was successfully added to your cart.

10 Art Space di Jogja yang Harus Dikunjungi

By July 5, 2017Destinasi
art space di jogja

Salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia adalah Yogyakarta, Kota Istimewa yang kaya akan keragaman budaya dan kesenian Jawa.

Mulai dari candi sampai Kraton Yogyakarta yang megah, galeri seni kontemporer sampai museum seni rupa yang indah. Kota Jogja selalu memiliki sesuatu yang tak dimiliki kota lain.

Sebagai pusat dari kesenian di Jawa, Jogja tak bisa dilepaskan dari keberadaan art space atau galeri seni sebagai tempat para seniman di kota ini memamerkan karyanya.

Nah, berikut rekomendasi art space atau museum di Jogja yang bisa kamu kunjungi saat liburan di kota pelajar ini.

01. Ruang MES 56

art space di jogja ruang mes56via theartling.com

Ruang MES 56 merupakan organisasi nirlaba yang dijalankan oleh sekelompok seniman. Didirikan pada tahun 2002, art space di Jogja ini bertujuan untuk mendukung dan mempromosikan fotografi temporer dan seni visual Indonesia.

Selain itu, Ruang MES 56 juga bertujuan untuk memperkuat dan memperluas hubungan para seniman di Asia Selatan. Di sini terdapat ruangan minimalis dan juga perpustakaan yang biasa dijadikan sebagai tempat event seperti pameran, workshop, seminar dan diskusi.

Alamat:
Ruang MES 56
Jl. Mangkuyudan
Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Phone: +62 853-4006-4439
www.mes56.com

02. Sangkring Art Space

art space di jogja sangkringanvia asiabusinessinfo.com

Didirikan oleh pelukis asal Bali, Putu Sriwijaya pada tahun 2007. Sebagai salah satu museum di Jogja, Sangkring Art Space adalah pusat kesenian modern dan kontemporer di Jogja.

Bangunan dua lantai ini menampilkan karya seniman lokal dan memiliki area seluas 500 meter persegi untuk memamerkan karya seniman modern dan kontemporer. Sangkring Art Space bertujuan untuk mempertunjukkan seni kontemporer terbaik Indonesia dan mendukung para seniman lokal.

Sejak didirikan, Sangkring Art Space sudah mengadakan lebih dari 55 pameran, termasuk menggandeng seniman Anusapati.

Alamat:
Sangkring Art Space
Jl. Nitiprayan No.88
Bantul, Kota Yogyakarta
Phone: +62 878-3984-2797
www.sangkringart.com

03. Bentara Budaya

art space di jogja bentara budayavia beritadaerah.co.id

Bentara Budaya didirikan pada tahun 1982 dan dibuka dengan pameran lukisan tradisional karya Citra Waluyo dan Sastra Gambar.

Art Space ini didirikan dengan tujuan untuk menampilkan karya seni dan kerajinan terbaik Indonesia termasuk lukisan tradisional, patung kayu dan keramik. Tidak hanya itu, Bentara Budaya juga membuka pintu mereka bagi para seniman yang ingin memamerkan karya seni mereka.

Bentara Budaya yang merupakan salah satu museum di Jogja, sering digunakan sebagai tempat perhelatan event seperti screening film, pertunjukan kebudayaan, serta diskusi dan kelas seni bulanan.

Alamat:
Bentara Budaya
Jl. Suroto 2, Kotabaru
Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Phone: +62 274 560404
www.bentarabudaya.com

Baca juga:  Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

04. Cemeti Art House

art space di jogja cemeti art housemuseum di Jogja, via archello.com

Cemeti Art House merupakan organisasi yang menjadi bagian dari Cemeti Art Foundation. Art space ini memfokuskan diri sebagai tempat untuk mengadakan pameran atau proyek seni oleh seniman Indonesia maupun asing.

Berjalan berdampingan dengan Indonesian Visual Art Archive, Cemeti Art House memiliki koleksi seni modern dan kontemporer karya seniman Indonesia seperti Anusapati, Agung Kurniawan dan Ugo Untoro.

Art space ini memiliki tujuan mendukung seniman kontemporer dan membantu mereka untuk mempromosikan karyanya hingga ke pasar internasional.

Alamat:
Cemeti Art House
Jl. Mayjen D.I. Panjaitan No. 41
Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Phone: +62 274 371015
www.cemetiarthouse.com

05. Jogja Gallery

art space di jogja galleryvia jogjagallery.net

Berlokasi di Kraton Yogyakarta, Jogja Gallery memamerkan karya seni para seniman Indonesia. Jogja Gallery terdiri dari dua lantai dan memiliki ruang pameran seluas 900 meter persegi. Di sini pengunjung juga bisa bersantai di cafe kecil yang disediakan.

Sejak dibuka 11 tahun lalu, Jogja Gallery terus berupaya mempromosikan karya kontemporer Indonesia dan membantu kebutuhan para seniman muda Yogyakarta akan sebuah tempat pameran bagi karya mereka.

Alamat:
Jogja Gallery
Jl. Pekapalan Jl. Alun-Alun Utara No.7
Prawirodirjan, Kota Yogyakarta
Phone: +62 274 419999

06. Kedai Kebun Forum & Restoran

art space di jogja kedai kebun via komunita.id

Art Space ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat pameran karya seni, namun juga sebagai toko buku, restoran dan tempat untuk mengadakan pertunjukan tertentu.

Kedai Kebun didirikan pada tahun 1996 dan dijalankan oleh sekelompok seniman Indonesia. Kedai Kebun mendukung para seniman kontemporer untuk menuangkan ekspresi mereka ke publik yang berjumlah lebih besar melalui karyanya.

Selain mengadakan pameran seni dan fotografi, Kedai Kebun juga mengadakan screening film, pertunjukan kebudayaan, seminar, diskusi dan menerbitkan jurnal yang dinamakan HALTE.

Alamat:
Kedai Kebun Forum & Restoran
Jl. Tirtodipuran No.3
Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Phone: +62 274 376114
Instagram: @kedaikebunforum

07. Langgeng Art Foundation

art space di jogja langgeng artvia langgengfoundation.org

Salah satu art space baru di Jogja, Langgeng Art Foundation didirikan dengan tujuan mendukung hasil karya seni Indonesia dan mempromosikan para seniman berbakat Indonesia ke dunia internasional.

Dirancang oleh arsitek Indonesia, Eko Prawoto, Langgeng Art Foundation membuka diri bagi event seperti pameran fotografi ataupun lukisan. Tidak hanya itu, art space ini juga sering dijadikan sebagai tempat pameran buku, seminar dan juga diskusi.

Alamat:
Langgeng Art Foundation
Jl. Suryodiningratan No.37
Mantrijeron, Kota Yogyakarta
Phone: +62 274 417043
Instagram: @langgengartfoundation

Baca juga:  Tempat Nongkrong #Instagramable di Bandung

08. Museum Affandi

art space di jogja museum affandivia nasilemakandtehtarik.blogspot.co.id

Berlokasi di tepi Sungai Gajah Wong, Museum Affandi (Art of Affandi) dijadikan sebagai salah satu tempat untuk memamerkan karya para pelukis hebat di dunia. Museum Affandi memiliki beberapa galeri seni yang menampilkan karya pribadi sejumlah seniman dan memiliki lebih dari 250 lukisan.

Lantai dan dinding bangunan ini merupakan ekspresi yang disampaikan oleh Affandi ketika merancang dan mendirikannya. Berbeda seperti art space lain, Museum Affandi memiliki ruang beribadah yang terletak di dalam kereta kuda buatan yang dicat warna-warni serta memiliki atap seperti daun pisang.

Alamat:
Museum Affandi
Jl. Laksda Adisucipto No.167
Caturtunggal, Kota Yogyakarta
Phone: +62 274 562593
Instagram: @museumaffandi

09. Taman Budaya Yogyakarta

art space di jogja taman budayavia wikipedia.org

Sejak dibuka tahun 1977, Taman Budaya Yogyakarta sebagai pusat kebudayaan Yogyakarta mempertahankan dua gedungnya yaitu Taman Budaya Concert Hall dan Gedung Societet Militar.

Hall untuk konser digunakan untuk event pameran lukisan atau fotografi dan patung, pembacaan puisi, diskusi literatur, seminar dan sebagainya. Sementara itu Gedung Societet Militar difokuskan sebagai tempat untuk pertunjukan seni seperti konser musik tradisional/modern, tari-tarian, dan wayang Jawa.

Alamat:
Taman Budaya Yogyakarta
Jl. Sriwedani No.1
Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta
Phone: +62 274 561914
www.tamanbudayayogyakarta.com

10. Jogja National Museum

art space di jogja national museumvia theartling.com

Jogja National Museum adalah museum seni kontemporer pertama di Indonesia dan juga merupakan organisasi nirlaba untuk perkembangan seni dan kebudayaan termasuk seni visual, pertunjukan dan seni multimedia.

Museum ini didirikan untuk memfasilitasi para seniman dan praktisi seni kontemporer Indonesia. Menjadi museum di Jogja dengan luas lahan hampir dua hektar dan terdiri dari beberapa gedung.

Di sana kamu bisa datang ke gedung Citizen Hall, galeri seni dan ruang pameran kontemporer. Di sana, para seniman muda bisa memamerkan hasil karya mereka tanpa pungutan biaya.

Alamat:
Jogja National Museum
Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1
Wirobrajan, Kota Yogyakarta
Phone: +62 274 586105
www.jogjanationalmuseum.com

Itulah beberapa art space atau museum di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke tempat-tempat nongkrong Instagramable di Jogja ini lho. Selamat berlibur!

Sumber:
TheCultureTrip:¬†Yogyakarta’s 10 Contemporary Art Galleries to Visit Now
Featured Image By culture360.asef.org

Share this

Leave a Reply

shares