cukup tap kartu identitas di mesin, kemudian barang yang diinginkan langsung dapat keluar dari mesin dan siap digunakan.

Gimana menurut kamu, kantor Facebook udah yang paling keren belum? Hmm, kalo kamu ragu coba bandingin sama desain kantor perusahaan startup ini, dari Indonesia ada gak ya?

Sumber:
OfficeSnapShots: Facebook Offices

Share this

Leave a Reply

shares