was successfully added to your cart.

Tips Desain Stiker Untuk Branding

By April 6, 2016Uncategorized
stiker branding

Stiker bisa menjadi sebuah media yang sangat berguna untuk promosi sebuah brand dengan cara yang mengesankan dan efektif namun terjangkau. Jika bicara mengenai desain, tantangan terbesar dalam mendesain stiker adalah membuat stiker yang berbeda dari biasanya.

Karena ruang kreasi desain stiker branding sangat terbatas, membuat ide stiker yang kreatif perlu sebuah konsep yang matang. Fokusnya adalah membuat desain stiker yang mudah diingat dan mengandung CTA (Call To Action).

Call To Action adalah istilah pemasaran yang artinya bersifat instruksi atau ajakan kepada calon konsumen untuk melakukan tindakan segera, biasanya menggunakan kata kerja seperti, “hubungi kami”, “klik disini”, “kunjungi website kami”.

Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam membuat desain stiker branding yang sukses dan kreatif.

Logo Saja Tidak Cukup – Tambahkan CTA

Desain stiker dengan logo dan tagline mungkin adalah yang pertama kali Anda pikirkan, tapi ini tidak akan memberikan efek yang cukup. Hal ini yang paling sering dilakukan oleh banyak brand, dan yang juga paling mudah dilakukan. Tapi menambahkan CTA yang mengesankan dan membujuk bisa memberikan perubahan besar.

Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan penjualan/pemasukan bagi bisnis Anda. Cobalah untuk menambahkan kalimat yang menarik bersama dengan no telp, alamat website, alamat kantor atau detil penting relevan lainnya.

Gambar Yang Jelas dan Menarik

Stiker yang memiliki bentuk tegas dan warna cerah akan lebih menarik dibanding stiker yang setengah-setengah. Jika stiker Anda dicetak dalam ukuran kecil, menggabungkannya dengan gambar dan warna kontras bisa membuatnya terlihat lebih jelas dan padat, lebih mudah dibaca. Jika stiker dibuat dengan penuh warna, Anda tahu pada akhirnya stiker akan terlihat lebih eye-catching dan sangat menarik.

Baca juga: Komposisi warna dan gambar yang menarik untuk memperkuat branding

Menggunakan Sticker Templates

Gunakan juga sticker template untuk memudahkan proses desain dan cetak stiker. Dengan sticker template, Anda bisa mendapatkan gambaran dimensi dari stiker sebelum dicetak, termasuk ‘trim, ‘safe area’, dan ‘bleed’. Templates sangat cocok untuk berbagai bentuk dan ukuran atau apapun yang Anda pikirkan.

Proses Cetak dan Kualitas Bahan

Desain yang sempurna tidak akan mendapatkan hasil terbaik apabila dicetak pada bahan kertas stiker yang tidak layak. Hal ini justru akan memberikan Anda kualitas stiker yang sangat buruk dan kesan yang tidak diinginkan. Pilihlah bahan kertas yang premium untuk mencetak stiker jika ingin mendapatkan hasil stiker terbaik.

Selain itu, jangan pernah mengharapkan hasil memuaskan jika mencetak stiker menggunakan printer laser jet atau ink jet. Perhatikan kualitas stiker Anda, karena itu merupakan representasi dari kualitas brand, bisnis, jasa dan juga produk Anda.

Gunakan Strategi Marketing

Pikirkan cara yang berbeda untuk menggunakan stiker sebagai media pemasaran brand atau bisnis Anda, dan bisa memberikan peningkatan terhadap brand awareness juga. Sangat memungkinkan untuk membagikan stiker pada saat bertemu klien, mengirimkan produk, ataupun event pameran. Ada banyak sekali cara untuk menggunakan stiker sebagai media pemasaran dan meningkatkan penjualan bagi segala jenis bisnis.

Proses desain stiker telah menjadi bagian pelengkap dari bisnis dan kultur perusahaan. Jika Anda bisa melihat pasar yang sudah jenuh dengan desain stiker branding yang itu-itu saja, cobalah untuk riset dan menciptakan desain stiker yang berbeda. Terkadang beberapa konsep desain stiker bisa menipu, pikirkan baik-baik. Terakhir tampilkan dengan percaya diri, karena ini adalah kunci utamanya.

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Call_to_action_(marketing)
http://www.webdesignerhub.com/

Share this

One Comment

  • […] Stiker bisa menjadi sebuah media/alat yang sangat berguna untuk promosi sebuah brand dengan cara yang mengesankan dan efektif namun terjangkau. Jika bicara mengenai desain, tantangan terbesar dalam mendesain stiker adalah membuat stiker yang berbeda dari biasanya. Karena ruang kreasi desain untuk stiker sangat terbatas, membuat ide stiker yang ou  […]

Leave a Reply

shares