was successfully added to your cart.

Tips Desain Layout Ruang Kantor

By February 21, 2017Uncategorized
Desain Layout Kantor

Sebuah kantor baru seperti kanvas kosong, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya menarik. Ada banyak teori dan pendekatan untuk mengatur tata ruang atau desain layout kantor.

Demi membuat kantor menarik dan efektif, para pemilik perusahaan berusaha untuk mendekorasi dan mengatur layout setiap ruangan dengan maksimal. Agar desain dan layout kantormu menarik serta efektif, perhatikan lima tips berikut ini :

1. Tentukan Zona Kantor

Jika kamu ingin membuat layout kantor secara modern dengan ruang terbuka, pertimbangkan bagaimana caramu untuk membagi-bagi ruang.

Untuk memisahkan ruang meeting misalnya, kamu mungkin harus menambahkan dinding kecil atau pemisah dengan menggunakan tanaman yang tinggi. Kamu juga harus memisahkan antar ruang dengan fungsi yang berbeda menggunakan beberapa motif karpet atau mengecat lantai dengan pembatas.

Bukan bermaksud untuk mengisolasi karyawan, namun hal ini dilakukan untuk melihat fungsi masing-masing ruang dan furnitur yang sesuai.

2. Area Kreatif Karyawan

Sisihkan area yang bisa digunakan untuk kegiatan tertentu atau bersantai. Zona ini tidak dilengkapi dengan peralatan kantor seperti komputer, melainkan furnitur menarik yang mendorong kreatifitas karyawan dan mengurangi bebas stress.

Kini banyak kantor yang sudah melakukan hal ini, misalnya menyediakan meja pingpong atau mesin kopi dekat sofa sehingga karyawan dapat bersantai atau berolahraga. Cari tahu minat karyawanmu dan sesuaikan area ini dengan kepribadian mereka.

3. Berikan Unsur Alam

Tanaman yang ada di kantor memberikan pengaruh lebih positif daripada hanya warna cat dinding. Tanaman dapat membersihkan udara, menarik perhatian dan menghasilkan lingkungan yang lebih santai secara alami.

Namun sebelum memilih tanaman, pertimbangkan faktor cahaya alami yang tersedia. Pilih tanaman yang bisa tetap segar dan tumbuh dengan lingkungan tertentu. Selain itu, kamu bisa meminta agar setiap karyawan membawa tanaman di pot kecil.

4. Atur Pencahayaan dengan Baik

Karyawan dan mungkin juga kamu, umumnya menatap layar komputer seharian penuh selama jam kerja. Hal ini dapat menyebabkan mata lelah sehingga pencahayaan di kantor harus berkontribusi dengan maksimal.

Cari lampu dengan ukuran dan intensitas cahaya yang sesuai dengan ukuran kantor. Hindari warna yang terlalu banyak memancarkan spektrum biru.

Faktor pencahayaan juga turut mempengaruhi mood ruangan bahkan karyawan. Misalnya pada zona kreatif atau santai di kantor, cocok dengan lampu yang didukung dengan saklar dimmer. Sementara itu ruang pantry lebih cocok dengan pencahayaan dari bawah lemari.

5. Berani Pilih Warna Cat dan Unsur Seni

Hindari dekorasi dan layout kantor pada umumnya yang “kaku”. Beranikan diri untuk mengubah kantormu sehingga memiliki suasana bekerja yang menyenangkan.

Pelajari skema warna yang mampu merangsang dan mendorong produktivitas karyawan. Pertimbangkan warna kuning, hijau, merah atau biru. Buat dinding semakin menarik dengan gambar atau lukisan, bahkan patung yang kamu inginkan (harus tetap cocok dengan identitas kantor).

Sumber :

http://prioritymovingservices.com/office-layout-ideas/

Share this

Leave a Reply

shares