was successfully added to your cart.

Andy Warhol & Pop Art

By March 17, 2016Desain
andy warhol

Andy Warhol adalah seorang seniman terkenal di Amerika, dia adalah seorang tokoh terkemuka dalam “The Visual Art Movement” atau Gerakan Seni Rupa yaitu Seni Pop (Pop Art). Lahir 6 Agustus, 1928 di Pittsburgh, Pennsylvania, mengawali profesinya sebagai seorang ilustrator iklan dan majalah.

Kemudian mulai merambah bidang karir lain seperti, pembuatan film, instalasi video dan menulis, bahkan sampai pada garis kabur antara seni rupa dan estetika mainstream.

Andy Warhol Soup Cans
Andy Warhol Banana Cover

Kutipan paling populer miliknya adalah, “art is what you can get away with” and “everyone will be famous for 15 minutes”.

andy-warhol-ads--van-heusen-(ronald-reagan),-[ii.356]
andy-warhol-marilyn

Karya-karyanya yang terkenal adalah lukisan untuk kemasan produk dan juga objek sehari-hari yang memiliki kontras tinggi, misalnya Campbell’s Soup Cans, bunga poppy, serta gambar pisang pada cover album The Velvet Underground and Nico pada tahun 1967.

andy-warhol-chanel
Selain itu Andy Warhol juga membuat potret-potret selebritis abad 20, seperti Marilyn Monroe, Elvis Presley, Jacqueline Kennedy Onassis, Judy Garland, dan Elizabeth Taylor.

Sumber:
ArtNet “Andy Warhol (American, 1928–1987)”

Share this

Leave a Reply

shares