was successfully added to your cart.

Tema Dekorasi Pernikahan yang Bisa Jadi Inspirasi

By August 28, 2017Dekorasi
tema dekorasi pernikahan

Memiliki pernikahan yang indah adalah impian bagi setiap orang. Di hari spesial tersebut pasangan pengantin ingin memastikan bahwa semua hal berjalan sempurna sesuai rencana tanpa adanya masalah, termasuk dekorasi pernikahan.

Tidak seperti dulu, kini ada banyak sekali tema dekorasi unik yang dipilih oleh para pasangan pengantin untuk menghiasi hari bahagia mereka. Ingin tampil berbeda, para pengantin pun memiliki banyak ide luar biasa yang diterapkan pada tema dekorasi pernikahan mereka.

Kamu ingin dekorasi pernikahanmu tampil beda? Yuk lihat 10 inspirasi tema dekorasi pernikahan di bawah ini:

1. Pesta Kebun

pesta-kebunTema ini mulai banyak digunakan oleh para pengantin karena kenampakan alam yang asri akan menambah keindahan suasana pernikahan. Gunakan tanaman, bunga dan lilin cantik untuk menghiasi meja serta pelaminanmu. Padukan warna-warna pastel seperti krem, pink, putih atau hijau tosca yang lembut.

Kemudian pilih warna bunga untuk dekorasi dan hand bouquet yang selaras seperti putih atau pink. Kamu juga bisa menggunakan karpet putih di atas rumput hijau segar yang semakin menambah penampilan indah dekorasi ini.

Untuk melengkapinya, pilih hiasan mahkota bunga daripada tiara atau mahkota. Lalu gunakan bangku kayu untuk tamu (pengganti bangku lipat besi) agar semakin menyatu dengan dekorasi lainnya.

2. Floral

floralPenggunaan bunga untuk dekorasi pernikahan memang sudah biasa, namun apa jadinya jika penggunaan bunga ini dijadikan tema dekorasi?

Agar indah dan memukau, gunakan bunga di hampir seluruh bagian ruangan. Dimulai dari pintu masuk, sepanjang jalan menuju pelaminan, bangku tamu, langit-langit dan tentu saja di pelaminan itu sendiri.

Pilih beberapa warna dan jenis bunga yang cocok untuk dipadupadankan seperti putih, krem, kuning, pink dan ungu muda. Selain indah, pernikahanmu juga akan “wangi” karena harum sedap dari bunga-bunga tersebut.

3. Warna Netral

warna netralKalau kamu penyuka warna-warna netral, maka tema ini cocok untuk kamu. Kamu tidak perlu menggunakan banyak aksesoris atau hiasan tertentu dalam tema ini. Melainkan kamu harus kreatif dalam penggunaan warna-warna dekorasi.

Gunakan warna netral seperti putih, silver, abu-abu, coklat muda atau krem untuk setiap kelengkapan dekorasi. Misalnya saja, hand bouquet berwarna putih dan pink (hindari penggunaan warna terang seperti merah atau kuning), gaun berwarna gading, jas silver untuk pasanganmu, dan dress bernuansa krem untuk para bridesmaid atau keluarga.

Pilih juga sarung kursi berwarna senada seperti abu-abu atau putih, dan wedding cake yang diberi hiasan bunga atau fondant berwarna putih dan silver atau soft gold.

Baca juga:  Tips Menciptakan Ruang dan Lingkungan Kerja yang Sehat

4. Nuansa Ala Negari Jepang

nuansa-jepangJika biasanya para pengantin di Indonesia menggunakan kebaya, baju tradisional ataupun gaun pada hari pernikahan, mengapa kamu tak mencoba gaya lain seperti menggunakan baju adat tradisional Jepang seperti ini?

Selain baju pengantin, gunakan hiasan dan bunga dekorasi ala negeri sakura tersebut. Pilih bunga sakura (jika sulit menemukan yang asli, gunakan bunga palsu) untuk mendekorasi seluruh ruangan. Warna pink dari bunga sakura cocok dipadukan dengan furnitur pelaminan berwarna putih, termasuk karpet bunga putih.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan semacam gate atau gerbang ala Jepang di pintu masuk ruangan dan juga suvenir serta hidangan ala Jepang.

5. Piknik

piknikTak ada perasaan yang lebih membahagiakan daripada berkumpul bersama keluarga dan sahabat-sahabat terkasih di hari pernikahanmu.

Agar tema dekorasi pernikahanmu semakin “hangat”, coba gunakan tema piknik di mana para tamu bisa duduk di atas tikar sambil menikmati hidangan dan mengobrol bersama. Sediakan beberapa bantal di atas tikar agar nyaman dan santai, serta balon warna-warni untuk menghadirkan suasana pesta yang cukup meriah.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan dekorasi tenda-tenda kecil yang lucu, payung kertas dan hiasan bendera gantung kecil berwarna-warni yang senada dengan warna pada kelengkapan dekorasi lainnya.

Ingat, tema ini hanya cocok diterapkan di ruang terbuka seperti kebun atau pantai.

6. Princess

princessTema ini biasanya disukai dan diimpikan oleh pengantin perempuan yang masa kecilnya ingin menjadi seorang putri kerajaan atau princess yang banyak ditemukan di film kartun Disney.

Untuk mewujudkan impian masa kecilnya, banyak pengantin memilih tema ala princess atau putri kerajaan. Gunakan wedding gown berwarna putih yang memiliki bagian rok yang mengembang, tiara dan mahkota, serta model rambut yang dihias dengan elegan.

Ganti mobil pengantin dengan kereta kuda, buat kue pengantin yang tinggi dan gunakan lagu-lagu soundtrack film princess. Gunakan lampu kristal, bunga mawar dan lilin cantik untuk semakin menghadirkan suasana kerajaan yang elegan dan mewah.

7. Komik dan Buku

tema dekorasi pernikahan bukuKata siapa tema atau dekorasi pernikahan harus menggunakan bunga, lilin ataupun lampu dan kain-kain yang indah? Agar lebih santai dan personal, tak ada salahnya menyelipkan hal yang kamu sukai atau benda favoritmu dalam tema dekorasi pernikahan, seperti buku komik.

Rangkai backdrop pelaminan dengan memenuhinya menggunakan buku atau komik, kemudian gunakan sofa yang nyaman sebagai tempat duduk kamu dan pasanganmu seperti sofa yang biasa ada di perpustakaan atau ruang baca.

Baca juga:  5 Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah

Ganti bunga dekorasi meja dengan bunga yang terbuat dari kertas buku atau majalah. Selain itu, rancang desain undanganmu dengan desain gambar komik, serta keterangan acara seperti kartu hadir perpustakaan.

8. Ala Hidup Sehat

tema dekorasi pernikahan ala hidup sehatTidak sedikit orang yang menahan diri untuk tidak makan di pesta pernikahan dengan alasan sedang diet atau takut gemuk karena makanan pesta yang memiliki kalori tinggi. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan mengadakan tema pernikahan yang “sehat”.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan mencolok pada penggunaan furnitur untuk dekorasi, hanya saja kamu akan membuat pernikahanmu berbeda dengan menu yang disajikan.

Daripada menyuguhkan nasi, soto, sate kambing, es dan kue, ganti menu tersebut dengan makanan sehat seperti menu sayuran, salad, buah dan jus serta daging ayam panggang. Selain itu kamu juga bisa mengajak para tamu untuk berdansa selama acara sebagai alternatif olahraga.

9. Pesta Rakyat

tema dekorasi pernikahan pesta rakyatAgar menarik, kamu bisa menerapkan tema pesta rakyat pada dekorasi pernikahanmu.

Selain menggunakan catering, hadirkan makanan dan jajanan tradisional langsung di gerobaknya (pastikan gerobak jualan dan makanan/minuman tersebut bersih ya). Kemudian masukkan permen atau snack tradisional ke dalam toples kaca yang bisa diambil langsung oleh tamu.

Gunakan hiasan sederhana seperti kincir angin dan bendera-bendera kecil berwarna-warni sebagai backdrop photo booth bagi tamu. Jangan lupa lengkapi dengan penampilan dari penari tradisional dan dekorasi ala pasar malam seperti bianglala yang terbuat dari beberapa sangkar burung.

10. Dunia Harry Potter

tema dekorasi pernikahan dunia harry potterKalau kamu mengaku sebagai fans nomor satu Harry Potter, kamu pasti ingin menggunakan tema ini pada dekorasi pernikahanmu. Dekorasi pesta pernikahan Cassie dan Lewis Byrom sukses membuat para tamu undangan merasa sedang memasuki dunia penuh keajaiban sihir seperti yang kita temukan pada film dan novel karangan JK Rowling tersebut.

Jika ingin menggunakan tema ini, hias ruangan resepsi layaknya sekolah sihir Hogwarts dengan penggunaan lilin, hiasan laba-laba, lilin di dalam botol yang menyeramkan hingga lampu gantung berwarna sedikit redup.

Jangan lupa dekorasikan ruangan dengan dahan atau ranting pohon ala hutan sihir, undangan yang didesain seperti koran Daily Prophet hingga suvenir ala benda-benda Harry Potter.

Sumber:
Wolipop: 30 Inspirasi Dekorasi Pernikahan
Elegant Wedding Invites: Ten Trending Wedding Theme Ideas For 2017

Share this

Leave a Reply

shares