was successfully added to your cart.

Banksy, Seniman Graffiti Misterius Asal Inggris

By January 27, 2017Feature
banksy adalah

Kali ini Decodeko mau berbagi informasi tentang seorang seninam graffiti dunia yang sangat misterius, dia adalah Banksy. Siapa itu Banksy? Banksy adalah seniman graffiti terkenal asal Inggris, dan sampai saat ini identitas yang sebenarnya masih belum diketahui.

Namun, karya-karyanya yang satir, sarat akan sindiran politik terhadap pemerintah dan juga kritik sosial sudah mendunia menghiasi tembok-tembok kota dan sudut-sudut jalanan di berbagai negara. Yang cukup menyita perhatian adalah salah satu karyanya yang berjudul Girl Searching Soldier, karya mural ini dibuat oleh Banksy di sebuah tembok pemisah di Tepi Barat, Palestina pada 2007 silam.

Tak hanya dikenal sebagai seorang seniman, dia juga merupakan aktivis politik dan sutradara film. Dia merilis sebuah film dokumenter berjudul Exit Through the Gift Shop, film berdurasi 85 menit ini disutradarai oleh Banksy sendiri. Dan sempat masuk dalam nominasi Academy Award 2011 untuk film dokumenter terbaik.

Lalu, siapa Banksy sebenarnya?

Para peneliti dari Quen Mary University of London mengklaim, mereka berhasil mengungkap identitas sang seniman jalanan, Banksy, menggunakan metode Geographic Profiling yang merupakan metode analisis statistik di dunia kriminologi.

One Nation Under CCTV

One Nation Under CCTV terletak di pusat kota London (2009).

Mereka menyimpulkan karya-karya Banksy mirip dengan karya seniman asal Bristol, Inggris: Robin Gunningham. Nama Gunningham pertama kali disebut sebagai sosok dibalik “topeng” Banksy oleh surat kabar Daily Mail pada tahun 2008. Terlebih hasil penelitian itu telah dipublikasikan dalam Journal of Spatial Science yang menganalisis serangkaian lokasi karya seni Banksy di London dan Bristol.

Baca juga:  Cara Melepas Stiker Laptop

Namun, Gunningham membantah bila dirinya disebut sebagai Banksy. Sebelumnya, penelitian ini sempat ditunda penerbitannya, karena tim pengacara Banksy meminta pihak universitas agar jurnal tersebut direvisi sebelum disebarkan.

Steve Jobs

Karya Banksy, menggambarkan sosok Steve Jobs di kamp pengungsi ‘The Jungle’, pelabuhan Calais, Prancis (25 Desember 2015).

Berkat karya-karyanya yang mengangkat isu sosial dan politik, Banksy sukses membuat dirinya menjadi selebriti seniman jalanan asal Inggris yang tidak pernah menampilkan wajah maupun identitas aslinya ke publik. Para seniman jalanan lainnya setuju kalau Banksy merupakan seniman kontemporer paling berbakat di masa ini.

Pada Agustus 2015, Banksy membuat proyek seni rahasia bertajuk Dismaland. Sebuah taman bermain versi menyeramkan dari Disneyland.

dismaland

Salah satu karya Banksy dalam Dismaland

Setelah proyek besar yang bertajuk Dismaland berhasil menyita perhatian dunia, belum lama ini Banksy kembali menjadi sorotan internasional. Pada bulan Maret 2017, Banksy membuka sebuah hotel dan menyebutnya sebagai hotel dengan pemandangan terburuk di dunia.

Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Banksy
http://banksy.co.uk/

Share this

One Comment

Leave a Reply

shares