was successfully added to your cart.

8 Kreasi Hiasan Natal dari Barang Bekas

By December 4, 2017DIY
hiasan natal dari barang bekas

Natal tahun ini sebaiknya kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli hiasan natal di toko pernak pernik langgananmu. Cobalah untuk belajar berhemat dengan membuat hiasan natal dari barang bekas di rumahmu yang sudah tidak terpakai lagi.

Kamu bukan hanya membantu menjaga lingkungan rumah dari tumpukan barang tak terpakai, tapi kamu juga bisa sekalian mengasah kreativitas dalam membuat hiasan natal.

Nah, agar hasil hiasan natal dari barang bekas buatanmu gak kalah cantik dengan yang dijual di toko-toko, berikut beberapa contoh yang bisa kamu ikuti.

1. Ornamen Natal dari Kertas Bekas

hiasan natal dari barang bekas ornamen bulathiasan natal dari kertas ini bagus ya

Kamu punya banyak kertas bekas, atau kartu ucapan natal tahun lalu yang sudah tidak terpakai? Bahan-bahan itu bisa kamu manfaatkan untuk membuat ornamen unik sebagai hiasan pohon natal.

Cara membuat hiasan natal dari kertas bekas ini adalah dengan menggunting kertas menjadi beberapa bentuk bulat. Kemudian lipat, tempel menjadi satu dan tambahkan tali untuk menggantung.

2. Dekorasi Pesta

hiasan natal dari barang bekas dekorasi gantunghiasan natal yang cantik dan ciamik

Sama seperti sebelumnya, manfaatkan kertas bekas yang sudah tak terpakai. Kamu bisa gunakan kertas origami atau kertas berwarna.

Kemudian gunting berbentuk segitiga sama kaki atau bentuk lainnya sesuai keinginanmu. Lalu tempelkan semua potongan kertas pada tali kecil dan gantung di dinding rumah.

3. Ornamen dari Scrabble

hiasan natal dari barang bekas scrabblejoy yang berarti kegembiraan di saat natal

Tahukah kamu bahwa hiasan natal juga bisa dibuat dari mainan yang dulu sering kamu mainkan, yaitu Scrabble. Permainan ini merupakan game berbasis kata-kata yang paling populer di dunia. Jadi, daripada scrabble punyamu tak terpakai lebih baik digunakan sebagai pernak pernik hiasan natal.

Baca juga:  Tutorial Desain Stiker Dengan Photoshop

Cara membuatnya cukup mudah, susun huruf-huruf papan scrabble menjadi sebuah kalimat yang berbau Natal seperti merry christmas, santa claus, joy, let it snow dan sebagainya. Lalu, rekatkan menggunakan lem agar tidak mudah lepas.

4. Botol Snowman

hiasan natal dari barang bekas snowmankerajinan dari botol bekas berbentuk snowman

Coba cek ke dapur dan lihat apakah ada botol bekas yang bisa kamu kreasikan menjadi hiasan natal seperti pajangan snowman.

Pertama cat bagian badan botol dengan warna putih dan warna hitam untuk tutup botol. Gunting kain flanel dan tempelkan ke bagian tengah botol untuk menjadi syal snowman. Gunakan spidol untuk membuat mulut, mata dan juga hidung snowman.

5. Ornamen Lampu

hiasan natal dari barang bekas bohlamdengan sentuhan kreativitas dan ketekunan nih

Manfaatkan bohlam lampu yang sudah mati sebagai hiasan pohon natal lainnya. Berikan warna pada bohlam dengan cat semprot, biar semakin gemerlap tambahkan glitter, dan percantik dengan pita dekorasi. Sekarang pohon natalmu menjadi lebih ramai dari sebelumnya.

6. Rusa dari Karton Tissue Toilet

hiasan natal dari barang bekas tissuemanfaatkan rol tisu toilet jadi hiasan unik natal

Kumpulkan beberapa karton bekas dari tissue toilet dan beberapa ranting kecil. Gunting karton menjadi dua bagian dengan ukuran yang berbeda, satu untuk kepala dan satu laginya untuk badan rusa.

Baca juga:  Cara Melepas dan Membersihkan Stiker

Tempelkan bagian yang kecil pada karton yang utuh. Lalu tempel ranting untuk menjadi kaki serta tanduk rusa, dan hiasan natal dari barang bekas yang selanjutnya sudah siap dipajang.

7. Gantungan Tutup Botol

hiasan natal dari barang bekas tutup botolcara kreatif menggunakan kembali tutup botol bekas

Kumpulkan beberapa tutup botol dan buat menjadi gantungan ornamen hiasan natal berbentuk manusia salju (snowman). Caranya mudah, hias tutup botol dengan warna putih pada bagian dalam lalu tempel beberapa tutup botol lainnya dan tambahkan tali kecil untuk menggantungnya di pohon natal.

8. Dekorasi CD

menyulap cd bekas menjadi hiasan natal

Kalau kamu anak 90an, pasti sering mendengarkan lagu melalui CD pada masanya dong? Tak terasa itu sudah lama sekali kan? Nah, daripada membiarkan kepingan CD bekas itu menumpuk di lemari lebih baik manfaatkan sebagai dekorasi natal.

Caranya, gunting kertas berbentuk bulat dengan ukuran sesuai dengan CD, kemudian beri hiasan sesuai keinginanmu. Lalu tempelkan kertas tersebut ke CD dan berikan tali atau pita untuk menggantungnya. Lumayan menambah suasana natal menjadi lebih ramai.

Jadi udah tau ya kira-kira barang bekas apa saja yang bisa kamu jadikan hiasan natal tahun ini. Selamat natal.

Sumber:
DIYToTry: 25 Christmas Decorations Made with Recycled Materials

Share this

Leave a Reply

shares