was successfully added to your cart.

4 Alasan Mengapa Sektor Publik Harus Menggunakan Digital Signage

By May 26, 2017Signage
digital signage bagi sektor publik

Perkembangan teknologi memberikan dampak yang positif pada penggunaan digital signage belakangan ini. Bila sebelumnya digital signage masih dianggap terlalu mahal dan tidak terjangkau, namun kini malah sebaliknya.

Digital signage saat ini sudah memperlihatkan banyak maanfaatnya pada sektor bisnis, seperti restoran, pariwisata dan juga hiburan. Tak hanya itu, sektor publik pun masuk dalam target pasar digital signage. Terlihat dari seringnya kita jumpai digital signage tempat-tempat umum, gedung pemerintahan dan sekolah-sekolah.

Berikut 4 alasan mengapa sektor publik harus menggunakan digital signage agar berjalan menjadi lebih baik lagi.

1. Meningkatkan Komunikasi Internal

Pada sektor publik, seperti industri manufaktur dan lainnya, digital signage tidak harus dibuat mengarah langsung kepada publik untuk mendapat keuntungan. Terkadang perusahaan justru perlu memberikan informasi kepada anggota mereka sendiri secara cepat.

Dengan demikian, penempatan digital signage di ruang bekerja yang strategis dirasa lebih efektif dibandingkan pengiriman informasi melalui email, media sosial atau sistem penyebaran informasi lainnya.

Beberapa hal yang bisa disampaikan melalui penempatan digital signage, di antaranya sharing reminder, update kondisi atau peraturan perusahaan yang baru, menampilkan data, memberikan informasi jadwal dan sebagainya.

2. Membantu Pemenuhan Kebutuhan Umum Masyarakat

Sektor publik dan proses administrasi setiap harinya berjalan bersamaan. Dengan digital signage penyampaian informasi terbaru untuk masyarakat baik terkait regulasi hukum atau iklan perusahaan bisa dilakukan dengan cara yang lebih kreatif.

Layar digital ini bisa digunakan untuk iklan layanan masyarakat, seperti himbauan agar pengemudi kendaraan roda dua selalu mengenakan helm yang sudah berlogo SNI.

Baca juga:  Digital Signage Hadirkan Pengalaman Berbeda Saat Mengantre

Atau misalnya iklan yang mengingatkan masyarakat agar tidak lupa untuk membayar pajak, mengikuti Pilkada, bahaya merokok dan sebagainya. Konten dibuat dengan cara yang kreatif dan interaktif sehingga menarik perhatian masyarakat.

3. Menyebarkan Informasi Penting dengan Cepat

Untuk menggantikan bunyi sirine yang bisa membuat orang semakin panik dalam keadaan darurat, maka digital signage akan menjadi pilihan yang tepat. Misalnya, digital signage digunakan untuk menginformasikan orang-orang yang sedang berada dalam suatu gedung mengenai bencana alam atau situasi darurat.

Peringatan dan instruksi evakuasi melalui digital signage mampu menjangkau lebih banyak orang dengan cepat. Tidak hanya informasi mengenai kejadian saja, namun digital signage juga mampu memberikan rincian evakuasi. Misalnya seperti rute yang harus diambil dan tempat aman untuk berkumpul.

4. Memastikan Semua Orang Mendapatkan Pesan

Pesan yang dikirimkan melalui email atau media sosial tak selalu menjamin akan dibaca oleh semua penerimanya. Hal yang sama terjadi pada notes atau memo yang ditulis langsung dan ditempelkan di meja penerima.

Namun digital signage memungkinkan semua orang melihat dan mendapatkan pesan secara langsung dengan cara yang lebih menarik perhatian. Pada praktek di kantor misalnya, karyawan tak perlu membuka email setiap waktu untuk mengecek pesan masuk dari atasan.

Baca juga:  4 Alasan Kenapa Harus Beralih ke Menu Board Digital

Mereka bisa mendapatkan informasi ketika sedang berjalan di lobby gedung atau menuju ke kantin di mana digital signage ditempatkan.

Kesimpulan

Digital signage bagi sektor publik tidak hanya menghasilkan konten dengan tampilan visual berkualitas tinggi, namun menjangkau lebih banyak orang. Platform digital ini menawarkan keleluasaan serta fleksibilitas kepada organisasi, perusahaan dan sektor publik maupun pemerintahan dalam penyebaran informasi.

Dengan pemanfaatan digital signage yang terencana dan teruji, maka sektor publik dapat memperbaiki komunikasi dengan cara yang menarik sambil menghemat tenaga, waktu dan juga biaya.

Sumber:
DigitalSignageToday: 4 ways digital signage makes the public sector run better

Share this

Leave a Reply

shares