was successfully added to your cart.

8 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Angpao Imlek

By January 11, 2018Feature
angpao imlek

Salah satu tradisi yang paling ditunggu saat perayaan Imlek adalah pemberian angpao Imlek kepada anggota keluarga. Angpao merupakan simbol keberuntungan dan harapan baru untuk tahun baru yang akan datang.

Sementara itu, angpao Imlek yang khas dengan warna merahnya (lucky red envelope) melambangkan keberuntungan dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Artinya masih ada banyak fakta dan hal menarik yang harus kamu ketahui tentang angpao Imlek, berikut ulasannya.

1. Bermula dari Pengusiran Roh Jahat

Pemberian angpao merah bermula dari beberapa cerita kuno perayaan Imlek. Menurut legenda, arwah jahat yang dikenal dengan nama ‘Sui‘ meneror anak-anak ketika sedang tidur pada malam Imlek sehingga para orang tua berusaha membangunkan anak-anak agar tidak diganggu.

Suatu ketika pada saat Imlek tiba, seorang anak diberikan delapan buah koin untuk dimainkan sehingga tidak tidur. Namun karena mengantuk, akhirnya anak itupun tertidur saat memainkan koin miliknya.

Kemudian Sui datang, namun ketika ingin menyentuh si anak tiba-tiba koin mengeluarkan kekuatan cahaya dan mengusir arwah jahat itu pergi. Semenjak itu angpao dianggap sebagai simbol koin tersebut dan dikenal dengan sebutan ‘yasui qian‘ atau ‘supressing sui money‘ yang artinya ‘uang yang mengusir sui’.

2. Angapo Imlek Tidak Hanya untuk Anak-Anak

Biasanya angpao diberikan kepada anak-anak, keponakan atau cucu yang belum menikah, namun ternyata tidak seperti itu. Selain untuk anak-anak, angpao juga bisa diberikan kepada teman, keluarga ataupun relatif lainnya dengan jumlah yang berbeda-beda.

Baca juga:  Makna 15 Hari Perayaan Tahun Baru Imlek

3. Hanya Boleh Memberikan Uang yang Mulus

Ada peraturan tak tertulis mengenai pemberian angpao. Misalnya, hanya uang kertas yang mulus dan tidak lecek yang boleh dimasukkan ke angpao dan diberikan kepada orang lain. Oleh karena itu biasanya menjelang Imlek, masyarakat pergi ke Bank untuk menukarkan uang mereka.

4. Mengirimkan Angpao Secara Digital

Di era digital ini, banyak orang saling bertukar angpao secara digital atau dengan kata lain transfer uang angpao, bukannya menggunakan amplop merah secara tradisional. Hal ini bisa disebabkan karena keterbatasan waktu dan tempat untuk saling bertemu satu sama lain.

5. Jumlah Uang dalam Angpao Tidak Boleh Mengandung Angka 4

Jumlah uang yang akan dimasukkan ke dalam angpao dan diberikan tidak boleh mengandung angka 4, karena pelafalan angka ‘4’ dalam bahasa China terdengar seperti pelafalan kata ‘kematian’. Sebaliknya, jumlah dengan angka ‘8’ dianggap akan membawa keberuntungan dan kemakmuran.

6. Aturan Menerima Angapo

Selain memberikan angpao, ternyata menerima angpao juga memiliki aturan sendiri. Secara tradisional, anak-anak harus berlutut untuk menerima angpao dari anggota keluarga yang lebih tua dan aturan ini pun masih dilakukan di beberapa wilayah di China.

Baca juga:  9 Nama Rusa Santa Claus, Penarik Kereta Salju

Angapo juga diberikan dan diterima menggunakan dua tangan, dan tidak boleh dibuka di depan orang yang memberikan.

7. Angpao Tidak Hanya Diberikan Saat Imlek

Walaupun angpao identik sebagai tradisi Imlek, tapi ternyata amplop kecil berwarna merah ini juga digunakan dalam acara lainnya sebagai ungkapan rasa bersyukur. Misalnya saja diberikan ketika ulang tahun atau pernikahan. Namun ingat bahwa faktor warna sangat berperan penting. Angpao berwarna putih hanya digunakan ketika diberikan sebagai uang belasungkawa.

8. Tersebar ke Budaya dan Perayaan Agama

Tradisi memberikan uang di dalam amplop ini kemudian tersebar dan diadaptasi oleh kebudayaan atau acara agama lain seperti ‘angpao’ hijau saat Idul Fitri. Terlepas dari budaya dan agama yang melakukannya, pemberian angpao pada dasarnya merupakan salah satu cara mengungkapkan rasa syukur kepada sesama.

Ya, itulah delapan hal penting yang harus kamu ketahui tentang angpao imlek. Share pendapat kamu di kolom komentar di bawah, ya!

Sumber:
Google: 8 Things You Should Know About The Lucky Red Envelope

Share this

Leave a Reply

shares