was successfully added to your cart.

7 Dekorasi Imlek Sederhana untuk Rumah

By January 24, 2017Dekorasi
dekorasi imlek

Dekorasi Imlek sudah ramai terlihat menjelang perayaan Tahun Baru China, masyarakat Tionghoa bersiap menyambut kemeriahan Imlek tahun ini dengan membersihkan dan mendekorasi rumah mereka.

Setiap tahunnya, perayaan hari raya ini pun berlangsung dengan sangat meriah, dimana para sanak saudara berkumpul untuk makan dan merayakannya bersama. Suasana semakin ramai dengan hiasan warna-warna merah, lampu lampion, ornamen naga, kembang api, dan tentunya makanan khas Imlek.

Dalam hal ini, banyak keluarga yang mencari inspirasi untuk mendekorasi rumah mereka dengan hiasan dan pernak pernik khas Imlek. Berbagai ornamen yang digunakan untuk menghias rumah tak hanya berfungsi sebagai dekorasi Imlek saja.

Masing-masing hiasan memiliki arti dan makna tersembunyi. Berikut ini beberapa dekorasi Imlek sederhana, praktis dan mudah dibuat untuk rumahmu.

1. Lampion – Mengusir Nasib Buruk

Di China, lampion biasanya digunakan dalam festival penting seperti Festival Musim Semi (tahun baru China untuk festival lentera) dan Festival (pertengahan) Musim Gugur.

Selama tahun baru Imlek, kamu akan banyak melihat lampion yang digantung di pohon, di jalan-jalan, gedung perkantoran, dan pintu rumah. Menggantung lampion merah di depan pintu diyakini akan mengusir nasib buruk.

2. Menempel Harapan di Pintu

Menurut sejarah Imlek, warga Tionghoa sering menempelkan kertas yang bertuliskan harapan di tahun yang baru, puisi-puisi musim semi mengenai kebahagiaan di pintu rumah mereka, seperti “semoga sukses di tahun yang akan datang”.

Tulisan yang ditempel di sisi kanan atau kiri pintu biasanya berisikan ucapan-ucapan selamat, harapan, dan doa warga Tionghoa untuk masa depan dan kehidupan yang lebih baik di tahun yang akan datang. Selain itu, hal ini juga menandakan suka cita warga Tionghoa dalam merayakan Imlek.

Baca juga:  5 Desain Ruang Kerja Minimalis di Rumah

3. Hiasan Kertas (Paper Cutting)

Hiasan ini adalah salah satu dekorasi yang bisa kamu buat sendiri di rumah (DIY) karena sangat mudah. Paper cutting adalah seni memotong kertas untuk kemudian ditempelkan di suatu media.

Di negara China, warga biasanya memotong kertas berwarna merah dan menempelkannya pada pintu atau jendela pada saat menjelang Imlek. Biasanya kertas tersebut bertuliskan “Keberuntungan dan Kebahagiaan”.

Kamu bisa menggunting kertas membentuk tanaman atau hewan karena masing-masing tanaman dan hewan memiliki arti permohonan yang berbeda satu sama lain.

Misalnya, persik melambangkan umur panjang, delima melambangkan kesuburan, bebek mandarin melambangan cinta, pohon pinus melambangkan awet muda, peony melambangkan kehormatan dan kekayaan.

Sementara itu burung murai yang bertengger di cabang pohon menandakan bahwa permohonan kamu akan segera terwujud.

4. Lukisan Tahun Baru – Simbol Salam Tahun Baru

Lukisan tahun baru yang ditempel di pintu dan dinding selama perayaan merupakan tradisi Imlek dan juga simbol salam Tahun Baru China. Gambar yang ada di lukisan biasanya adalah tokoh-tokoh legendaris yang dipercaya memberikan keberuntungan dan kebahagiaan.

5. Tulisan Fu – Berkelimpahan Keberuntungan

Fu [福] adalah tulisan Mandarin yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti “bahagia”. Tulisan Fu memiliki harapan untuk hidup bahagia di tahun yang baru. Ada juga yang menempelkan huruf “Fu” secara terbalik.

Baca juga:  7 Desain Ruang Tamu Minimalis dan Modern

Dalam bahasa Mandarin, huruf Fu yang terbalik dibaca Dao [倒], memiliki nada yang sama dengan Dao [到] yang artinya adalah “tiba”. Warga Tionghoa mengartikannya sebagai tibanya kebahagian di tahun baru.

6. Pohon Kumquat – Permohonan untuk Kekayaan dan Hoki

Di Kanton, kumquat disebut gam gat sue . Kata gam (金) adalah kata Kanton untuk “emas”, dan kata gat terdengar seperti kata Kanton yang memiliki arti “keberuntungan.

Dalam bahasa Mandarin, kumquat disebut Jinju shu (金桔树Jinju Shu / jin-jyoo shoo /), dan kata jin (金) yang berarti “emas”.
Oleh karena itu, memiliki pohon kumquat di rumah melambangkan keinginan untuk bisa mendapatkan kekayaan dan keberuntungan.

Pohon Kumquat adalah tanaman yang sangat populer ditampilkan selama liburan Tahun Baru China, terutama di daerah yang berbahasa Kanton China Selatan seperti Hong Kong, Macau, Guangdong, dan Guangxi.

7. Bunga Mekar – Pengharapan Untuk Tahun Baru Sejahtera

Tahun Baru China yang juga disebut sebagai Festival Musim Semi, menandai datangnya awal musim semi. Ada sebuah tradisi untuk menghias rumah dengan bunga bermekaran yang melambangkan kedatangan musim semi dan keinginan untuk tahun baru yang sejahtera.

Tanaman tradisional yang paling populer untuk digunakan adalah cabang bunga plum, anggrek, peony, dan bunga-bunga persik.

Sumber:
ChinaHighLights: How to Decorate for Chinese New Year: The Top 7 Decorations

Share this

Leave a Reply

shares