was successfully added to your cart.

Cara Mudah Lukis Sepatu Sendiri

By February 25, 2017Uncategorized
lukis-sepatu

Salah satu cara kreatif untuk menghias sepatu lama menjadi baru yaitu dengan cara melukisnya. Membuat sepatu lukis merupakan kegiatan yang menyenangkan, tidak hanya untuk anak-anak namun juga bagi orang dewasa.

Mereka bisa mengekspresikan diri dan menuangkan kreativitasnya pada sepatu. Nah sebelum melukis sepatu, cari dulu ide desain/gambar sepatu lukis dan motif apa yang menarik untuk dibuat. Perhatikan juga warna dasar sepatu dengan warna cat yang akan digunakan.

Selain itu, sebaiknya tidak menggunakan sepatu olahraga, sepatu kulit atau sepatu dengan banyak tekstur. Pilih model sepatu seperti Vans, Keds atau Converse dengan bahan kanvas polos tanpa gambar.

Kalau sepatumu berwarna putih, melukis sepatu dengan spidol bisa menjadi pilihan mudah. Namun lain cerita jika sepatumu berwarna gelap, kamu membutuhkan pewarna akrilik agar gambar sepatu lukis di sepatumu bisa terlihat.

Berikut cara mudah melukis sepatu sendiri, serta bahan dan alat apa saja yang perlu dipersiapkan.

1. Persiapan

Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melukis sepatu dan pastikan tali sepatu sudah dilepas. Beberapa bahan dan peralatan yang dibutuhkan:

  • Sepatu berbahan dasar kanvas seperti Converse, Keds dan Vans.
  • Cat akrilik berwarna-warni tergantung apa yang mau dilukis. Disarankan memiliki warna merah, biru, kuning, cokelat, putih, dan hitam. Warna-warna dasar itu dapat dicampur ke warna yang kamu inginkan.
  • Kuas cat kecil, sebaiknya berbahan nilon
  • Kertas koran bekas
  • Palet cat untuk meletakkan cat
  • Spidol hitam untuk finishing

2. Cat Warna Dasar

Sepatu berwarna putih tidak memerlukan cat dasar sebagai permulaan. Namun sebaiknya kamu menggunakan sedikit thinner pada sepatu berwarna putih agar hasil akhir lukisan lebih tahan lama dan tidak retak.

Sementara itu sepatu berwarna hitam membutuhkan banyak lapisan cat agar hasil lukisan menjadi halus. Karena itulah gunakan cat dasar untuk mempermudah kamu ketika melukis. Tetap gunakan cat secukupnya untuk menghindari kemungkinan lukisan menjadi retak.

  • Buat sketsa terlebih dahulu ruang yang kamu perlukan untuk lukisan di sepatu dengan menggunakan pensil. Hati-hati jika mensketsa di sepatu berwarna putih atau cerah agak tidak terlalu kelihatan.
  • Campurkan warna putih dan coklat untuk membuat warna dasar. Pastikan kamu membuat cat dasar dengan baik sampai permukaan sepatu dan cat menjadi halus.

Tips:

  • Lukisan yang halus akan terlihat lebih bagus, oleh karena itu cat dasar untuk permukaan sepatu juga harus halus.
  • Warna coklat sebagai warna cat dasar adalah hal yang harus kamu lakukan jika ingin melukis dengan warna gelap maupun cerah.
  • Pilih warna dasar yang sesuai dengan warna cat lukisan yang akan dibuat.

3. Buat Sketsa dan Mulai Melukis

Setelah cat dasar kering, maka kamu bisa mulai melukis sepatumu dengan berbagai macam desain gambar dan juga motif-motif lucu.

Tips:

  • Jika kamu tak terlalu jago melukis, kamu bisa menggunakan kertas transfer. Kertas ini memungkinkan kamu untuk dapat menggambar dengan mudah, karena mencetak gambar yang sudah ada di atas kertas.
  • Gunakan pensil terlebih dahulu jika lukisanmu rumit. Buat sketsa di atas cat dasar yang telah kering. Kemudian lukis dan warnai sketsa tersebut dengan cat dan selesaikan dengan spidol.
  • Untuk sepatu berwarna terang, lukis dengan cat akrilik kemudian gunakan spidol untuk melanjutkannya
  • Kamu juga bisa mencampur cat akrilik dengan sedikit air agar lebih halus.

Saran untuk pemula:

  • Gunakan warna terang di sepatu gelap untuk menghemat cat.
  • Lakukan proses cat warna dasar dahulu sebelum menambahkan atau melukiskan detail gambar.
  • Lakukan dengan sabar dan coba semua warna sebelum dilukiskan pada sepatu.
  • Gunakan spidol hitam untuk finishing sehingga gambar sepatu lukis terlihat lebih rapi.

4. Finishing Detail

Terakhir, yang perlu kamu lakukan adalah finishing detail gambar sepatu lukismu.

Tambahkan detail dan outline (garis luar) dengan spidol hitam pada sepatu lukisanmu. Jika berantakan, tutupi kembali dengan cat. Penuhi bagian sepatu yang kosong dengan cat sesuai dengan warna dasar sepatu.

5. Lapisi dengan Varnish

Setelah gambar sepatu lukismu sudah kering, semprotkan varnish. Fungsi varnish untuk melapisi cat agar lebih awet dan juga mencerahkan warna pada sepatu lukis yang kamu buat tadi.
Gimana, cukup menyenangkan ya belajar melukis sepatu. Ternyata membuat sepatu lukis ini bisa menstimulasi otak kanan kita agar kreatif lho. Nah, karena kreativitas itu gak ada batasannya, kamu juga bisa coba berkreasi membuat toples bekas menjadi vas bunga. Oh iya, jangan lupa dipakai ya sepatu lukisnya.

Sumber:
Instructables: Personalize Shoes With Acrylic

Share this

Leave a Reply

shares