was successfully added to your cart.

Inilah Fakta Menarik Seputar Tahun Baru Imlek

By January 12, 2017Feature
tahun baru imlek

Tahun Baru Imlek merupakan hari yang istimewa bagi orang Tionghoa di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama pada penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh.

Pada perayaan Tahun Baru Imlek, ada begitu banyak adat dan tradisi yang beragam dari berbagai wilayah. Dengan kata lain, terdapat juga fakta menarik yang belum banyak diketahui orang. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Hari Perayaan

Tahun Baru Imlek biasanya jatuh diantara tanggal 21 Januari – 20 Februari, dan berlangsung selama 15 hari dimana setiap harinya memiliki peranan penting.

Misalnya, hari kedua Imlek dipercaya sebagai hari ulang tahun untuk semua anjing dan kamu bisa memperingatinya dengan cara memperlakukan mereka secara istimewa.

Tradisi saat Imlek

Selama perayaan berlangsung, ada tradisi imlek yang harus dilakukan, seperti memberi angpao merah berisi uang kepada anak-anak sebagai salah satu tanda keberuntungan.

Warna merah adalah warna dominan pada saat Imlek, karena melambangkan api yang diyakini bisa menangkal roh-roh jahat. Selain itu, rumah dan lingkungan dihiasi lampion serta pernak-pernik lainnya.

Baca juga:  Cara Kreatif Gunakan Stiker Untuk Iklan

Begitu juga dengan pakaian merah yang digunakan masyarakat Tionghoa. Lalu, tradisi lainnya yakni banyak orang yang mengubah potongan gaya rambut mereka agar roh jahat tidak bisa mengenali mereka.

Hal yang Harus Dihindari

Masyarakat Tionghoa percaya, bahwa hari pertama Imlek merupakan awal mulanya nasib baik dan keberuntungan. Namun, ada beberapa larangan dan pantangan dalam merayakan Imlek yang sebenarnya boleh kamu percaya boleh tidak.

Misalnya, tidak membersihkan rumah, berhutang, mencuci rambut, menggunakan benda tajam, membunuh binatang, memakai baju hitam dan masih banyak lagi pantangan yang dilarang untuk dilakukan saat merayakan Tahun Baru Imlek.

Makanan Khas Imlek

Seperti perayaan hari besar lainnya (Idul Fitri, Natal), saat imlek tentu ada makanan khas yang perlu dipersiapkan. Makanan ini bukan sekedar hidangan semata namun memiliki nilai simbolik dan dipercaya membawa kemakmuran.

Paling tidak, ada 8 makanan yang dipercaya membawa keberuntungan, diantaranya jeruk, mie panjang umur, kue keranjang, ikan utuh, jiaozi (pangsit), ayam utuh, lumpia dan aneka makanan kecil.

Baca juga:  Guerrilla Marketing, Desain dan Strategi Pemasaran Efektif

Legenda Shio

Shio adalah simbol binatang cina yang mewakili 12 siklus tahunan. Menurut legenda tradisional Cina, ke dua belas binatang dikumpulkan dalam satu hari dalam sebuah perlombaan untuk menentukan siapa yang menjadi pemimpin dalam siklus pertahunan.

Itulah beberapa fakta menarik seputar perayaan tahun baru Imlek yang perlu kamu ketahui. Selamat merayakan dan salam sejahtera. Gong Xi Fa Cai!

Sumber:
Lifehack: 50 Facts About Chinese New Year

Share this

Leave a Reply

shares