was successfully added to your cart.

Cara Membuat Signage yang Menarik & Efektif

By March 15, 2017Signage
cara membuat signage

Signage adalah salah satu media iklan yang ekonomis dan terjangkau. Saat ini, ada banyak sekali jenis signage indoor dan outdoor yang sering kita jumpai, baik di mall maupun di tempat umum.

Namun, dibalik pesan-pesan signage yang kita lihat, ada bagian yang tak disadari, yakni tentang perhitungan dan faktor yang harus dipertimbangkan sebelum dan selama proses membuat signage.

Prinsip-prinsip desain digunakan oleh para desainer signage untuk membuat signage yang menarik, mudah dibaca, enak dilihat dan memastikan pesan tersampaikan dengan jelas. Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

1. Tetap Terlihat dan Terbaca

Dengan menjaga pesan tetap singkat, signage akan lebih mudah untuk dilihat dan dibaca walaupun hanya sekilas. Signage dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran, jadi pastikan ukuran sesuai dengan jarak pandang dan ukur sampai mana signage dapat terlihat.

Selain itu, pertimbangkan juga di mana signage akan dipasang dan apa saja hambatannya. Visibilitas adalah bagian paling penting dari pembuatan signage.

2. Hindari Kerumitan

Signage yang sukses adalah signage yang bisa berkomunikasi dengan singkat. Pesan harus bisa disampaikan dalam kata-kata sedikit mungkin kepada target audiens. Menambahkan terlalu banyak kata-kata atau baris teks membuat signage lebih sulit untuk dibaca dari kejauhan.

Sediakan ruang kosong (white space) pada signage yang tidak ditutupi oleh teks atau gambar, sekitar 30-40 persen. Hal ini dilakukan agar signage bisa terlihat dan terbaca secara optimal.

Baca juga:  Digital Signage Membawa Kualitas Iklan ke Level Selanjutnya

3. Jenis Huruf (Font)

Secara umum, jenis font yang tegas, sederhana dan mudah dibaca lah yang sering digunakan untuk memaksimalkan desain signage itu sendiri.

Jenis huruf bisa disesuaikan dengan prioritas pesan yang ingin disampaikan dan juga dengan desain pada signage. Ada sedikit kesalahpahaman mengenai ukuran kapital yang dianggap lebih besar sehingga mudah dibaca dari kejauhan.

Meskipun demikian, dari hasil uji coba yang dilakukan terbukti bahwa penggabungan huruf kapital dan huruf biasa lebih mudah dibaca dari kejauhan daripada penggunaan huruf kapital sepenuhnya.

Dari hal ini kamu bisa mengerti bahwa orang yang akan melihat signage hanya memiliki beberapa detik saja untuk menangkap pesan. Oleh karena itu kurangi penggunaan huruf kapital yang berlebihan pada signage.

4. Gambar dan Grafis

Penambahan garis pembatas pada signage dapat meningkatkan kecepatan membaca pada orang yang melihat hingga 25 persen. Garis pembatas (border) direkomendasikan pada jenis signage untuk informasi lalu lintas karena lebih memudahkan pengendara ketika melihatnya.

Selain itu, warna, logo, dan gambar digital juga bisa dikombinasikan ke dalam desain signage untuk menambah hasil yang menarik dan lebih baik.

5. Warna Background

Ketika memilih warna latar belakang (background) untuk desain signage, hindari warna yang akan membuat sulit atau mengaburkan pesan utama. Jika menggunakan background gelap sebaiknya gunakan warna terang pada teks, begitu juga sebaliknya.

Baca juga:  3 Keuntungan Utama Menggunakan Digital Signage

Semakin besar kontras warna, maka semakin mudah teks dibaca dari kejauhan. Penggunaan warna yang berdekatan seperti hijau dan latar belakang biru tidak menghasilkan kontras warna yang bagus dan itu akan sulit dibaca.

6. Visibilitas dan Kombinasi Warna

Kombinasi pada 15 warna ini telah diuji untuk dibaca pada jarak jauh, oleh asosiasi Outdoor Advertising Association of America (OAAA). Hasil yang ditampilkan berdasarkan urutan peringkat yang paling mudah dibaca :

1. Hitam dan Kuning
2. Hitam dan Puting
3. Kuning dan Hitam
4. Putih dan Biru
5. Hijau dan Putih
6. Biru dan Kuning
7. Puting dan Hijau
8. Putih dan Cokelat
9. Cokelat dan Kuning
10. Cokelat dan Putih
11. Kuning dan Cokelat
12. Merah dan Putih
13. Kuning dan Merah
14. Merah dan Kuning
15. Putih dan Merah

Itulah enam tips cara membuat signage yang menarik dan efektif untuk menyampaikan informasi kepada audiences. Seperti signage dekorasi Decodeko yang dibuat dengan beragam desain elegan dan modern, cocok untuk gedung dan kantor.

Sumber:
IdentityPR: Tips on How to Create Effective Signage

Share this

Leave a Reply

shares