was successfully added to your cart.

Alat dan Bahan untuk Membuat Sepatu Lukis

By June 4, 2017DIY

Melukis sepatu adalah salah satu cara membuat karya seni yang mudah dan menyenangkan. Kamu bisa bebas menggambar apapun di media sepatu kanvas. Mulai dari gambar karakter film kesukaan, quotes seseorang hingga gambar karyamu sendiri.

Tempat membeli peralatan lukis sepatu

Sebelum mulai menggambar, kamu harus memiliki peralatannya dulu. Kamu bisa membeli peralatan untuk lukis sepatu di beberapa toko seperti Gramedia, Toko Prapatan, Paperclip, Aneka Warna, Artland, Success Stationery dan toko online baik media sosial atau market place.

Gramedia

Kamu pasti tahu kan toko buku Gramedia? Selain menjual novel, majalah, komik dan komputer, masih banyak sekali produk lain yang dijual di Gramedia termasuk peralatan untuk melukis. Coba pergi ke bagian alat lukis dan kamu akan menemukan banyak rak yang menyediakan beragam peralatan lukis.

Toko Prapatan

Toko Prapatan menjual berbagai macam alat tulis dan perlengkapan seni patung, kriya, airbrush dan lainnya baik untuk digunakan anak sekolah maupun profesional. Kamu bisa menemukan toko ini di daerah Jatinegara, Fatmawati dan Kalibaru. Jika kamu tak sempat ke sana, kamu bisa berbelanja melalui toko online mereka.

Jl. Bekasi Barat II No.5, RT.7/RW.6, Rw. Bunga, Jatinegara, Jakarta
Lihat lokasi toko di Google Maps

Paperclip

Dengan tampilan toko buku modern, Paperclip kini semakin memuaskan kebutuhan pelanggan dengan menyediakan banyak sekali produk, tentunya termasuk peralatan seni lukis. Ada banyak pilihan cat, kuas, glitter dan peralatan lainnya yang kamu butuhkan untuk melukis sepatu.

Aneka Warna

Aneka Warna merupakan toko yang menspesialisasikan diri untuk menjual peralatan melukis. Dimulai dari kanvas, kuas, berbagai jenis cat, ukuran dan merk, serta bahan-bahan keperluan melukis lainnya bisa kamu temukan di sini.

Bahkan kamu bisa mendapatkan produk seni yang sulit ditemukan seperti liquid masking film, modelling paste atau picture cleaner, serta merek tertentu yang jarang tersedia di toko lain.

Jl. Ampera Raya No.76, RT.3/RW.10, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan
Lihat lokasi toko di Google Maps

Artland

Dibuka di sejumlah lokasi, Artland menyediakan alat lukis dan stationary dengan harga yang terjangkau. Kamu akan menemukan banyak sekali merek alat-alat lukis sesuai dengan kebutuhanmu di sini.

Menteng Huis Lt. No.2, Jalan Cikini Raya No.2-4, Menteng, RT.13/RW.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
Lihat lokasi toko di Google Maps

Success Stationery

Toko Success berlokasi di daerah Kelapa Gading dan menyediakan peralatan kesenian, kebutuhan alat tulis untuk sekolah dan kantor yang dibandrol dengan harga murah. Merek perlengkapan dan alat lukis yang dijual di sini tak kalah lengkap dengan toko besar lainnya.

Jl. Boulevard Raya Blok FV 1 No. 22, Kelapa Gading, RT.9/RW.11, Klp. Gading Tim., Klp. Gading, Jakarta Utara
Lihat lokasi toko di Google Maps

 

Baca juga:  Cara Membuat Desain Stiker Sendiri

Alat & bahan yang perlu dibeli

Setelah menentukan ke toko mana kamu akan berbelanja, cari peralatan lukis sepatu seperti di bawah ini:

1. Cat Akrilik

cat akrilikvia: jerrysartarama.com

Cat akrilik adalah cat yang terbuat dari bahan plastik berbasis polietilen. Jenis cat ini berbentuk pasta dikemas dalam botol atau tube yang akan mengeras setelah kering. Kamu bisa mencampur beberapa warna cat akrilik untuk mendapatkan warna yang kamu inginkan atau mencampurnya dengan sedikit air jika warna terlalu terang. Jenis cat ini biasa digunakan pada media kanvas, kain, kayu dan juga dinding.

Harga cat akrilik dimulai dari Rp 30ribu, tergantung merek dan banyak cat yang kamu pilih.

2. Kuas Nylon

via: shixinbrush.en.made-in-china.com

Untuk melukis tentunya kamu memerlukan kuas. Untuk melukis sepatu, pilih kuas dengan bahan nylon yang padat dan berukuran kecil mengingat media kanvas sepatu yang tidak terlalu besar. Sebaiknya siapkan beberapa ukuran kuas untuk memudahkanmu ketika menggambar dan memberikan warna.

Harga kuas dimulai dari Rp 5 ribu, tergantung merek dan banyak cat yang kamu pilih.

3. Spidol Hitam

spidol hitamvia: amazon.com

Gunakan spidol hitam dengan ujung yang lancip untuk menegaskan garis sekitar gambar di sepatumu. Pilih spidol tahan air agar tidak luntur ketika sepatumu dicuci atau terkena air hujan. Aplikasikan spidol hitam jika cat di sepatu lukismu sudah kering sepenuhnya.

Harga spidor hitam dimulai dari Rp11 ribu, tergantung merek yang kamu pilih.

4. Varnish

via: amazon.com

Agar warna di sepatu lukismu lebih terlihat mengkilap dan tahan lama, maka kamu bisa melapiskannya dengan varnish. Pastikan cat akrilik dan garis pinggir yang kamu gambar telah kering, kemudian lapisi dengan cairan varnish.

Harga varnish dimulai dari Rp 25 ribu, tergantung merek dan banyaknya varnish yang kamu pilih.

5. Fabric Marker atau Spidol Khusus Bahan Kain

via: amazon.com

Baca juga:  Ide Kreatif, Lakukan 7 DIY Ini Untuk Dekorasi Ruang Kerja

Jika kamu tidak terbiasa melukis dengan kuas dan cat, kamu bisa melukis di sepatu dengan menggunakan spidol khusus bahan kain. Spidol ini biasa digunakan untuk menggambar di media baju, tote bag, sepatu dan media lainnya yang berbahan dasar kain. Tidak perlu takut akan luntur karena jenis spidol ini pasti permanen atau tahan air.

Harga fabric marker dimulai dari Rp 20 ribu, tergantung merek dan banyaknya warna yang kamu pilih.

6. Glitter (Optional)

via: www.keysermackay.com

Kalau kamu ingin sepatumu terlihat lebih “WOW”, maka kamu bisa mencoba menambahkan glitter pada saat proses finishing. Pilihan warna yang cerah agar terlihat lebih berwarna atau warna silver dan emas jika ingin tampil mewah.

Harga glitter dimulai dari Rp 5 ribu, tergantung merek dan banyak warna glitter yang kamu pilih.

Nah sudah tahu kan apa saja peralatan yang kamu butuhkan untuk melukis sepatu dan di mana tempat mendapatkannya? Ayo siapkan sketsa gambar dan mulai melukis di sepatumu!

Butuh inspirasi untuk desain sepatu lukis kamu? Lihat contoh-contoh desain sepatu lukis disini.

Share this

One Comment

Leave a Reply

shares