was successfully added to your cart.

Digital Signage Membawa Kualitas Iklan ke Level Selanjutnya

By June 23, 2017Signage
digital signage dan iklan

Digital signage dewasa ini mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama sebagai sarana periklanan dan promosi dengan memberikan efek visual yang dinamis dan menarik secara profesional.

Sebagai media baru untuk promosi, digital signage juga sangat bermanfaat dalam perhelatan acara atau event besar seperti seminar atau pameran karena mampu mempermudah dalam pembuatan media presentasi iklan.

Berikut ini alasan mengapa digital signage mampu membawa kualitas iklan ke level selanjutnya.

1. Real-Time Social Feeds

Banyak orang tahu mengenai kekuatan media sosial secara live seperti Twitter, Instagram, YouTube dan Facebook. Dengan lebih dari 280 juta pengguna aktif, Twitter memimpin keterlibatan sosial berbasis event dan hal ini semakin didukung dengan penggunaan aplikasi Periscope yang terhubung langsung.

Sementara itu Instagram semakin populer dengan fitur Live Video yang memudahkan kamu untuk menjangkau lebih banyak orang secara visual. Kamu juga bisa menampilkan social feeds secara live pada layar digital signage dan libatkan banyak audiens.

Social feeds pada digital signage berguna menampilkan feeds langsung berupa tweet, unggahan foto, video atau komentar dari media sosial secara real-time. Minta audiens untuk ikut serta dengan cara mention atau gunakan hashtags tertentu agar postingan mereka dapat tampil di layar.

2. Navigasi Dinamis

Salah satu kelebihan digital signage adalah mampu menampilkan konten baru kapan saja. Audiens bisa melihat pengumuman terbaru mengenai event yang sedang diadakan dari informasi yang ditampilkan melalui digital signage.

Misalnya pada acara sebuah seminar, audiens bisa mendapatkan kontak pembicara dengan cara memindai QR code yang ditampilkan di layar digital signage. Atau audiens bisa mengunduh bahan seminar dari QR code yang ditampilkan.

Dengan digital signage, kamu tak perlu pusing harus memberikan pengumuman mendadak jika terdapat suatu perubahan seperti berubahnya jadwal event. Cukup perbarui atau buat konten baru untuk ditampilkan pada digital signage, dan semua orang bisa melihat informasi tersebut secara langsung.

Baca juga:  Penjualan Ritel Meningkat Berkat Digital Signage

3. Galeri Interaktif

Galeri yang menampilkan karya yang dicetak secara tradisional kini sudah ketinggalan zaman. Kini galeri harus bersifat interaktif dan modern agar terlihat profesional, apa lagi untuk event besar.

Teknologi yang canggih memungkinkan kamu menampilkan galeri dengan media layar sentuh. Audiens bisa berinteraksi langsung dengan karya-karya yang ditampilkan dan bisa mengaksesnya bahkan secara online.

Selain menghemat kertas, penggunaan digital signage untuk galeri juga tidak memerlukan biaya besar. Cukup sediakan lima sampai sepuluh monitor display dan galeri kamu akan menjadi hidup.

Karena bersifat digital, audiens dapat melihat seluruh pameran galeri hanya dari satu layar. Kamu bisa mengatur perubahan konten sesuai dengan durasi yang diinginkan dan mencari informasi mengenai karya yang mereka sukai.

4. Informasi Denah Lokasi

Seperti galeri, sebuah peta berupa cetakan tradisional kini dianggap sudah ketinggalan zaman. Kamu bisa menampilkan informasi mengenai denah lokasi atau peta venue event menggunakan digital signage dengan tampilan yang jauh lebih modern.

Bayangkan jika petugas informasi sedang istirahat makan atau pergi ke kamar kecil, maka audiens harus menunggu mereka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Namun hal ini tak akan terjadi jika kamu menggunakan digital signage pada event kamu. Audiens bisa leluasa melihat denah dan mencari lokasi yang diinginkan.

Kemudian dengan teknologi layar sentuh, kamu bisa mengatur konten dengan mengelompokkannya sesuai dengan kategori. Misalnya area food court, area ruang pertemuan, area parkir dan sebagainya.

5. Leaderboard Kompetitif

Event dengan aspek gamification (perhitungan skor, kompetisi, aturan bermain) biasa ditemukan di pameran dagang dan event konferensi. Penggunaan digital signage pada event seperti itu adalah cara yang bagus untuk melibatkan audiens dan menghasilkan prospek untuk sponsor.

Baca juga:  7 Alasan Digital Signage Cocok untuk Garap Pasar Millennial

Gunakan digital signage sebagai papan peringkat (leaderboard) yang menampilkan informasi secara live atau real-time. Sama seperti poin pertama, cara ini mengingatkan audiens untuk terlibat dalam aktivitas ini sekaligus event yang sedang berlangsung.

6. Respon Audiens Secara Langsung

Untuk mencapai keberhasilan suatu event sangat diperlukan aspek keterlibatan dengan para audiens. Selain memastikan acara utama menarik hati audiens, kamu harus bisa mendapatkan respon dan feedback langsung dari mereka.

Misalnya pada acara konferensi, pembicara bisa menyampaikan sebuah topik tertentu dan meminta peserta memberikan feedback mereka. Feedback tersebut kemudian bisa ditampilkan melalui digital signage untuk kemudian dibahas secara bersama-sama.

7. Respon Audiens

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan ketika sebuah event berlangsung adalah keterlibatan dengan audiens dan respon yang mereka berikan. Bahkan bisa dikatakan bahwa kesuksesan sebuah event terukur dari aspek tersebut.

Untuk mencapai tujuan itu, kamu sebagai penyelenggara ataupun MC event dapat menjalankan audience response system (ARS) atau sistem respon audiens. Tarik perhatian audiens dengan topik tertentu, dapatkan feedback dari mereka dan sesuaikan konten event kamu secara real-time dengan feedback berdasarkan hasil yang didapat.

Memaparkan hasil secara real-time pada layar digital ketika event berlangsung akan menarik perhatian audiens. Mereka akan terdorong untuk ikut berpartisipasi memberikan suaranya agar ditampilkan.

Sumber:
Capterra: 7 Reasons Digital Signage Will Take Your Events to the Next Level

Share this

Leave a Reply

shares