was successfully added to your cart.

Berapa Biaya Membuat Logo?

By January 20, 2017Desain
Biaya Membuat Logo

Logo merupakan bagian esensial yang mewakili identitas sebuah brand, dan hal pertama yang dilihat oleh calon pelanggan. Penggunaan logo sangat penting bagi perusahaan atau organisasi untuk mengidentifikasi bisnis atau produk mereka dalam bentuk yang sederhana.

Biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan desain logo dapat dipertimbangkan pada kualitas dan nilai dari arti logo itu sendiri.

Memakai jasa desainer grafis profesional dapat membantu pembuatan desain logomu memiliki ciri khas, dan mampu mengkomunikasikan pesan atau makna tersendiri.

Seperti layanan jasa lainnya, desain logo memiliki kisaran harga dengan paket biaya tertentu. Lalu berapa biaya membuat logo itu?

Sebuah logo bisa dikenakan biaya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta Rupiah. Angka 3-15 juta Rupiah adalah harga minimal yang bisa dikeluarkan untuk mendapatkan hasil logo yang cukup bagus.

Namun, harga yang ditawarkan desainer grafis ke perusahaan kecil, dengan harga yang mereka tawarkan ke perusahaan besar tentunya berbeda. Harga desain logo untuk perusahaan besar bisa mencapai angka milyaran Rupiah.

Berikut cara melihat anggaran biaya yang akan dikeluarkan dalam membuat desain logo yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Rp 1 – 10 juta

  • Pilihan jasa: Freelance Desainer
  • Kualitas: Desainer dengan pengalaman terbatas atau hanya memiliki sedikit portofolio
  • Pengguna jasa: Perusahaan dengan pemahaman yang kurang baik tentang proses desain

Rp 10-25 juta

  • Pilihan jasa: Freelance Desainer Profesional
  • Kualitas: Desainer berpengalaman, memberikan layanan dan saran profesional
  • Pengguna jasa: Perusahaan yang berorientasi pada kualitas dengan anggaran kelas menengah
Baca juga:  Cara Membuat Desain Flyer Kreatif untuk Bisnis

Rp 25++ juta

  • Pilihan jasa: Agensi Desain
  • Kualitas: Desain berkualitas tinggi dan layanan lengkap dari tim kreatif terbaik
  • Pengguna jasa: Perusahaan besar yang ingin memaksimalkan branding

Desainer Freelance

Menggunakan jasa desainer freelance akan memberikan pengalaman tersendiri. Mereka mendesain logo berdasarkan masukan dari kamu. Namun, ada rentang pengalaman, biaya dan kualitas pekerjaan.

Sebaiknya sempatkan untuk melihat portofolio dan testimonial mereka terlebih dulu, dan pastikan karya mereka original dan bukan tiruan (plagiat) dari karya orang lain.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih freelancer:

  1. Harga (per jam kerja VS per project)
  2. Pengalaman/jam terbang

DesignerBiasanya, kamu akan mendapatkan penawaran harga yang lebih tinggi dari desainer freelane yang terbukti memiliki jam terbang tinggi dan skill yang mumpuni.

Mereka juga akan memberikan rincian lengkap apa saja yang akan kamu dapat dengan harga yang ditawarkan, dan berapa lama waktu pengerjaan project logo tersebut.

Fastwork, merupakan salah satu situs freelance Indonesia untuk mencari jasa freelancer. Budget rata-rata untuk biaya membuat logo cukup kompetitif dan fleksibel.

Kontes Desain Logo

Kalau kamu memiliki modal yang cukup besar dan ingin mendapatkan banyak pilhan logo, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengadakan kontes desain logo. Cara ini bisa kamu adakan dengan mudah melalui media sosial ataupun dalam komunitas tertentu.

Baca juga:  Warna Yang Tepat Untuk Desain Website

Kontes seperti ini biasanya memakan waktu satu sampai dua minggu. Kamu berkesempatan berinteraksi dengan para desainer dan memberikan gambaran pada mereka tentang konsep logo yang ingin kamu buat, hal ini penting untuk mendapatkan desain akhir yang bagus.

Agensi Desain

Sebuah agensi desain profesional menjadi pilihan lain untuk membuat desain logo yang kamu mau. Ada berbagai macam paket biaya membuat logo yang mereka tawarkan. Agensi desain biasanya akan melakukan riset dan analisis terlebih dulu untuk memastikan brand kamu bisa bersaing dengan baik.

Desainer LogoNamun, salah satu kendala yang sering dijumpai untuk menggunakan jasa ini adalah faktor biaya. Penawaran harga yang relatif tinggi tentu kurang pas bagi perusahaan kecil.

Terlepas dari pilihan apa yang akan diambil untuk membuat desain logo yang kamu inginkan, pastikan terdapat poin ini dalam perjanjian kerja sama :

  • Desain logo akhir tersedia dalam berbagai format
  • Resolusi tinggi, format vektor untuk keperluan percetakan
  • Format optimal untuk website, media sosial ┬ádan kebutuhan digital lainnya

Hak cipta penuh

  • Logo secara eksklusif milik kamu
  • Desainer merilis hak cipta sebelum pembayaran akhir

Sumber:
99Designs: How much should your logo design cost?

Share this

Leave a Reply

shares