was successfully added to your cart.

Desain Kantor Startup yang Keren

By February 11, 2017Uncategorized
Desain kantor startup

Sebuah kantor pada umumnya memiliki desain interior yang hampir sama. Bahkan bisa dibilang banyak perusahaan dengan desain kantor yang membosankan dan terlalu kaku. Namun, hal seperti itu sudah tak ditemukan pada beberapa perusahaan startup.

Dengan pendekatan yang berbeda, desain kantor startup dirancang agar lebih minimalis, elegan dan unik. Salah satu tujuannya adalah untuk menunjang semangat kerja karyawan agar terhindar dari rasa bosan.

Desain kantor startup dari Google misalnya, Googleplex dan semua kantor milik google telah menginspirasi banyak perusahaan startup untuk mendesain ruang kantor yang sama seperti mereka.

Lalu seperti apa desain kantor startup yang keren itu? Berikut ulasannya di bawah ini.

1. 9GAG

Kantor-9gagSesuai dengan tema website 9GAG, kantor yang bernama LAAB ini didesain secara minimalis berwarna hitam dan putih. Ruangan kantor dilengkapi dengan interior yang disesuaikan dengan nuansa yang sederhana dan menenangkan.

Kantor ini memiliki ruang terbuka yang disebut dengan “9PARK”. Ruangan ini memiliki luas yang cukup besar untuk melakukan banyak kegiatan seperti pertemuan, bersantai, bahkan bisa untuk berkemah.

kantor-9gag-2enak ya kerja di kantor 9gag, bisa nyantai gitu. via archdaily.com

Kemudian ruangan “9DESKS” merupakan sebuah “pulau” yang berisikan meja terbuka berwarna putih. Ruangan dan meja ini biasa dipakai oleh banyak tim dengan proyek berbeda untuk melakukan rapat atau pertemuan.

Kursi di sini dirancang khusus agar memungkinkan karyawan untuk bekerja dengan postur yang diinginkan.

2. Google

kantor-google-keren-3Sebagai salah satu perusahaan raksasa di dunia, tak heran kalau Google memiliki desain kantor yang sangat keren. Bagaimana tidak, dibandingkan dengan desain kantor pada umumnya, dapat dibilang kantor Google sama dengan sebuah mall untuk bersantai.

Kantor pusat Google Asia Pasifik yang berlokasi di Singapura, sangat memanjakan karyawan dan pengunjung atau tamu yang datang. Begitu memasuki gedung kantor, kamu akan dihadapkan dengan dinding besar dan tinggi berupa layar untuk menonton video YouTube.
kantor-google-keren-2Google memiliki pantry berisikan banyak sekali minuman dan snack sehat. Ruangan pantry ini berdampingan dengan ruangan fitness yang bebas digunakan kapanpun para karyawan mau.

Selain itu, kantor Google juga memiliki ruangan khusus untuk tidur siang. Dengan begitu para karyawan yang lelah karena bekerja semalaman bisa beristirahat di sini. Selain itu, masih banyak lagi ruangan di kantor Google seperti salon, ruang pijat, cafe, ruang game dan lainnya.

kantor-google-kerenini baru work hard, play harder!

Google tak khawatir desain dan konsep kantor mereka membuat karyawan malah menjadi malas bekerja. Google mengatakan sangat percaya kepada setiap kemampuan dan hasil kinerja para karyawannya.

3. Kaskus

kantor-kaskus-2Kantor Kaskus menerapkan konsep hijau pada ruang tunggu mereka. Tamu dan pengunjung yang datang akan disambut dengan sebuah lorong dan berujung pada “green room” tempat untuk menunggu.

Ruangan ini didesain dengan konsep ramah lingkungan dan dilengkapi dengan sofa empuk serta permainan golf yang bisa langsung dimainkan.

kantor-kaskusada yang pernah main ke kantor kaskus? Terus ketemu sama andrew darwis?

Untuk mengusir rasa jenuh dan tetap kreatif, Kaskus menyediakan “game room” untuk para karyawan. Mereka yang bekerja di Kaskus kemudian dimanjakan dengan fasilitas “lunch room” untuk mendapatkan makan siang secara gratis.

Terdapat labirin dengan nama “Tembok Pertamax” yang dikhususkan bagi para pengunjung. Tembok Pertamax didesain menggunakan ubin keramik berwarna putih sebagai tempat pengunjung menuliskan kesan dan pesan mereka.

Kaskus juga memiliki fasilitas perosotan untuk memudahkan akses turun lantai dengan pengalaman yang menyenangkan.

4. Facebook

Kantor Facebook didesain dengan interior yang sesuai dengan budaya Facebook dengan tujuan menciptakan suasana kerja yang kondusif dan nyaman bagi karyawan.

kantor-facebook-singaporeSetelah melewati sistem dan petugas keamanan yang ketat, pengunjung dihadapkan dengan poster-poster besar bertuliskan berbagai macam quote yang berhubungan dengan kesuksesan. Ruangan-ruangan di kantor Facebook dilengkapi dengan fasilitas furnitur berteknologi tinggi yang dihias dengan lukisan street art.

kantor-facebook-sydney-2salah satu ruangan di kantor facebook, via irishtimes.com

Facebook banyak memiliki ruang terbuka dengan sofa yang nyaman untuk para karyawannya. Disini, karyawan bisa bekerja di cafe maupun mengadakan meeting di ruang konferensi dengan desain menarik. Ruangan meeting memiliki fasilitas video forum jika terdapat diskusi dengan kantor Facebook di negara lainnya.

Tips

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat desain kantor startup milikmu menjadi lebih nyaman dan menarik. Misalnya, dengan memilih sofa yang unik, warna cat tembok yang tepat, atau kamu juga bisa menyediakan lounge untuk tempat bersantai karyawan.

Sumber :
BoredPanda: 12 Of The Coolest Offices In The World

Share this

Leave a Reply

shares