was successfully added to your cart.

7 Alasan Digital Signage Cocok untuk Garap Pasar Millennial

By May 5, 2017Uncategorized
Pasar Digital Signage

Ada banyak alasan mengapa digital signage banyak digunakan oleh para produsen, dan salah satu alasan utamanya adalah untuk menarik perhatian generasi millennial. Selain karena jumlahnya yang mayoritas, kaum millennial juga dianggap lebih modern dan berwawasan luas serta berpenghasilan tinggi.

Beberapa faktor tersebut menjadikan kaum millennial sebagai generasi yang merupakan target utama para marketer. Walaupun ada anggapan bahwa kaum millennial terlalu mementingkan diri sendiri dan sulit diajak bekerja sama, namun mereka juga adalah “penggerak” ekonomi saat ini, trendsetter teknologi dan konten kreator sekaligus konsumen di era digital ini.

Berikut tujuh alasan mengapa segemen pasar digital signage cocok untuk garap generasi millennial:

1. Trendsetter Teknologi

Sebagian besar generasi millennial tumbuh dengan lingkungan penuh teknologi seperti internet dan komputer. Di samping itu, generasi yang lebih tua kini juga merasakan mudahnya akses menggunakan gadget di masa remaja mereka, sehingga kedua generasi ini memang terbiasa dengan teknologi di kesehariannya.

Kaum millennial 2,5 kali lebih mudah mengadopsi teknologi baru dibandingkan dengan generasi lainnya. Mengingat generasi ini terbiasa dengan layar, maka digital signage memiliki kesempatan dan peran yang besar dalam menarik perhatian mereka.

2. Mempunyai Pengaruh Besar

Selain faktor tren teknologi, kaum millennial juga memiliki banyak pengaruh dalam bidang ekonomi. Terdapat laporan yang menyebutkan bahwa generasi millennial merupakan 21% konsumen yang melakukan pembelian langsung.

Salah satu pendukungnya adalah mereka memiliki jaringan yang jauh lebih besar daripada generasi sebelumnya. Misalnya, dari jaringan pertemanan di media sosial, jaringan ini jugalah yang menjadi mesin pendorong terjadinya proses bisnis. Itulah sebabnya generasi ini cocok menjadi sasaran pasar digital signage.

3. Menyukai Konten yang Kekinian

Menjadi generasi yang dimanjakan oleh teknologi, generasi millennial ingin mendapatkan konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kaum millennial ingin mendapatkan informasi sebanyak mungkin, hal ini menjadikan mereka sasaran yang potensial bagi pasar digital signage yang kaya akan informasi dinamis.

Ini membuat peluang pasar digital signage terbuka lebar, namun produsen harus tetap menjaga kualitas konten agar tetap kreatif dan menarik. Selain itu, digital signage juga bisa memberikan kemudahan untuk mengedit konten dan perubahan dapat diperbarui ke berbagai lokasi display, menampilkan konten sesuai jadwal pada layar yang berbeda.

Kelebihan inilah yang membuat informasi pada digital signage dapat diatur sesuai dengan target audiens yang ingin dicapai dengan pesan yang tepat di tempat yang tepat.

4. Aktif di Media Sosial

Kaum millennial berkomunikasi dan bersosialisasi aktif melalui media sosial. Mereka bisa membicarakan bisnismu termasuk kekurangan dan kelebihannya di tempat yang bebas dimasuki oleh semua orang.

Mudah untuk mengetahui, menandakan dan mengunjungi lokasi bisnismu. Memotret produk atau hasil jasa dari bisnis yang kamu lakukan dan memberikan ulasannya menjadi hal yang biasa bagi mereka.

Digital signage bisa menjadi media yang tepat untuk menyampaikan ucapan terima kasih bagi para konsumen atas apa yang telah mereka lakukan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan digital signage untuk menampilkan dan menginformasikan akun media sosial bisnismu seperti Facebook, YouTube, Twitter, email dan sebagainya.

5. Terbuka untuk Berkolaborasi

Digital signage bisa membantumu untuk berinteraksi langsung dengan kaum millennial. Mereka terbuka untuk berkolaborasi dan berpartisipasi dalam kegiatan promo sebuah brand dan pembuatan konten. Hampir setengah dari kaum millennial memposting foto atau video yang mereka buat sendiri.

Ini merupakan peluang besar bagi produsen agar brand dan produk mereka terlibat dalam pembuatan konten tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menjalin komunikasi dengan mereka melalui media sosial. Tampilkan konten menarik pada digital signage untuk memperluas brand awareness bisnismu.

6. Semangat Berbagi Tinggi

Cara terbaik untuk mengungkapkan rasa syukur bagi perusahaan adalah dengan melakukan CSR (Corporate Social Responsibility). Misalnya saja dengan mengadakan bakti sosial, penggalangan dana tahunan atau kerja sosial di LSM. Ajak karyawan dan juga publik untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial melalui pengumuman yang ada di digital signage.

Perlihatkan usaha dan kepedulian bisnismu terhadap kaum millennial. Hampir 50% pembeli dari generasi millennial mau melakukan transaksi jika pembelian tersebut membuahkan sesuatu bagi orang lain. Selain menyelesaikan tanggung jawab sosial bisnis atau perusahaanmu, cara ini juga bisa sekaligus meningkatkan pendapatan.

7. Mengutamakan Transparansi

Generasi millennial lebih berkeyakinan membeli suatu produk dari perusahaan yang bertanggung jawab dan mereka ingin menjadi bagian dari apa yang membuat hebat perusahaan tersebut. Salah satunya adalah transparansi informasi.

Salah satu ciri generasi millennial adalah ingin membagikan informasi atau sharing mengenai kelebihan ataupun kekurangan suatu produk dan jasa kepada publik. Peluang ini bisa dimanfaatkan digital signage untuk mengumpulkan, membagikan dan mempromosikan ulasan tersebut sebagai salah satu bentuk transparansi dari perusahan.

Kesimpulan

Generasi millennial bisa menjadi segmen utama dari pasar digital signage. karena bila dilihat, pasar digital signage akan mengalami pertumbuhan dalam beberapa tahun kedepan dan akan menjadi media utama periklanan dengan ukuran yang lebih baik dari signage tradisional.

Sumber:
RiseVision: 7 Reasons You Should be Using Digital Signage to Reach Millennials

Share this

Leave a Reply

shares