was successfully added to your cart.

8 Cara Membuat Hiasan Dinding Kreatif dari Foto

By September 18, 2017Dekorasi
hiasan dinding kreatif

Kemudahan untuk menyimpan foto di smartphone atau mengunggahnya ke media sosial membuat banyak orang tak lagi rajin untuk mencetak dan membingkai foto mereka. Padahal, foto yang berisi momen-momen bahagia bisa berguna untuk bermacam-macam hal, terutama sebagai hiasan dinding kreatif.

Jika kamu ingin bisa selalu melihat foto dan mengenang memori tertentu, cetak foto dan berkreasilah menghias dinding dengan foto tersebut. Seperti beberapa contoh di bawah ini.

1. Rangkaian Foto

rangkaian foto menghias dindingmirip kaya lagi jemur baju ya

Salah satu cara yang menyenangkan dan kreatif untuk menggantung foto di dinding adalah dengan cara merangkainya. Kamu bisa merangkai foto menjadi hiasan dinding kreatif dengan cara seperti merangkai dekorasi pesta.

Kamu hanya membutuhkan tali berukuran kecil yang kuat dan penjepit kecil untuk menjepit foto yang telah dicetak. Kemudian bentuk rangkaian melengkung ataupun rata sesuai keinginan masing-masing dengan mengatur ikatan pada masing-masing ujung tali.

2. Timeline Foto Anak di Dinding

foto anakmulai dari masih bayi sampai balita nih

Untuk kamu yang punya anak kecil, ide seperti ini bisa kamu contoh. Tahu kan ada banyak anak kecil yang suka mengukur tinggi mereka dengan menandakannya di dinding? Nah, gunakan konsep ide ini dan tambahkan foto setiap kali pengukuran tinggi badan.

Agar tidak kaku, tempel foto dengan posisi bergantian dengan letak foto sebelumnya. Jangan lupa untuk menggunakan tone warna yang sama baik pada filter foto ataupun pakaian yang digunakan.

3. Bingkai Foto Transparan

frame fotofoto kamu jadi kelihatan lebih bagus dan artsy

Kamu bisa gunakan bingkai (frame) foto berukuran besar agar bisa memuat beberapa foto sekaligus dalam satu bingkai. Cara ini lebih kreatif dan unik untuk kamu yang suka memamerkan banyak foto sekaligus.

Baca juga:  Tata Ruang Kantor Tertutup

Lepas bagian kaca dan gunakan tali kecil seperti yang digunakan untuk merangkai foto sebelumnya. Kait atau tempelkan tali pada tepi frame untuk menggantung beberapa foto.

4. Buat Kolase Foto Bentuk Hati

susun foto menghias dindingbiar kamu selalu tahu di mana hati kamu berada

Cara lain untuk membuat hiasan dinding kreatif dari foto adalah dengan menyusun kumpulan foto yang telah dicetak menjadi satu kolase foto yang berseni dan indah. Misalnya, kolase berbentuk hati (love), bintang, dan sebagainya.

Kunci dalam kreasi ini adalah menggunakan bermacam-macam foto, baik foto pemandangan, selfie, foto liburan dan lainnya. Selain itu, bisa juga mengkombinasikan beberapa warna dan ukuran.

Agar rapi, gambar dinding dulu dengan pensil secara tipis sebelum mulai menempelkan foto mengikuti bentuk dari goresan pensil tersebut.

5. Foto Pada Hanger

hanger fotokreatif dan minimalis

Jika ingin menampilkan sesuatu yang berbeda pada dinding ruang tamu atau kamar, gunakan hanger untuk menggantung foto. Sangat mudah untuk membuat kreasi dekorasi ini.

Cukup paku beberapa dinding untuk menggantungkan hanger (perhatikan jarak yang kamu buat dengan besar hanger yang sudah dipilih agar tidak saling timpa). Kemudian gunakan penjepit kecil untuk menggantungkan foto pilihanmu di hanger.

6. Bercerita lewat foto

foto berceritakebahagiaan terangkum dalam foto

Berbeda dari sebelumnya yang fokus pada cara menggantung foto di dinding, cara mendekorasi dinding dengan foto lainnya adalah dengan menciptakan sebuah cerita dari susunan foto.

Pastikan setiap foto yang kamu pilih dan gantung memiliki arti tertentu jika digabungkan dengan foto sebelumnya, sesudahnya dan secara keseluruhan. Misalnya saja foto yang menceritakan awal hubungan kamu dengan pasangan sampai akhirnya kalian menjadi keluarga kecil.

Baca juga:  Selektif Pilih Warna Dinding Kantor Agar Lebih Produktif

Ingat, akan lebih cantik jika kamu menggunakan warna atau filter yang sama pada semua foto misalnya hitam-putih, sepia atau berwarna.

7. Susunan Pola Mosaik

mosaik menghias foto dindingterlihat rapi walau berbeda bentuk dan ukuran bingkai

Jika kamu memiliki banyak foto dengan ukuran yang berbeda-beda, maka kamu bisa menghias dinding dengan menyusunnya seperti mosaik. Agar unik dan menarik, gunakan bingkai (frame) yang berbeda-beda pula pada setiap foto yang akan dipajang.

Tempatkan foto dengan ukuran bingkai berbeda secara acak namun tetap tersusun rapi sehingga menghasilkan tampilan mosaik yang sempurna dan estetis.

8. Rak untuk Bingkai Foto

rak menghias foto dindingkamu tak perlu lagi menggantung bingkai di dinding dengan paku

Tren baru yang banyak diaplikasikan oleh pecinta foto dan dekorasi interior adalah meletakkan foto pada rak dinding seperti memajang buku. Selain mudah dilakukan, kreasi ini juga membuat tampilan yang lebih menarik.

Kamu hanya perlu memilih satu atau dua rak kosong di dinding, dan langsung letakkan atau senderkan frame foto di rak tersebut. Selain menghias dinding dengan foto dan bingkai unik, ada cara lain juga yang cukup kreatif yakni menggunakan signage dekorasi untuk menghias ruangan.

Sumber:
OneHowTo: 8 Creative Ways to Hang Photos on the Wall

Share this

Leave a Reply

shares