was successfully added to your cart.

Cara Membuat Stiker Brand untuk Bisnis Online

By April 11, 2017Desain
stiker logo bisnis

Memulai bisnis sendiri kini populer dikalangan anak muda zaman now. Selain untuk mengikuti perkembangan tren dan mendapat penghasilan sendiri, membuka bisnis terutama online shop juga dijalankan karena kemudahannya.

Berbicara mengenai online shop tak terlepas dari kelengkapan logo. Umumnya pemilik online shop akan mengirimkan barang pesanan pelanggan dengan ditempeli stiker bergambar logo mereka.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk branding, kegiatan marketing dan juga pembeda satu online shop dengan yang lainnya.

Membuat stiker untuk logo bisnis adalah cara yang mudah, efektif dan juga murah untuk dilakukan. Berikut ini lima langkah mudah membuat stiker logo online shop sebagai sarana promosi:

1. Gunakan Logo Online Shop yang Sudah Ada

Jika logomu belum disimpan atau dibuat dalam format vector, maka kamu harus sedikit mengeditnya. Gunakan aplikasi atau software untuk mengedit gambar seperti Photoshop atau Illustrator dan tracing gambar dengan menggunakan pilihan tool pen dan tool direct selection untuk merapihkannya.

Pilih dan gunakan warna yang sesuai dengan logo asli. Kemudian untuk font kamu bisa menggunakan font yang sama daripada harus melakukan proses tracing yang memakan lebih banyak waktu.

Baca juga:  15 Kemampuan yang Harus Dimiliki Desainer Grafis

Pada dasarnya cara ini seperti menjiplak logo asli ke dalam bentuk vector sehingga gambar logo lebih jelas dan terang.

2. Tambahkan Warna untuk Background

Gunakan tool ellipse (misalnya) untuk membuat background di balik atau belakang gambar logomu yang berukuran lebih besar. Pilih warna yang kamu suka dan sesuai dengan warna pada logo. Pastikan logo utama tetap terlihat paling menonjol.

3. Buat Duplikat Beberapa Gambar Tersebut

Jika sudah yakin dan puas dengan gambar yang kamu “jeplak”, letakkan gambar tersebut di file dokumen yang akan dicetak. Duplikat gambar logo beberapa kali di file dokumen yang baru dengan ukuran yang kamu inginkan.

Penuhi kertas dengan gambar logo tersebut asal jangan saling bertabrakan untuk mempermudah proses cutting.

4. Cetak Stiker di Rumah Atau Percetakan

Setelah semua proses edit selesai, maka hal yang kamu lakukan adalah mencetaknya. Ada dua pilihan untuk mencetak, yaitu mencetak sendiri di rumah atau menggunakan jasa percetakan. Hal ini tergantung pada berapa banyak stiker yang ingin kamu cetak dan seperti apa kualitasnya.

Mencetak di rumah memungkinkan jika kamu tidak berniat untuk mencetak stiker dalam jumlah banyak. Kamu bisa mencoba cetak beberapa lembar untuk mengujicoba dan melihat hasil cetakan.

Baca juga:  6 Aplikasi Desain Grafis Penting untuk Desainer

Pastikan tinta yang kamu gunakan penuh dan kertas yang dipakai adalah kertas stiker glossy. Coba cetak beberapa kali dan lihat apakah cetakan sudah bagus dan sesuai keinginanmu.

Sementara itu mencetak stiker di tempat percetakan cocok jika kamu ingin mencetak stiker dalam kuantitas besar. Ingat, umumnya semakin banyak kamu mencetak maka akan semakin murah harga yang mereka tawarkan untuk setiap lembar stikernya.

Bahkan kamu tidak perlu mengguntingnya secara manual sehingga semakin mempermudah proses cutting.

5. Stiker Logo Bisnis Online Shop Selesai

Selesainya proses cutting berarti selesai pula proses pembuatan stiker logo bisnis untuk online shop milikmu. Selain untuk stiker, kamu bisa menggunakan file gambar yang sudah dibuat untuk benda lain misalnya baju, pin, gantungan kunci, tote bag dan sebagainya.

Sumber:
PrintaHolic: How To: Make & Brand Stickers for Your Startup

Share this

Leave a Reply

shares